CSR Semen Padang Salurkan Pinjaman Bergulir ke 99 UMKM di Sumbar

Kepala Biro CSR Semen Padang, Dasril, foto bersama dengan puluhan mitra binaan saat acara pembekalan di Wisma Indarung
Kepala Biro CSR Semen Padang, Dasril, foto bersama dengan puluhan mitra binaan saat acara pembekalan di Wisma Indarung (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebagai perusahaan semen yang peduli terhadap perekonomian masyarakat Sumbar, PT Semen Padang melalui Biro Corporate Social Responsibility ( CSR ), kembali menyalurkan pinjaman modal usaha kepala pelaku UMKM di Sumbar.

Kali ini, total pinjaman yang dikucurkan perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, mencapai Rp2,6 miliar dengan jumlah penerima sebanyak 99 pelaku UMKM yang sebelumnya, telah mengajukan proposal pinjaman kepada Biro CSR Semen Padang.

baca juga: PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung Wujudkan Kepedulian Kepada Masyarakat Sumedang

"Pinjaman modal usaha yang dikucurkan kali ini merupakan pinjaman bergulir Tahap I tahun 2017. Pinjaman ini disalurkan kepada 99 UMKM yang telah menjadi binaan CSR ," kata Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Dasril, usai membuka acara penyaluran pinjaman Tahap I tahun 2017 di Wsima Indarung, Kamis, (23/3) siang.

Kata Dasril, sebanyak 99 pelaku UMKM itu ada yang sudah tiga kali menerima pinjaman modal usaha dari CSR , dan ada juga yang baru pertama kali. Untuk yang sudah tiga kali, besaran yang diterima cukup besar. Bahkan, ada yang menerima pinjaman lebih dari Rp50 juta.

baca juga: Selama Expo From Home, Omset UMKM Binaan CSR Semen Padang Tembus Rp200 Juta

"Pelaku UMKM yang menerima lebih dari Rp50 juta itu, merupakan UMKM binaan yang usahanya sudah berkembang berkat pinjaman dari CSR Semen Padang sebelumnya," ujar Dasril.

Di samping menyalurkan pinjaman modal usaha kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan , CSR Semen Padang, sebut Dasril, juga rutin melakukan kunjungan kesemua mitra binaan dengan tujuan, untuk mengetahui apakah ada kendala yang dialami oleh mitra binaan dalam mengembangan usahanya.

baca juga: SIG Serahkan Santunan Tali Asih di Panti Asuhan H Syafri Moesa Gadut Padang

"Kalau ada kendala kami carikan solusinya. Artinya, kami tidak hanya menyalurkan pinjaman modal usaha, tapi juga membantu para mitra binaan untuk mengembangkan usahanya," beber Dasril.

Lebih lanjut, Dasril memaparkan bahwa pinjaman modal usaha yang dikucurkan ini merupakan Program Kemitraan yang sudah berjalan sejak 1987. Hingga 2016 kemarin, kata Dasril, total pinjaman yang sudah disalurkan CSR Semen Padang mencapai Rp112 miliar.

baca juga: Mulai Tahun Depan, Cukai Rokok Naik 12,5 Persen

"Jumlah uang seratusan miliar lebih itu, diterima oleh 6.466 pelaku UMKM di Sumbar yang berasal dari berbagai sektor usaha seperti peternakan, pertanian, usaha bangunan, konveksi dan lain sebagainya," beber Dasril.

Sementara itu, salah seorang mitra binaan CSR Semen Padang bernama Syamsir, menyebut bahwa pinjaman modal usaha dari Semen Padang melalui CSR sangat memudahkan dirinya dalam mengembangkan usaha depot air minumnya yang beralamat di Jalan Ampera, Kecamatan Lubeg, Padang.

"Sekarang depot air saya sudah berkembang. Ini berkat adanya pinjaman modal usaha dari CSR Semen Padang," kata Syamsir di Wisma Indarung. Pria berusia 67 tahun itu juga menyebut bahwa dirinya sudah tiga kali menerima pinjaman modal usaha dari CSR Semen Padang.

"Pinjaman kali ini yang ketiga. Besar pinjamannya Rp50 juta. Uang puluhan juta yang dipinjam ke CSR melalui Program Kemitraan itu, nantinya akan saya manfaatkan untuk menambah jumlah galon dan kebutuhan depot lainnya," ujar Syamsir.

Hal yang sama juga diungkapkan Yuli Masral (40). Pengusaha material bangunan yang tinggal di Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan itu menyebut bahwa pinjaman bergulir dari CSR Semen Padang sangat menguntungkan, karena bunga perbulannya jauh lebih kecil dari pinjaman lainnya.

"Bunganya hanya 0,35 persen/bulan, dan jauh lebih kecil dibandingkan pinjaman lainnya," ujar Yuli Masral.(*)

Penulis: Riki