Dukung Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai, Semen Padang Serahkan Bentor dan Material Pengerasan Jalan TPA

Mentri BUMN Rini Soemarno (tengah) didampingi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan sejumlah direktur perusahaan BUMN saat jumpa pers Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai di Muaro Lasak, Pantai Padang.
Mentri BUMN Rini Soemarno (tengah) didampingi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan sejumlah direktur perusahaan BUMN saat jumpa pers Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai di Muaro Lasak, Pantai Padang. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF BUMN Hadir Untuk Negeri kembali digelar di Kota Padang, Minggu, 15 Oktober 2017 pagi. Dalam kegiatan sosial bertajuk “Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai” itu, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama ribuan masyarakat Kota Padang, TNI, pelajar, dan sejumlah pejabat beserta karyawan BUMN yang ada di Padang, membersihkan seluruh sampah yang berserakkan di Pantai Padang.

Total sampah yang terkumpul pada aksi bersih-bersih pantai yang dimulai sejak pukul 06.30 hingga 08.30 WIB tersebut, berjumlah sebanyak 43 ton. Sampah yang terkumpul kemudian dibawa petugas dan relawan kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang menggunakan truk pengangkut sampah ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Padang.

baca juga: PT Semen Padang Bersama 41 BUMN di Sumbar Salurkan 10 Ribu Masker untuk Masyarakat

Baca: Menteri Rini Bersihkan Sampah di Pantai Padang

Di sela-sela kegiatan bersih-bersih pantai tersebut, PT Semen Padang sebagai perusahaan semen yang peduli terhadap lingkungan, menyerahkan bantuan satu unit becak motor (bentor) sampah kepada Pemprov Sumbar secara simbolis. Bantuan bentor itu diserahkan oleh Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Hendi Priyo Santoso kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

"Selain bentor, juga diserahkan secara simbolis bantuan material pengerasan jalan TPA sampah sebanyak 100 truk ke Pemko Padang. Bantuan material itu diserahkan langsung kepada Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Kedua jenis bantuan ini, bersumber dari CSR perusahaan PT Semen Padang yang merupakan unit usaha BUMN di bawah Semen Indonesia ," kata Hendi di sela-sela kegiatan Aksi Nyata Bersih-Bersih Pantai.

Sementara itu, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyebut, bantuan dari PT Semen Padang berupa material pengerasan jalan sebanyak 100 truk itu sangat bermanfaat bagi Pemko Padang, terutama untuk DKP Kota Padang, karena dengan adanya bantuan material tersebut, maka mobilitas truk pengangkut sampah di lokasi TPA bisa berjalan dengan lancar.

baca juga: Erick Thohir Tunjuk Timses Jokowi Jadi Komisaris PLN

"Selama ini banyak truk pengangkut sampah yang kandas di lokasi TPA, karena jalannya tanah. Kalau hujan, jalan tersebut licin dan berlumpur setinggi kurang lebih 30 sentimeter. Mudah-mudahan, bantuan material pengerasan jalan dari PT Semen Padang ini bisa membuat akses truk pengangkut sampah di TPA tidak lagi terganggu," ujarnya.(*)

Penulis: Riki