Distributor Menjadi Garda Utama Pemasaran Semen Padang

Dirut PT Semen Padang, Benny Wendry saat acara Temu Pelanggan PT Semen Padang Wilayah Sumatera Barat
Dirut PT Semen Padang, Benny Wendry saat acara Temu Pelanggan PT Semen Padang Wilayah Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Roni Valega)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menjadi distributor PT Semen Padang tidaklah mudah. Mereka adalah orang yang ada di garda utama dalam pemasaran Semen Padang di semua wilayah pemasaran seperti di Sumatera dan Jawa.

Kepala Biro Promosi dan Analisa Pasar PT Semen Padang , Sari Ramadhani mengatakan, setiap distributor diberikan target yang cukup besar setiap tahunnya dan itu harus dicapai. Target bulanan yang ditetapkan PT Semen Padang untuk distributor di Sumatera Barat adalah 90 hingga 100 ribu ton.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Jumlah ini dibagi untuk 13 distributor yang disesuaikan dengan kemampuan setiap distributor. "Kita punya 80 distributor untuk pulau Sumatera dan Jawa, target untuk tiap distributor itu berbeda, disesuaikan dengan kemampuan dan permintaan pasar di wilayahnya masing–masing,” jelas Sari.

Distributor dituntut untuk mencapai target tersebut dan akan dievaluasi setiap bulannya oleh Area Manager yang telah ditugaskan oleh perusahaan. Tantangan bagi distributor yang tidak mencapai target adalah evaluasi hingga pemutusan kontrak, mengingat perusahaan memberlakukan kontrak tahunan untuk distributor.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

"Distributor diberikan target penjualan setiap tahunnya, jika tidak tercapai bisa jadi kontrak mereka bisa diputus," jelas Sari.

Beratnya tantangan tersebut disertai juga dengan beratnya persyaratan yang harus dipenuhi oleh distributor. Selain persyaratan administrasi, distributor juga diwajibkan memiliki modal kerja yang besar sebagai jaminan terhadap transaksi mereka di Semen Padang .

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Distributor juga diwajibkan memiliki alat transportasi untuk mendistribusikan produk ke wilayah pemasarannya. Dengan tanggung jawab dan tantangan berat itu pula PT Semen Padang menyediakan reward yang menarik untuk mereka.

Mulai dari umroh, jalan-jalan ke luar negeri dan dalam negeri hingga barang elektronik disiapkan sebagai apresiasi untuk upaya mereka. "Kita sudah pernah bawa distributor ke luar negeri atau jalan-jalan di dalam negeri juga sebagai apresiasi atas tercapainya target mereka,” jelas Sari.

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

Dalam kesempatan ini, Sari juga menyatakan, dalam 2 tahun terakhir menjadi tahun yang cukup berat bagi distributor dan PT Semen Padang sendiri. Tidak stabilnya permintaan semen Nasional hingga tingginya persaingan industri semen menjadi tantangan terbesar.

Saat ini juga telah bermunculan pabrik-pabrik semen baru berkapasitas besar di Indonesia. Persaingan tertinggi terjadi di Jawa, khususnya di area pemasaran Semen Padang yaitu di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Permintaan semen di beberapa daerah ini tinggi, namun persaingan juga tinggi dengan banyaknya pilihan produk semen.

“Persaingan di Sumatera Tengah yang selama ini menjadi kantong pemasaran PT Semen Padang juga mulai meningkat dengan masuknya semen lain dari Riau daratan, Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan. Namun, sampai saat ini pencapaian distributor masih diatas 80 persen dari target yang ditetapkan,” ujar Sari.

[Welly Adia]

Penulis: Agusmanto