Yayasan Igasar Semen Padang Terpilih Sebagai Sekolah Berwawasan Budaya

"Di samping itu, Yayasan Igasar juga memiliki tingkat pendidikan yang kompleks dari tingkat TK hingga SMA/SMK,"
Ketua Yayasan Igasar Semen Padang, Ampri Setyawan mengambil sekapur sirih saat pembukaan sosialisasi dan temu konsultasi KAN dan Bundo Kanduang di Yayasan Igasar, Sabtu, 12 November 2016. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Yayasan Igasar Semen Padang terpilih sebagai sekolah kedelapan sebagai sekolah binaan berwawasan budaya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat, Puti Reno Raudhah Thaib mengatakan, Yayasan Igasar terpilih sebagai sekolaah berwawasan budaya, karena penuh dengan nilai-nilai kearifan lokal yang berdasarkan kepada "Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABSSBK).

"Di samping itu, Yayasan Igasar juga memiliki tingkat pendidikan yang kompleks dari tingkat TK hingga SMA/SMK," katanya saat sosialisasi dan temu konsultasi KAN dan Bundo Kanduang di Yayasan Igasar, Sabtu, 12 November 2016.

Dalam sosialisasi yang dihadiri Wakil Walikota Padang, Emzalmi, seluruh guru dan siswa SMP, SMA dan SMK Yayasan Igasar Semen Padang, serta Niniak Mamak di Kota Padang, Puti Reno Raudhah Thaib juga menuturkan bahwa sekolah berwawasan budaya yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal berdasarkan ABSSBK, merupakan basis dalam pembentukan karakter siswa.

"Nantinya, sekolah-sekolah binaan ini akan memiliki ciri khas, misalnya dengan menerapkan program satu hari menggunakan unsur Minang, seperti berpakaian adat Minangkabau, berbahasa Minang, makanan Minang, dll," ungkapnya.

Diakuinya, sejak 2013 telah ada tujuh sekolah yang menjadi sekolah berwawasan budaya, yakni satu sekolah di Kabupaten Pasaman Barat, satu di Kota Pariaman, satu di Kabupaten Tanah Datar, satu di Kabupaten Lima Puluh Kota, satu di Kabupaten Pesisir Selatan, dan dua sekolah di Kabupaten Solok.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang, Emzalmi dalam acara pembukaan mengatakan pencanangan sekolah berwawasan budaya ini akan dilaksanakan di seluruh sekolah di Kota Padang, dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Barat.

"Kedepan kita akan canangkan diseluruh sekolah di Kota Padang dengan membuat memorandum of understanding (MoU) yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumatera ... Baca halaman selanjutnya