Dirut: Semen Padang Siap Membantu Pemulihan Pascabencana di 50 Kota

Kunjungan Dirut PT. Semen Padang, Benny Wendry ke Kabupaten 50 kota
Kunjungan Dirut PT. Semen Padang, Benny Wendry ke Kabupaten 50 kota (KLIKPOSITIF/Pundi F Akbar)

LIMAPULUHKOTA, KLIKPOSITIF -- PT. Semen Padang bergerak cepat membantu pemulihan akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten 50 Kota.

Direktur Utama Semen Padang Benny Wendry mengatakan bantuan yang diberikan berupa tenaga (melalui Tim Reaksi Cepat) dan bantuan untuk membangun infrastruktur terdampak.

baca juga: Mengenal Bahaya HIV dan Upaya SPH Mencegahnya dengan Hadirkan Poli VCT

Bantuan untuk infrastruktur berupa semen dengan jumlah 1.000 sak. "Kami menyerahkan kepada Bupati untuk distribusinya kepada korban," ujarnya saat menyerahkan langsung bantuan di posko logistik di GOR Singa Harau Sarilamak, Selasa (7/12). Usai menyerahkan bantuan, Dirut langsung meninjau lokasi bencana.

Benny mengatakan perusahaan akan mengerahkan seluruh kemampuan untuk membantu memulihkan kondisi pasca bencana. Selain TRC yang telah turun ke lokasi sejak Sabtu (4/12), bila dibutuhkan, akan menurunkan pula tim medis.

baca juga: Tinggal di Warung Ukuran 3x4 Meter, Korban Kebakaran di Ampera Dibantu Semen Padang

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan timnya akan berada di lokasi bencana hingga Rabu atau tiga hari setelah masa tanggap darurat ditetapkan.

Selama di sana, TRC yang berjumlah 17 orang telah melakulan pelbagai kegiatan seperti pembersihan fasilitas umum dari sisa banjir yang lokasinya berkoordinasi dengan BPBD. Fasilitas umum yang dibersihkan yaitu Masjid Raya Pangkalan, Musala Al-Maanar 1 Jorong Koto Panjang, Musala Al-Manaar 2 Jorong Koto Panjang, TK Qolbina Ikhlas Sopang, dan MTSn Muhammadiyah Pangkalan.

baca juga: Semester I Tahun 2021, PT Semen Padang Catatkan Total Ekspor 1,1 Juta MT

"Pembersihan fasilitas umum dilakukan pada H+1 tepatnya Sabtu," ujarnya. Awalnya, sebut Kiki, tim hanya berada di Pangkalan hingga Senin. Tapi mengingat banyaknya lokasi terdampak, tim memutuskan membantu korban hingga Rabu.

Sebab, sebut Kiki, setelah masa kesiapsegeraan selesai dan masuk tanggap darurat, masih banyak yang dibutuhkan korban. Salah satunya kebutuhan air bersih.

baca juga: Ahli Gizi SPH Ungkap Cara Sehat Mengolah Daging Kurban Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

Maka, pada Senin, TRC mendistribusikan air bersih ke 4 jorong di Pangkalan yaitu Jorong Pasa Usang, Jorong Lakuak Gadang, Masjid Raya, dan di Kantor Camat.

Selain air bersih, bantuan logistik juga didistribusikan. Berupa beras (300 kg), mie instan (30 dus), Air Mineral ( 30 dus), Sarden (100 kaleng), Pembalut Wanita (2 dus), dan Kue Kering (2 dus).

Selama di Pangkalan, TRC menurunkan 2 unit strada, 2 unit minibus, 1 unit water tank, 1 unit fire truck, 1 unit perahu karet, 2 unit genset dan lampu penerangan, 2 unit pompa air.

Bupati 50 Kota Irfendi Arbi mensyukuri bantuan Semen Padang . "Bantuan Semen Padang sangat tepat. Setelah ini kami akan disibukkan dengan pembangunan infrastruktur," sebutnya.

Irfendi mengatakan belum mendata nominal kerugian akibat bencana yang menelan korban jiwa ini. Sampai hari ini masih fokus kepada evakuasi korban, yang sebutnya, masih ada yang belum ditemukan di KM 17.

KM 17 berada di Koto Alam, lebih kurang 20 kilo ke ibukota Kecamatan Pangkalan. Lebih kurang 9 kendaraan dihantam longsor. Berhasil dievakuasi sebanyak 4 orang. Bupati mengatakan ada seorang lagi yang belum dievakuasi  berdasarkan info dari warga.

Bupati juga menyambut baik keinginan Semen Padang membantu dengan tim medis. Sebab, sebutnya, akan banyak penyakit yang muncul pascabencana.

Dan, masih ada lokasi yang terisolir karena terbannya jalan yaitu di Gelugur. Atau pintu masuk ke kawasan Muara Paiti dan Kapur IX, daerah yang terletak paling barat Kecamatan Pangkalan. (*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa