Semen Padang Bagikan Bantuan 500 Masker untuk Pedagang Pasar Bandar Buat

Pedagang Pasar Bandar Buat mengunakan maaker pemberian dari PT Semen Padang.
Pedagang Pasar Bandar Buat mengunakan maaker pemberian dari PT Semen Padang. (Humas SP)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Untuk mencegah penularan Virus Corona atau Covid-19 di lingkungan Pasar Bandar Buat , Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang , PT Semen Padang menyerahkan bantuan masker sebanyak 500 pcs kepada pedagang, Sabtu (2/5/2020) siang.

Bertempat di Kantor Camat Luki, bantuan masker dari perusahaan semen plat merah di Kota Padang itu diserahkan secara simbolis oleh Staf CSR PT Semen Padang Haria Putra kepada Camat Luki Yalmasril, dan disaksikan Kepala Puskesmas Luki Linda Hasymi dan Kapolsek Luki Kompol Zulkafde.

baca juga: Nagari di Lima Puluh Kota Ini Tempelkan Nama Penerima BLT di Warung Kopi

Usai penyerahan simbolis, ratusan masker itu langsung dibagikan oleh Camat berserta Kepala Puskesmas dan Kapolsek Luki kepada pedagang Pasar Bandar Buat . "Alhamdulillah, masker ini bermanfaat bagi kami dalam mencegah penularan Covid-19," kata Harmen, salah seorang pedagang ikan di Pasar Bandar Buat .

Selain Harmen, pedagang Pasar Bandar Buat lainnya bernama Iwan, juga menyebut bahwa penggunaan masker sudah menjadi keharusan bagi pedagang, maupun pengunjung pasar, apalagi di Pasar Bandar Buat ini sudah ada pedagang yang positif terinfeksi Covid-19.

baca juga: Angka Kematian karena Covid-19 Tinggi, Penggunaan Ventilator Dikaji Ulang

"Jujur, Covid-19 ini semakin dekat dengan kami. Untuk itu, kami sebagai pedagang berterima kasih kepada PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan masker. Selain masker, sebelumnya kami juga dibantu fasilitas cuci tangan oleh PT Semen Padang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Luki Linda Hasymi mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan ratusan masker kepada pedagang Pasar Bandar Buat . Ia pun berharap agar bantuan dari Semen Padang itu dapat meningkatkan kesadaran pedagang untuk selalu menggunakan masker.

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

"Selain masker, saya pun juga meminta agar para pedagang rajin cuci tangan dan lakukan social distancing dengan pembeli, maupun dengan sesama pedagang, supaya mata rantai penularan Covid-19 dapat diputus," kata Linda disela-sela penyerahan masker kepada pedagang Pasar Bandar Buat .

Hal yang sama juga disampaikan Camat Luki Yalmasril. Kata dia, sebagai wakil Pemerintah Kota Padang di tingkat Kecamatan Luki, Ia pun juga berterimakasih kepada PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan ratusan masker kepada para pedagang di Pasar Bandar Buat .

baca juga: Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

"Saya bangga dengan apa yang telah dilakukan PT Semen Padang untuk masyarakat Luki, khususnya Pedagang Pasar Bandar Buat . Mudah-mudahan, bantuan masker dari PT Semen Padang ini dapat mencegah penularan Covid-19 di lingkungan pedagang Pasar Bandar Buat maupun Kecamatan Luki pada umumnya," katanya.

Selain masker, Yalmasril juga menyebut bahwa PT Semen Padang melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) perusahaan, juga rutin melakukan penyemprotan cairan disifektan di seluruh area Pasar Bandar Buat dan Pasar Indarung dua kali dalam seminggu.

"Mudah-mudahan, berbagai upaya yang telah dilakukan PT Semen Padang itu dapat mencegah penularan wabah Covid-19 di Luki. Namun di samping itu, saya pun juga berharap adanya kesadaran masyarakat terhadap bahaya Covid-19 dengan mematuhi imbauan Pemerintah," ujarnya.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, bantuan masker diberikan kepada pedagang Pasar Bandar Buat , karena salah seorang pedagang di Pasar Bandar Buat sudah ada yang positif terinfeksi Covid-19.

Kemudian di samping itu, bantuan ratusan masker itu bagi perusahaan, merupakan sebagai wujud dukungan PT Semen Padang kepada Pemerintah dalam melawan penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia yang semakin menghawatirkan.

"Wabah Covid-19 harus dilawan secara bersama-sama. PT Semen Padang sebagai perusahaan semen yang peduli terhadap kesehtaan masyarakat, akan terus mendukung Pemerintah dalam melawan wabah Covid-19 tersebut," katanya.

Anita juga memaparkan berbagai bantuan yang telah diserahkan PT Semen Padang dalam melawan penularan wabah Covid-19. Diantaranya, bantuan fasilitas cuci tangan untuk tiga Puskesmas di Kota Padang , yaitu Puskesmas Lubuk Kilangan, Puskesmas Pauh dan Puskesmas Lubuk Begalung.

"Selain puskesmas, bantuan yang sama juga disalurkan oleh PT Semen Padang untuk Mako Satpol PP Padang, Balai Kota Padang , Pasar Bandar Buat , Pasar Indarung, Pasar Raya Padang, Pasar Lubuk Buaya dan Pasar Nanggalo Siteba, serta Pos PSBB yang ada di perbatan Kota Padang ," ujar Anita.

Kemudian bantuan lainnya, lanjut Anita, yaitu berupa bilik sterilisasi untuk rumah sakit-rumah sakit di Sumbar, melakukan penyemprotan disinfektan di 145 titik fasilitas umum yang ada di Luki, pemberian vaksin influenza gratis untuk karyawan/wati Semen Padang Group.

Pemberian bantuan hand sanitizer, menggelar seminar tentang Covid-19, melakukan imbauan kepada masyarakat untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun, gunakan masker dan jaga jarak 1, 5 meter serta di rumah saja. "Imbauan itu disampaikan melalui spanduk yang dipajang di beberapa lokasi di Kota Padang ," bebernya.(*)

Editor: Riki S