Semen Padang Raih Proper Hijau

" Ini menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan hidup di PT Semen Padang sudah menjadi lebih baik."
Semen Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebagai bukti ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, PT Semen Padang meraih Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sertifikat Proper Hijau tersebut diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

“Alhamdulillah setelah 13 tahun di Proper Biru, PT Semen Padang naik peringkat dengan meraih Proper Hijau. Ini menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan hidup di PT Semen Padang sudah menjadi lebih baik,” kata Direktur Utama PT Semen Padang, Benny Wendry, di Jakarta.

Benny menjelaskan, dengan meraih Proper Hijau itu berarti PT Semen Padang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Recovery), dan melakukan upaya tanggung jawab sosial (CSR/Comdev) yang baik.

PT Semen Padang, katanya, sesuai dengan visi dan misinya, selalu berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan. Dan, penerapan Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat sejalan dengan visi Semen Padang yaitu, “Menjadi Perusahaan Persemenan yang Andal, Unggul dan Berwawasan Lingkungan di Indonesia Bagian Barat dan Asia Tenggara” dan Meaning “ Giving The Best to Build a Better Life”.

Pada penilaian Proper, PT Semen Padang telah menampilkan berbagai keunggulan, seperti menjadi pabrik semen pertama di Indonesia yang melakukan upaya efisiensi energi dengan memanfaatkan gas panas yang terbuang dari proses produksi untuk membangkitkan tenaga listrik melalui Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Panas Buang (Waste Heat Recovery Power Generation – WHRPG) yang diresmikan pada bulan Oktober 2011.

PT Semen Padang telah berupaya melakukan pelestarian tanaman-tanaman langka yang bermuatan ... Baca halaman selanjutnya