Produktifitas Didukung Lingkungan Kerja yang Baik

Salah satu sudut lingkungan kerja PT. Semen Padang
Salah satu sudut lingkungan kerja PT. Semen Padang (Kompasiana)

  KLIKPOSITIF -- Peningkatan produktifitas kerja tidak hanya berasal dari hebatnya strategi, namun lingkungan juga bisa menjaadi faktor terkait hal tersebut. Menyadari hal itu, PT. Semen Padang menerapkan 'Program Pabrik Bersih Semen Padang ' di lingkungan Semen Padang .

Program ini menargetkan adanya peningkatan kesadaran dan kepedulian dari seluruh orang di lingkungan Semen Padang baik karyawan SP, Semen Padang Group, Tamu, mahasiswa magang/PKL dan yang lainnya merasa peduli terhadap kebersihan lingkungan pabrik

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

Menurut salah seorang anggota Departemen Teknik Pabrik Semen Padang Andika Mulyadi mengatakan, selama ini cenderung pemahaman bahwa kebersihan hanya tugas sebagian orang atau bagian tertentu saja.

"Kebersihan lingkungan kerja tidak membuat kita terlepas dari hal yang memberikan efek positif/negatif dalam bekerja. Jikalau lingkungan kerja bersih maka produktifitas kerja juga akan meningkat," ujarnya

baca juga: Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Dimulai, Pakai Produk Semen Padang

Dia mengatakan, demi meningkatkan produktifitas kerja juga, maka dibentuklah program ini yang harus diterapkan pada tiap orang agar menjaga kebersihan lingkungan kerja minimal di area kerja masing-masing orang.

Program ini telah ada sejak selama 8-10 tahun lalu. Program ini adalah 5P yakni terdiri dari pemilahan, penataan, pembersihan, pembersihan, pembiasaaan dan penataan. Program ini akan diaktifasi kembali.

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

Dengan begitu secara tidak langsung setiap orang akan berusaha menjaga lingkungan yang berada di area mereka masing-masing dan untuk para tamu tentunya diminta mengikuti apa yang telah berlaku di area tempatnya berada.

Re-aktifasi kembali program ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan pendekatan secara persuasif oleh tim AKR yang pergi ke tiap area pabrik mengenai regulasi dan aktifasi kembali program 5P tersebut.

baca juga: Dokter Spesialis Olahraga SPH: Rutin Latihan Fisik Selama 30 Menit Turunkan Resiko Terkena COVID-19

Setiap dua kali dalam setahun, tim akan melakukan kunjungan ke lapangan untuk melihat apakah ada deviasi (peningkatan) yagn melalui nilai yang diberikan oleh tim AKR. Jika peningkatan mencapai 10% saat itu, maka diharapkan seterusnya akan ada peningkatan yang lebih signifikan lagi kedepannya.

Kriteria penilaian telah dari dulu ditetapkan dan dari sana akan ada motivasi untuk meningkatkan nilai dari tiap kriteria penilaian tim AKR.

Untuk memunculkan motivasi dilaksanakan program ini, diadakan perlombaan antara unit kerja dalam satu pabrik, maka akan dilihat bagaimana peningkatan yang terjadi dari tiap unit kerja. Dari penilaian maka akan terlihat upaya-upaya yang telah dilakukan di tiap unit kerja dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja mereka.

Tantangan terbesar untuk terlaksananya program ini adalah adanya kesulitan untuk menyadarkan atau mengajak tiap orang di lingkungan Semen Padang tentang pentingnya kebersihan lingkungan terutama lingkungan kerja dan tidak berpikir bahwa itu hanya tanggung jawab unit kebersihan saja sehingga menjadi malas menjaga kebersihan di area kerja mereka.

"Di lingkungan Semen Padang sendiri, kebersihan telah mulai dijaga dan diterapkan dengan diterapkannya program 5P ini. Meskipun akhir-akhir ini terjadi penurunan dalam penerapan program ini namun diharapkan terjadi peningkatan demi berjalannya program kerja yang juga bertujuan untuk meningkatkan produktifitas kerja di tiap area unit kerja. (*)

Penulis: Webtorial