Pengawas Pos Check Point Bungus Apresiasi Bantuan Fasilitas Cuci Tangan Semen Padang

Staf Humas PT Semen Padang Jon Reflus foto bersama dengan petugas Pos Check Point di Bungus Teluk Kabung usai menyerahkan bantuan fasilitas cuci tangan.
Staf Humas PT Semen Padang Jon Reflus foto bersama dengan petugas Pos Check Point di Bungus Teluk Kabung usai menyerahkan bantuan fasilitas cuci tangan. (Riki S)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Pengawas Pos Check Point Bungus Teluk Kabung, Suardi, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan dua unit fasilitas cuci tangan berupa wastafel, kran air dan sabun pencuci tangan untuk Pos Check Point di perbatasan Padang-Pessel.

"Alhamdulillah, bantuan fasilitas cuci tangan ini bermanfaat bagi kami, karena di Pos Check Point Bungus ini memang belum ada fasilitas cuci tangan," kata Suardi usai menerima bantuan fasilitas cuci tangan dari Semen Padang , Kamis (23/4/2020).

baca juga: Nagari di Lima Puluh Kota Ini Tempelkan Nama Penerima BLT di Warung Kopi

Bantuan fasilitas cuci tangan itu diantarkan langsung tim Semen Padang yang dipimpin Staf Humas, Jon Reflus. Selama ini, lanjut Suardi, orang yang datang dari arah Pessel menuju Padang hanya memanfaatkan air galon yang disediakan petugas di Pos Check Point untuk mencuci tangan, sehingga anjuran untuk mencuci tangan bagi orang yang datang dari arah Pessel itu tidak berjalan maksimal.

Hal itu disebabkan, karena galon air yang disediakan untuk mencuci tangan hanya ada satu unit, sementara orang yang datang dari arah Pessel setelah dilakukan pemeriksaan suhu tubuhnya di Pos Check Point, tidak mau antrian untuk mencuci tangan dengan berbagai alasan.

baca juga: Angka Kematian karena Covid-19 Tinggi, Penggunaan Ventilator Dikaji Ulang

"Jadi ke depan, dengan adanya bantuan fasilitas cuci tangan dari Semen Padang ini, setiap orang yang masuk ke Padang setelah diperiksa tubuhnya wajib untuk mencuci tangan. Kami pun juga minta aparat TNI/Polri yang ada di Pos Check Point ini untuk mengarahkan mereka mencuci tangan," bebernya.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, pemberian bantuan fasilitas cuci tangan untuk Pos Check Point di perbatasan Padang-Pessel itu merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam melawan penyebaran Covid 19 .

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

"Kami berharap bantuan fasilitas cuci tangan untuk Pos Check Point Bungus itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena untuk mencegah penyebaran Covid 19 , kita pun dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan pakai sabun," kata Nur Anita Rahmawati, Kamis.

PT Semen Padang sebagai perusahaan semen kebangaan orang Minang, merupakan salah satu perusahaan yang selalu konsisten dalam melawan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kota Padang.

baca juga: Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

Sebelumnya, Semen Padang juga menyalurkan bantuan fasilitas cuci tangan untuk Post Check Point di Lubuk Peraku dan tiga Puskesmas di Padang, yaitu Puskesmas Lubuk Kilangan, Puskesmas Pauh dan Puskesmas Lubuk Begalung.

Bantuan yang sama juga diserahkan ke Mako Satpol PP Padang, Balai Kota Padang, Pasar Bandar Buat, Pasar Indarung, Pasar Raya Padang, Pasar Lubuk Buaya dan Pasar Nanggalo Siteba.

Di samping itu, juga ada bantuan berupa bilik sterilisasi untuk rumah sakit-rumah sakit di Sumbar, dan melakukan penyemprotan disinfektan di 145 titik fasilitas umum yang ada di Lubuk Kilangan, serta pemberian vaksin influenza gratis untuk karyawan/wati Semen Padang Group.

Setelah itu, pemberian bantuan hand sanitizer, menggelar seminar tentang Covid-19 dan melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Kemudian, mengimbau agar masyarakat menggunakan masker dan menjaga jarak 1, 5 meter serta di rumah saja. Imbauan tersebut, disampaikan melalui spanduk yang dipajang di beberapa lokasi di Kota Padang.(*)

Editor: Riki S