Wabup Sijunjung: Bantuan Semen Padang Ringankan Beban Korban Banjir

Koordinator TRC Semen Padang, Kiki warlansyah (kanan) menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada Camat Lubuk Tarok, Dodi Khatib di lokasi bencana-
Koordinator TRC Semen Padang, Kiki warlansyah (kanan) menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada Camat Lubuk Tarok, Dodi Khatib di lokasi bencana- (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Semen Padang melalui Tim Reaksi Cepat (TRC), menyalurkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak banjir bandang di Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung , Kamis, (30/3).

Terkait bantuan yang disalurkan oleh perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, Wakil Bupati Sijunjung , Arrival Boy menyatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih sekali atas perhatian Semen Padang.

baca juga: Serahkan Bantuan untuk Masjid Ummi Makhtum Sijunjung, Andre Rosiade Pandeka Minang di Kancah Nasional

"Kami sangat berterimakasih sekali kepada Semen Padang. Bantuan ini dapat meringankan beban korban terdampak banjir ," kata Wabup Sijunjung di lokasi bencana.

Koordinator TRC Semen Padang, Kiki Warlansayah mengatakan, bantuan sembako yang didistribusikan ke lokasi bencana terdiri dari 200 kg beras, 30 liter minyak goreng, sarden sebanyak 100 kaleng, 30 dus air mineral, 20 dus mie instan, dan kue kering sebanyak 2 dus.

baca juga: PLN Berikan 97,2 Juta Rupiah untuk Korban Pasca Banjir Dharmasraya

Selain mendistribusikan bantuan, kiki menyebut bahwa TRC juga melakukan assesment terkait seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir bandang tersebut.

Kemudian, hasil assesment itu diserahkan ke manajemen PT Semen Padang untuk ditindaklanjuti."Apakah ditindaklanjuti atau tidak, semuanya tergantung kondisi di lapangan seperti apa. Kalau banyak infrastruktur yang rusak, bisa jadi nanti dikirim bantuan berupa semen," ujar Kiki.

baca juga: Tertarik dengan Jali-jali UMKM Sijunjung, Andre Rosiade Siap Fasilitasi jadi Anak Asuh BUMN

Selain melakukan assesment, TRC juga memantau kesehatan korban pascabanjir bandang. Menurut Kiki, pada umumnya setelah bencana terjadi, terutama banjir , banyak warga yang terserang penyakit.

"Kalau banyak warga terserang penyakit, maka manajemen akan menurunkan tim kesehatan, karena selain melakukan pendistribusian bantuan ke lokasi bencana, manajemen Semen Padang juga berpesan untuk memperhatikan kesehatan para korban," bebernya.

baca juga: Pasca Banjir di Aek Napal Pasaman Barat, 8 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Seperti diketahui, Selasa, (28/3), banjir bandang melanda Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung . Akibat banjir tersebut, sedikitnya sembilan unit rumah warga rusak, dan tiga di antaranya mengalami rusak parah.

Selain itu, banjir juga merendam puluhan hektare sawah warga dan merusak satu unit jembatan di Jorong Koto Tuo Nagari Lubuk Tarok. " Banjir di Lubuk Tarok itu dipicu akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak Senin malam," ujar Kepala BPBD Sijunjung , Hardiwan.(*)

Penulis: Riki