Penanaman Pohon Hijaukan dan Selamatkan Lingkungan

Ilustrasi
Ilustrasi (kepalsemesta.wordpress.com)

KLIKPOSITIF -- Positifers, kalian pasti tahu fungsi pohon untuk kelangsungan hidup manusia di bumi ini bukan? Selain menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida, fungsi lainnya adalah untuk mengurangi zat pencemar udara yang menjadi polusi dan tidak bagi kesehatan manusia.

Mengetahui hal ini, pemerintah menanam kembali pohon-pohon yang sudah ditebang dari jenis pohon yang bisa dimanfaatkan. Beberapa program pemerintah untuk menanami kembali lahan atau hutan di Indonesia salah satunya adalah gerakan penanaman 1 Milyar pohon sejak tahun 2010 lalu.

baca juga: PT Semen Padang Bersama 41 BUMN di Sumbar Salurkan 10 Ribu Masker untuk Masyarakat

Gerakan ini merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar ikut menanam pohon sebanyak-banyaknya. Dengan semakin banyak pohon yang ditanam, maka akan semakin banyak pula manfaat yang bisa didapat dari pohon-pohon yang tumbuh.

Positifers, tahukah kalian, salah satu pohon yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah ini adalah pohon gaharu. Pohon gaharu merupakan pohon yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi karena hampir seluruh bagian dari pohon ini dapat digunakan sebagai bahan baku produk.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

Dilansir dari berbagai sumber, kayu gaharu memiliki nilai jual yang sangat tinggi, sementara gaharu dengan kualitas rendah dapat disuling untuk produksi minyak dengan harga yang sangat menjanjikan. sementara daun gaharu dapat dimanfaatkan untuk pembuatan teh gaharu. Semakin lama, pemanfaatan pohon gaharu semakin meningkat variasinya sehingga menempatkan pohon gaharu sebagai pohon industri.

Mengingat fungsi penting pohon, pabrik industri Semen Padang juga mempunyai program penanaman pohon yang sering dilaksanakan bahkan telah menjadi kegiatan rutin dalam berbagai macam agenda dan kegiatan yang diadakan oleh perusahaan ini.

baca juga: Selama September, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Rp105,5 Juta kepada Para Mustahik

Salah satunya adalah saat perayaan Bulan Mutu dan K3 tahun 2017 pada Februari lalu, Semen Padang Group juga telah melakukan penanaman 1000 pohon di loaksi jalan baru area tambang PT. Semen Padang . Bahkan akan menyusul kegiatan penanaman bibit sekitar 3000 pohon dalam tahun 2017 ini.

Kegiatan rutinitas yang dilakukan Semen Padang ini merupakan wujud komitmen Semen Padang untuk terus bersinergi dengan menjaga lingkungan yang ada di sekitar Semen Padang .

baca juga: Dr.Andani Webinar Bersama Yayasan Igasar Semen Padang; Jangan Takut Corona, Tapi Jangan Lalai

Jadi Positifers, mari kita ikuti dan jadikan gerakan menanam pohon ini menajadi kegiatan yang telah kita terapkan di lingkungan keluarga kita.(*)

Penulis: Webtorial