Cegah Terjadinya Kebakaran, Damkar PT Semen Padang Lakukan Edukasi dan Pelatihan untuk Anak TK dan Wali Murid

Anak TK Semen Padang mengikuti simulasi pemadaman api bersama Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) PT Semen Padang di halaman TK Semen Padang, Kamis (6/1/2022).
Anak TK Semen Padang mengikuti simulasi pemadaman api bersama Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) PT Semen Padang di halaman TK Semen Padang, Kamis (6/1/2022). (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Barisan Pemadam Kebakaran ( BPK ) PT Semen Padang melakukan edukasi dan pelatihan pemadaman api kepada anak-anak TK Semen Padang dan juga kepada wali murid, Kamis (6/1/2022) pagi.

Kegiatan tersebut, diikuti antusias oleh anak-anak TK dan juga wali murid. Bahkan, anak-anak TK dan juga wali murid, begitu antusiass mengikuti edukasi dan pelatihan tersebut.

baca juga: Ikuti Kompetisi Jurnal Ilmiah CSR Semen Padang dengan Total Hadiah 50 Juta

Kepala Sekolah TK Semen Padang Deni Lastri mengatakan bahwa kegiatan edukasi dan pelatihan pemadaman api ini merupkan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun, namun karena pandemi, kegiatan ini sempat absen selama dua tahun.

"Ini kegiatan rutin kami di sekolah, tapi karena pandemi Covid-19, kegiatan tersebut sempat ditiadakan selama dua tahun. Sekarang ini karena pandemi sudah mulai longgar, makanya kembali kami gelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

baca juga: Tahun 2021, PT Semen Padang Salurkan Dana Comdev Sebesar Rp18,36 M

Selain edukasi dan pelatihan memadamkan api, katanya melanjutkan, petugas BPK PT Semen Padang juga sharing kepada wali murid cara menangkap ular. Dan diharapkan kegiatan tersebut menambah pengetahuan wali murid.

"Kegiatan ini sasarannya lebih kepada wali murid, karena kalau ada kondisi bahaya seperti ular masuk rumah dan rumah terbakar, orangtua atau wali murid anak-anak tidak panik. Kalau untuk anak TK, kegiatannya lebih kepada edukasi saja," ujarnya.

baca juga: Peringati Bulan K3 Nasional, PT Semen Padang Gelar Berbagai Kegiatan

Sementara itu, Staf Health & Safety Unit SHE PT Semen Padang Nurwan mengatakan bahwa edukasi dan pelatihan pemadaman api, serta sharing tentang cara menangkap ular ini melibatkan 5 orang petugas BPK .

Untuk anak-anak TK, pihaknya mengedukasi tentang kebakaran , dan juga alat-alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran . Sedangkan kepada wali murid, diajarkan bagaimana cara memadamkan api dan menangkap ular.

baca juga: Rumah Milik Pengusaha Walet di Agam Terbakar, Kerugian Puluhan Juta

"Bahkan untuk anak-anak TK, juga ada simulasi memadamkan api menggunakan air dari armada pemadam kebakaran . Kemudian untuk wali murid yang mayoritas ibu-ibu, juga ada simulasi memadamkan kobaran api menggunakan karung goni," katanya.

Salah seorang wali murid TK Semen Padang bernama Ladyta Mesa mengaku senang bisa mengikuti pelatihan pemadaman api dan juga cara menangkap ular. Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk dirinya dan juga wali murid TK Semen Padang lainnya.

"Biasanya sumber kebakaran itu selain korsleting listrik, pasti karena kompor gas. Nah, kalau berkaitan dengan kompor gas, itu kan lebih dekatnya ke kami sebagai ibu rumah tangga. Dan pelatihan yang disertai dengan simulasi ini, tentunya bermanfaat sekali bagi kami," katanya.(*)

Editor: Riki