Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19, Cakar Emas PTSP Sebar 300 Paket Sembako

Karyawan PT Semen Padang dari angkatan Cakar Emas Fernanda Eka Putra (kanan) dan Suherdian (kiri) menyerahkan bantuan sembako kepada tukang becak yang melintas di Jalan Sutomo, Kota Padang.
Karyawan PT Semen Padang dari angkatan Cakar Emas Fernanda Eka Putra (kanan) dan Suherdian (kiri) menyerahkan bantuan sembako kepada tukang becak yang melintas di Jalan Sutomo, Kota Padang. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF -

Wabah Virus Corona atau COVID-19 yang sudah pandemi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Padang, terus menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Alumni Calon Karyawan (Cakar) PT Semen Padang Angkatan XIV.

Bahkan alumni "Cakar Emas" tersebut, juga "turun tangan" dengan melakukan aksi sosial berupa penggalangan donasi untuk pembelian paket sembako sebanyak 300 paket yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19 di Kota Padang.

baca juga: Nagari di Lima Puluh Kota Ini Tempelkan Nama Penerima BLT di Warung Kopi

Ketua Karyawan PT Semen Padang Angkatan XIV Muhammad Syukri mengatakan, paket sembako berupa beras, minyak goreng, sarden dan telur itu dibeli dari donasi yang dikumpulkan selama dua pekan, dan ditambah dengan uang sosial Cakar Emas.

"Alhamdulillah, ada Rp 31 Juta lebih donasi yang terkumpul. Donasi tersebut berasal dari sumbangan sukarela dan uang sosial Cakar Emas," kata Syukri usai menyerahkan bantuan paket sembako di Kelurahan Koto Kacik, Kecamatan Padang Selatan, Sabtu, 9 Mei 2020.

baca juga: Angka Kematian karena Covid-19 Tinggi, Penggunaan Ventilator Dikaji Ulang

Bantuan sembako ini, lanjut Syukri, dibagikan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di lingkungan tempat tinggal dari karyawan Cakar Emas, dan pendistribusiannya dilakukan melalui protokol COVID-19 dengan cara door to door ke rumah penerima bantuan.

Sedangkan tahap kedua, pembagiannya dilakukan kepada masyarakat Kota Padang lainnya yang membutuhkan, seperti tukang becak, pedagang asongan dan lain sebagainya. "Mudah-mudahan, paket sembako ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkannya," ujarnya.

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

Syukri juga mengimbau agar masyarakat Kota Padang, terus melakukan social distancing, membiasakan mencuci tangan pakai sabun, tetap di rumah dan gunakan masker jika harus berpergian keluar rumah. "Imbauan itu kami sampaikan, supaya dapat memutus rantai penyebaran COVID-19," bebernya.

Terimakasih Cakar Emas

baca juga: Vaksin Covid-19 Milik Cina Akan Tersedia Akhir Tahun

Sementara itu, penerima bantuan sembako bernama Dewi Susanti mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada karyawan PT Semen Padang , khususnya alumni Cakar Emas. Karena, kata dia, bantuan sembako tersebut sangat bermanfaat bagi keluarganya dalam menghadapi wabah COVID-19.

"Alhmadulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Terimakasih kepada karyawan PT Semen Padang yang telah membantu. Semoga, berkah dan menjadi ladang amal bagi karyawan PT Semen Padang yang memberikan bantuan untuk kami, khususnya karyawan dari Cakar Emas," kata warga RT04/RW10, Koto Kaciak itu usai menerima bantuan.

Selain Dewi, hal yang sama juga disampaikan warga Koto Kaciak lainnya bernama Roza Elia. Warga yang tinggal di RT05/RW13 itu menyebut bahwa paket sembako dari Cakar Emas ini akan dimanfaatkan untuk memenuhui kebutuhan keluarga dalam menghadapi COVID-19 di tengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berscala Besar (PSBB) di Kota Padang.

"Sekarang ini di Padang kan sudah diberlakukan PSBB. Dampak dari pemberlakuaan PSBB ini begitu terasa bagi kami, salah satunya berkurangnya pendapatan kami, dan kehadiran Cakar Emas memberikan bantuan sembako , begitu berarti sekali bagi kami. Terimakasih Cakar Emas," ujarnya.(*)

Editor: Riki S