CSR PT Semen Padang Sasar UMKM Pantai Carocok

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi CSR PT Semen Padang, Syafrianto Rusli mensosialisasikan program CSR kepada puluhan pelaku UMKM di Pantai Carocok
Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi CSR PT Semen Padang, Syafrianto Rusli mensosialisasikan program CSR kepada puluhan pelaku UMKM di Pantai Carocok (Semen Padang)

KLIKPOSITIF -- Sebagai perusahaan semen yang terus mendukung perekonomian masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi CSR PT Semen Padang , Syafrianto Rusli mengatakan, kerjasama dengan Disperindag Pesisir Selatan itu direalisasikan dalam bentuk pembinaan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang ada di Pantai Carocok, Painan.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

Namun, sebelum menjadi binaan, CSR PT Semen Padang tentu harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu. "Selasa, 28 April 2016 kemarin, kami sudah melakukan sosialisasi kepada UMKM di Pantai Carocok. Sosialisasi itu diikuti oleh 30 pelaku UMKM," kata Syafrianto saat ditemui KLIKPOSITIF di Kantor CSR PT Semen Padang , Kamis, 28 April 2016.

Ia juga menuturkan puluhan pelaku UMKM di Pantai Carocok itu diberikan sosialisasi, karena Pantai Carocok merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Kendati demikian, puluhan pelaku UMKM yang diberikan sosialisasi tersebut, tidak serta merta bisa mendapatkan bantuan modal usaha dari CSR PT Semen Padang .

baca juga: FKKSPG Kirim 13 Atlet Binaan ke PON Papua, Rinold Thamrin: Target Kami 5 Medali Emas

"Mereka baru bisa mendapatkan bantuan modal usaha setelah memasukan proposal. Kemudian tim melakukan survei untuk melihat apakah UMKM tersebut layak mendapatkan bantuan atau tidak. Kalau layak, barulah bantuan modal usaha kami kucurkan," ujarnya.

Sosialisasi kepada pelaku UMKM di Pantai Carocok itu dilakukan, kata Syafrianto menambahkan, karena saat ini CSR PT Semen Padang tengah menyasar para pelaku UMKM di Sumbar untuk dijadikan mitra binaan pada triwulan kedua 2016.

baca juga: Selama Agustus, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 111 Ribu MT

"Artinya, tidak hanya Pesisir Selatan yang menjadi tujuan kami untuk mencari para pelaku UMKM yang menjadi binaan CSR Semen Padang untuk periode triwulan kedua 2016, tapi hampir kesemua daerah di Sumbar," pungkasnya. 

Penulis: Riki