Gerakan Dua Ribu FKIK SP Bantu Biaya Pendidikan Pelajar Miskin

Anggota Bidang Pustaka dan Beasiswa tengah berbicara mengenai beasiswa untuk pelajar penerima beasiswa FKIK SP
Anggota Bidang Pustaka dan Beasiswa tengah berbicara mengenai beasiswa untuk pelajar penerima beasiswa FKIK SP (KLIKPOSITIF/KHADIJAH)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tak mau ketinggalan dalam berkontribusi membantu lancarnya proses pendidikan pelajar dari keluarga tidak mampu, FKIK (Forum Komunikasi Istri Karyawan) Semen Padang Group yang terdiri persatuan istri karyawan Semen Padang ini memberikan beasiswa pada para pelajar SD, SMP dan SMA yang berada pada Ring 1 Semen Padang , yakni Lubuk Kilangan.

Beasiswa ini merupakan inisiatif dari Bidang Pustaka dan Beasiswa FKIK Semen Padang sejak tahun 2014 lalu dan yang saat ini dikoordinatori oleh Ny. Ferry Sarvina.

baca juga: Selama 2021, UPZ Semen Padang Salurkan Zakat Karyawan Rp10,1 M

"Beasiswa ini kami tujukan bagi pelajar dari keluarga yang tidak mampu yang belum pernah tersentuh beasiswa manapun," ujar salah seorang panitia Ny. Ike Anike yang saat itu bersama tiga anggota FKIK Semen Padang dari bidangnya juga yang tengah membagikan beasiswa pada pelajar yang ditemani oleh wali pelajar penerima beasiswa tersebut.

Pemberian beasiswa itu dilakukan pada hari Jum'at 17 Maret 2017 bertempat di lantai 1 Gedung Serba Guna di Komplek Semen Padang .

baca juga: Semen Padang Gelar Donor Darah, 265 Kantong Terkumpul

"Beasiswa ini kami berikan pada pelajar tingkat SD, SMP dan SMA yang berada di Ring 1 yakni Lubuk Kilangan. Pada awalnya, kami dari anggota Bidang Pustaka dan Beasiswa FKIK SP melakukan pendataan pada pelajar yang tidak mampu ke sekolah-sekolah yang berada di sekitaran Lubuk Kilangan. Saat data telah terkumpul maka kami akan melihat nilai dari calon penerima beasiswa dan kemudian kami lakukan survey ke rumahnya," ujarnya.

Dia mengatakan, penerima beasiswa ini jumlahnya terbatas karena memang terbatasnya jumlah beasiswa yang akan diberikan. "Diutamakan memang mereka yang memilki nilai akademik yang bagus dan dari keluarga yang tidak mampu," katanya

baca juga: Ikuti Kompetisi Jurnal Ilmiah CSR Semen Padang dengan Total Hadiah 50 Juta

"Untuk beasiswa ini, kami dari anggota mengajukan proposal pada seluruh bidang-bidang yang ada di Semen Padang . Kami menamainya Gerakan Rp.2000, jadi minimal karyawan boleh menyumbang dengan batas minimal Rp.2000. Bahkan ada yang memberikan amplop yang berisi uang sumbangan Rp.500.000,"

Salah seorang panitia pembagian beasiswa yang lainnya, Amelia Amrina mengatakan, Beasiswa ini rutin kami berikan tiap 1x dalam 3 bulan dengan jumlah yang berbeda yang sesuai tingkat pendidikan pelajar itu. Jumlah penerima beasiswa saat ini adalah 39 orang dari tingkat SD, SMP dan SMA, sebelumnya berjumlah 45 orang namun 6 lainnya telah tamat SMA.

baca juga: Tahun 2021, PT Semen Padang Salurkan Dana Comdev Sebesar Rp18,36 M

Salah seorang pelajar SMP 21 Lubuk Kilangan, Sofia Qonita yang ditemani ibunya saat akan menjemput beasiswa mengatakan, beasiswa ini saat bermanfaat baginya. Apalagi dia saat ini akan mengikuti Ujian Nasional dan akan tamat, tentunya akan membutuhkan banyak biaya.

"Saya bersyukur mnejadi salah seorang pelajar yang menerima beasiswa dari FKIK SP ini, karen dapat membantu meringankan beban orang tua saya untuk pendidikan saya," ujarnya. (*)

Penulis: Webtorial