Ratusan Pelajar di MTs Luki Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Puskesman Luki

Siswa dan siswi di MTs Luki tengah mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Luki
Siswa dan siswi di MTs Luki tengah mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Luki (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lubuk Kilangan menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan rutin pada pelajar yang dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Lubuk Kilangan, Jumat, 21 Februari 2020.

Kepala MTs Luki Zulmaidi melalui stafnya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memang rutin dilakukan di sekolah binaan PT Semen Padang tersebut. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan kerja sama antara MTs Luki dan Puskemas Luki dan telah dimulai sejak September 2019 lalu.

"Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yakni pemeriksaan gigi, mata, dan pemeriksaan lainnya seperti berat badan/tinggi badan hingga cek tekanan darah pada siswa," ujarnya pada KLIKPOSITIF saat dihubungi via telepon selular.

Baca Juga

Kegiatan itu dilakukan tiap satu bulan sekali yang mana pada saat tersebut, pihak Puskemas Luki akan datang ke sekolah untuk memeriksa kesehatan pada siswa di MTs Luki .

Pada pemeriksaan kesehatan tersebut, ada 162 pelajar yang diperiksa kesehatannya. Untuk tenaga kesehatan yang datang dari Puskemas Luki berjumlah 8 orang dan dilakukan semenjak jam 9 pagi hingga 11.30 WIB. Dari pemeriksaan kesehatan tersebut, didapatkan hasil bahwa rata-rata sekitar 30 persen siswa di MTs Luki telah memiliki masalah kesehatan mata.

"Kata orang puskemas, hal itu terjadi karena paparan radiasi dari Televisi, Handphone atau komputer/laptop. Melalui hasil tersebut, kami pihak sekolah tentunya merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan tersebut karena kami akan mencoba mengatur agar siswa yang matanya bermasalah tersebut agar tidak merasa kesulitan dalam mengikuti PBM," jelasnya.

Ia mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat berjalan sampai seterusnya dan akan ada program baru yang akan berjalan antara pihak MTs Luki dan Puskesmas Luki . Program baru tersebut, rencananya mengangkat tentang penerapan Perilaku, Bersih, Hidup dan Sehat (PBHS).

"Semoga kerja sama ini terus berlanjut sampai seterusnya," katanya.(*)

Baca Juga

Editor: Khadijah