Mahasiswa Teknik Industri UIN Suska Riau Kunjungi Semen Padang

"Sekarang pepatah itu terbantahkan. Perusahaan berhasil ketika mampu memberdayakan masyarakat"
Puluhan mahasiswa Teknik Industri UIN Suska Riau mendengar paparan dari manajemen PT Semen Padang terkait proses produksi semen dari material hingga sampai ke tangan konsumen. (Andhika D Khagen / KLIKPOSITIF )

PADANG, KLIKPOSITIF -- Puluhan mahasiswa Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) mengunjungi PT Semen Padang dalam rangka studi industri, Selasa, 27 Desember 2016. Puluhan mahasiswa dari negeri "Lancang Kuning" tersebut, disambut sejumlah staf perusahaan semen paling Indonesia itu di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang.

Dalam kunjungannya, mahasiswa diberikan pengetahuan proses produksi semen dari material hingga sampai ke tangan konsumen. Salah seorang staf bernama Ari Surya Cipta mengatakan, Semen Padang memilih bahan baku (limestone, silica stones, clay, irond sand) dari kualitas terbaik.

"Perusahaan ini telah berpengalaman menghasilkan produk-produk berkualitas sejak berdirinya 1901," ujar Acip dihadapan 40 mahasiswa teknik UIN Suska Riau.

Hal senada juga disampaikan staf PT Semen Padang lainnya, Mikel Muhammad. Dikatakannya, PT Semen Padang tidak hanya memikirkan untung, tetapi juga memikirkan lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Di bidang ekonomi, ada pepatah yang mengatakan bahwa perusahaan dikatakan berhasil ketika ia mampu mencapai laba sebanyak-banyaknya. Sekarang pepatah itu terbantahkan. Perusahaan berhasil ketika mampu memberdayakan masyarakat," sebutnya.

Oleh karena itu, lanjut Mikel, Semen Padang mengelola CSR-nya dengan profesional untuk membawa manfaat kepada masyarakat. Dalam program CSR yang dibangun dengan empat pilar, salah satunya adalah beasiswa kepada pelajar.

Semen Padang rutin memberikan beasiswa kepada masyarakat, mulai dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi yang diberikan rutin dua kali dalam satu tahun. "Kemampuan Semen Padang mengelola CSR ini pernah diberikan penghargaan oleh pemerintah sebagai CSR kedua terbaik di Indonesia," ungkapnya. (*)