Himpun Persoalan Sosial Masyarakat, CSR PT Semen Padang Latih Forum Nagari Gunakan Aplikasi SIM Data

Sejumlah pengurus Forum Nagari di Kecamatan Lubuk Kilangan, Lubeg dan Pauh mengikuti pelatihan Aplikasi SIM Data Sosial dan LKN di GSG PT Semen Padang, Jumat (29/4/2016) siang
Sejumlah pengurus Forum Nagari di Kecamatan Lubuk Kilangan, Lubeg dan Pauh mengikuti pelatihan Aplikasi SIM Data Sosial dan LKN di GSG PT Semen Padang, Jumat (29/4/2016) siang (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Untuk menghimpun persoalan sosial di tengah masyarakat, Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang memberikan pelatihan Aplikasi SIM Data Sosial dan Lumbung Keuangan Nagari (LKN) di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang , Jumat, 29 April 2016.

Pelatihan Aplikasi SIM Data Sosial dan LKN itu diikuti perwakilan Forum Nagari Kelurahan yang ada di tiga kecamatan di Kota Padang yang merupakan kawasan Ring 1 PT Semen Padang , yaitu Kecamatan Lubuk Kilangan, Pauh dan Lubeg.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril mengatakan, pelatihan aplikasi ini bertujuan untuk menampung data dari hasil social mappig yang akan dirumuskan ke dalam program CSR Semen Padang , seperti jumlah keluarga miskin yang ada disetiap kelurahan.

"Aplikasi ini sangat penting. Baik itu untuk Forum Nagari maupun untuk kami di CSR, karena dengan menggunakan aplikasi ini, maka data dari social maping bisa terus diupdate," kata Dasril saat ditemui KLIKPOSITIF disela-sela sosialisasi.

baca juga: FKKSPG Kirim 13 Atlet Binaan ke PON Papua, Rinold Thamrin: Target Kami 5 Medali Emas

Selain untuk mengupdate data social mapping, aplikasi ini juga bertujuan untuk mengatur sistim keuangan Forum Nagari yang ada di setiap kelurahan. "Sosialisasi ini akan berlangsung dari 29 April hingga 2 Mai mendatang," ujarnya.

Kemudian ketika ditanya kenapa peserta pelatihan ini berasal dari kawasan Ring 1 PT Semen Padang , Dasril mengakui karena di Ring 1 tersebut terdapat Forum Nagari yang merupakan perpanjangan tangan dari CSR Semen Padang .

baca juga: Selama Agustus, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 111 Ribu MT

Namun demikian, kata dia melanjutkan, tidak tertutup kemungkinan daerah lainnya yang ada di luar Ring 1 juga bisa mengikuti pelatihan aplikasi tersebut. "Ini kan baru permulaan. Bisa jadi ke depan daerah di luar Ring 1 juga bisa diberikan pelatihan aplikasi ini," kata Dasril.

Sementara itu, Local Comunity Organizer (LCO) Forum Nagari Lubuk Kilangan, Jufli, menyebut bahwa pelatihan aplikasi SIM data sosial dan LKN dari CSR Semen Padang itu patut diapresiasi, karena menurutnya, sangat bermanfaat untuk kinerja LKN serta Forum Nagari dalam membuat laporan keuangan.

baca juga: Meraih Berkah dari Potensi Kopi Bancah

"Selama ini LKN dan Forum Nagari dalam mempertanggungjawabkan laporannya ke CSR Semen Padang menggunakan sistim manual. Jadi dengan adanya sistim aplikasi ini, maka ke depan penyusunan keuangan LKN dan Forum Nagari akan semakin mudah," ujarnya.

Penulis: Riki