Rini Soemarno Tinjau Program "BUMN Hadir untuk Negeri" di Sianok

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) didampingi Dirut Semen Indonesia Rizkan Chandra (kiri) dan Direktur Produksi dan Litbang Semen Indonesia (Johan Samudra) melihat progres revitalisasi Panorama Ngarai Sianok Bukittinggi
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) didampingi Dirut Semen Indonesia Rizkan Chandra (kiri) dan Direktur Produksi dan Litbang Semen Indonesia (Johan Samudra) melihat progres revitalisasi Panorama Ngarai Sianok Bukittinggi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menteri Badan Usaha Milik Negera ( BUMN ), Rini Mariani Soemarno, melakukan lawatan ke Bukittinggi , Minggu, 26 Februari 2017 pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Dalam lawatan di daerah berhawa sejuk itu, Menteri Rini bersama rombongan disambut langsung Walikota Bukittinggi , Ramlan Nurmatias.

Dalam rombongan itu, terlihat Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Rizkan Chandra (Dirut Semen Indonesia), Johan Samudra (Direktur Produksi dan Litbang Semen Indonesia), Benny Wendry (Dirut PT Semen Padang), dan sejumlah pimpinan BUMN lainnya, seperti jajaran direksi BNI, PT. Garuda Indonesia, PT. KAI, PNM dan PT. Telkom.

baca juga: Bukittinggi Tambah 100 Tempat Tidur untuk Pasien COVID-19

Usai disambut Walikota Bukittinggi , Menteri Rini bersama rombongan kemudian mengunjungi objek wisata Panorama Ngarai Sianok untuk melihat progres revitalisasi pembangunan pagar dan kanopi di kawasan objek wisata Panorama Ngarai Sianok yang dibangun PT Semen Padang (Semen Indonesia Grup) melalui program " BUMN Hadir untuk Negeri".

Selain melihat progres pembangunan pagar dan kanopi, Menteri Rini juga meninjau progres pembangunan warung kuliner, gardu pandang, pembuatan tempat sampah, toilet, dan revitalisasi toko souvenir yang dibangun oleh BUMN lainnya, seperti BNI, PT. Garuda Indonesia, PT. KAI, PNM dan PT. Telkom.

baca juga: Owner Foresthree Coffee Muhammad Syukri Jabat Ketua ESI Kota Bukittinggi Pertama

Tidak hanya itu. Selama berada di kawasan Panorama Ngarai Sianok, Menteri Rini juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan sejumlah pedagang souvenir di kawasan Panorama Ngarai Sianok. Para pedagang souvenir itu pada umumnya, merupakan mitra binaan CSR PT Semen Padang.

Disela-sela kunjugan tersebut, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Gotong Royong tahun 2001 hingga tahun 2004 itu, juga memuji keelokan dan keindahan Kota Bukittinggi yang menurutnya, semakin mengalami perubahan yang luar biasa.

baca juga: Lawan Covid-19, Andre Rosiade Minta BUMN Farmasi Dapat Modal Tambahan

"Di akhir 2015 lalu saya pernah berkunjung ke Bukittinggi . Sekarang saya melihat Bukittinggi sangat bersih dan rapi. Itu terlihat ketika saya jalan kaki dari Kota Bukittinggi ke lokasi wisata Panorama Ngarai Sianok," kata Rini Soemarno didampingi sejumlah pejabat Sumbar dan Dirut BUMN .

Kepada sejumlah direksi dan pimpinan BUMN yang ikut dalam rombongan tersebut, lulusan Massachusetts, Amerika Serikat itu juga meminta agar progres revitalisasi objek wisata Panorama Ngarai Sianok segera digempur, supaya ke depan Bukittinggi yang merupakan Kota Sejarah, semakin cantik dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara.

baca juga: Polres Bukittinggi Distribusikan Bansos Dalam Masa PPKM Darurat

"Jika revitalisasi objek wisata Bukittinggi sudah selesai dilakukan, maka jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat, dan tentunya juga berdampak baik kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Bukittinggi ," ujarnya.

Setelah mengunjungi Kota Bukittinggi , siangnya sekitar pukul 12.00 WIB, Menteri Rini bersama rombongan langsung mengunjungi Kota Sawahlunto. Di Kota Tambang itu, Menteri Rini mengunjungi lokasi wisata Kandi dan Lobang Mbah Suro. Sekitar dua jam lebih di sana, Rini kemudian menuju Kota Padang. Setelah itu, langsung bertolak ke Jakarta melalui Bandara Internasional Minangkabau.

Pembangunan Kanopi dan Pagar Selesai 18 Maret

Terkait progres pembangunan kanopi dan pagar di kawasan objek wisata Panorama Ngarai Sianok yang dibangun oleh Semen Indonesia melalui BUMN Hadir untuk Negeri, Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, mengatakan, progres pengerjaan kanopi dan pagar dilakukan oleh PT Semen Padang dengan anggaran lebih kurang Rp400 juta.

Lama progresnya, kata Nur Anita, dilakukan selama 1 bulan, yaitu dari 19 Februari sampai 18 Maret mendatang. Namun demikian, Nur Anita mengklaim bahwa progres pengerjaan kanopi dan pagar di Panorama Ngarai Sianok itu akan selesai sebelum 18 Maret, karena pada saat kunjungan Menteri Rini, pembangunan pagar sudah rampung 100 persen, sedangkan kanopi progresnya sudah berjalan 35 persen.

Nur Anita juga menyebut dalam kunjungan ke kawasan wisata Panorama Ngarai Sianok kemarin, Menteri Rini juga mengapresiasi kinerja Semen Indonesia, khususnya PT Semen Padang. "Kata Menteri Rini, progres pengerjaan kanopi dan pagar yang dilakukan Semen Padang (Semen Indonesia Grup) sangat bagus," ungkap Nur Anita. (*)

Penulis: Riki