Penyaluran Pinjaman Tahap III, Semen Padang Kucurkan Rp1 Miliar Lebih untuk 42 UKM di Sumbar

"Penyaluran pinjaman modal usaha itu rutin dilakukan empat tahap dalam setahun"
Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum Sdmen Padang, Iskandar Lubis (tengah) menyerahkan secara simbolis pinjaman m,odal usaha kepada pelaku UKM di Sumbar (Fitria Marlina/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang melalui Biro Corporate Social Responsibility (CSR), kembali menyalurkan pinjaman modal untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumbar, Jumat, 30 September 2016.

Kali ini, jumlah modal usaha yang disalurkan mencapai Rp1,07 miliar dengan penerima pinjaman sebanyak 42 UKM. Di antaranya, Kota Padang sebanyak 28 UKM, Agam 3 UKM dan Padang Pariaman 2 UKM.

"Sisanya, tersebar di sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sumbar," kata Kepala Biro CSR Semen Padang, Dasril, usai acara penyaluran pinjaman modal usaha untuk UKM di Gedung Serba Guna Semen Padang.

Dasril menyebut bahwa UKM yang menerima pinjaman modal usaha ini, pada umumnya didominasi oleh sektor industri dengan jumlah 13 UKM. "Sisanya, bergerak di sektor usaha jasa, perdagangan dan perikanan," imbuhnya. 

Pinjaman modal usaha untuk puluhan UKM tersebut, lanjutnya, merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diamanatkan oleh Kementerian BUMN kepada semua BUMN.

Bahkan, program tersebut juga diperkuat oleh Peraturan Menteri  BUMN No.PER-09/MBU/07/2015 tentang Pelaksanaan PKBL BUMN. "Jauh sebelum Peraturan Menteri BUMN itu keluar, Semen Padang sendiri juga sudah rutin menyalurkan pinjaman modal usaha untuk pelaku UKM CSR di Sumbar," bebernya.

"Bahkan penyaluran pinjaman modal usaha itu rutin dilakukan empat tahap dalam setahun. Untuk hari ini, merupakan penyaluran tahap ke-III tahun 2016," sambung Dasril.

Kemudian ketika ditanya berapa total pinjaman yang telah dikucurkan CSR Semen Padang selama 2016, Dasril membeberkan bahwa jumlahnya sudah mencapai Rp6,2 miliar lebih dengan jumlah UKM sekitar 260. "Jumlah ini tersebar disemua kabupaten/kota di Sumbar," bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Departemen Komunkasi dan Sarana Umum, Iskandar Zulkarnaen Lubis, berharap agar UKM yang menerima pinjaman modal usaha dari CSR Semen Padang, mampu mengembangkan ... Baca halaman selanjutnya