Semen Padang Group Salurkan Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Semester II 2017 Pada Ribuan Pelajar dan Mahasiswa

Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus menyerahkan secara simbolis bantuan dan beasiswa bagi pelajar
Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus menyerahkan secara simbolis bantuan dan beasiswa bagi pelajar (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang bersama dengan anak perusahaan mereka menyerahkan bantuan
pendidikan dan beasiswa semester II tahun ajaran 2016/2017, kepada pelajar di Kota Padang mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), pada Selasa 19 Desember 2017.

Bantuan yang diperuntukan pada 3.515 pelajar dan mahasiswa tersebut diserahkan secara simbolis di Lantai 1 Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, oleh Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus yang juga didampingi Kepala Biro CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar, serta pejabat terkait lainnya seperti perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Padang, Camat, Lurah, dan lainnya.

baca juga: Kemnaker Sebut Lebih dari 54 Persen Angkatan Kerja Berpendidikan SMP ke Bawah

Bantuan dari PT Semen Padang dan group yang ada dibawah perusahaan BUMN ini pada tahun 2017 untuk program pendidikan tersebut mencapai angka Rp1,7 miliar lebih dengan dua tahap pencairan.

float: left; margin-right: 15px; margin-left: 0px;

baca juga: Kasus Covid-19 Hari Ini Bertambah 997 Orang

Ikut ambil bagian dalam penyaluran bantuan tersebut, selain dari CSR Semen Padang, juga terlibat anak perusahaan seperti PT Pasoka, Classy FM, PT Yasiga Sarana Utama, UPZ Semen Padang.Dalam sambutannya Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus mengatakan, bantuan ini merupakan tahap dua untuk tahun 2017 atau tahun ajaran 2016/2017.

" Bantuan untuk tahun ini jauh meningkat dibanding tahun lalu, dimana pada 2016 angka bantuan pendidikan ini sebesar Rp1,3 miliar, dan pada tahun 2017 sebesar Rp1,7 miliar, dan semoga tahun depan kita bisa kembali meningkatkan anggaran untuk bantuan bagi dunia pendidikan di daerah ini," kata Firdaus.

baca juga: MAN 2 Solsel Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Siswa Melalui Ekskul

Ia menambahkan, perusahaan selalu berkomitmen untuk bersinergi dengan masyarakat dengan berbagai program yang telah dilakukan. Ini merupakan pondasi untuk menjalankan tanggung jawab CSR dan ISO 26000 Social Responsibility.

" CSR merupakan Kebutuhan dan strategi Semen Padang untuk kelansungan hidup perusahaan yang kita cintai ini dan merupakan salah satu tulang punggung bagi Sumatera Barat. Semen Padang juga ingin terus maju dengan masyarakat sekitar, bersinergi dengan masyarakat nagari," jelasnya.

baca juga: Percepatan Vaksinasi, Polres Solsel Sasar Pelajar dan Warga Sekitar Sekolah

Untuk itu Semen Padang dan Nagari bersama-sama membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, sehingga menjadikan masyarakat sejahtera, mandiri dan berkelanjutan.

Melalui bantuan beasiswa dan pendidikan tersebut, direksi dan manajemen Semen Padang berharap perusahaan makin maju kedepannya, sehingga sebagai induk perusahaan PT Semen Padang juga merangkul anak perusahaan untuk terlibat dalam program yang telah dijalankan sejak beberapa tahun terakhir.

"Saya berharap pada tahun mendatang juga akan ada perusahaan lain yang akan bergabung dengan kita untuk semakin meningkatkan program yang telah dijalankan oleh PT Semen Padang ini untuk meningkatkan SDM masyatakat Sumbar dan sekitarnya," tegasnya.

Bantuan yang diberikan Semen Padang ini tidak hanya bagi pelajar yang ada di Sumbar namun juga daerah lain seperti Dumai dan Lampung yang telah lebih dahulu dibagikan.

Untuk daerah Dumai bantuan diberikan pada 25 orang pelajar SD/MI, 13 orang pelajar SMP/MTs, dan 12 orang pelajar SMA/MA. Sementara untuk daerah Lampung diberikan pada 25 orang pelajar SD/MI, 13 orang pelajar SMP/MTs dan 12 orang pelajar SMA/MA.

Sementara itu juga ada pemberian bantuan bagi atlet berprestasi tingkat SD/MI sebanyak dua orang, SMP/MTs sebanyak lima orang, dan SMA/MA sebanyak 23 orang.

Selain itu bantuan lain dapat dirinci dari PT Semen Padang melalui CSR diberikan pada 364 pelajar SD/MI, 241 pelajar SMP/MTs, 176 pelajar SMA/MA, dan 34 orang pelajar di Perguruan Tinggi (PT). Melalui anak perusahaan Classy FM bantuan diberikan pada dua orang pelajar SD/MI, dua orang pelajar SMP/MTs dan satu orang pelajar SMA/Ma.

Bantuan dari tersebut untuk tingkat SD/MI dengan nominal Rp400 ribu, SMP/MTs 500 ribu, SMA/MA Rp750 ribu, sedangkan untuk mahasiswa Rp1 juta per orang.

Sementara itu, melalui anak perusahaan lain seperti PT Pasoka bantuan diberikan pada pelajar SMA/MA sebanyak 50 orang dengan nominal masing-masing Rp1 juta, mahasiswa sebanyak 50 orang dengan masing- masing menerima Rp1.250.000.

Melalui Yasiga Sarana Utama bantuan disalurkan pada SD/MI kepada 61 orang dengan nominal masing-masing Rp1,1 juta, SMP/Mts 15 orang masing-masing Rp1,3 juta, SMA/Ma 13 orang masing-masing Rp1,6 juta, dan tujuh orang mahasiswa masing-masing Rp1,8 juta.

Selain itu melalui UPZ Semen Padang, diberikan beasiswa , berupa beasiswa rutin bulanan kepada 1.356 pelajar dengan nilai total Rp236.400.000. Beasiswa Masuk Sekolah untuk 836 pelajar dengan nominal Rp548.100.000. dan Beasiswa Non Rutin kepada 177 orarang dengan nominal Rp235.922.666.

"Semoga bantuan dan beasiswa yang diberikan PT Semen Padang dan anak perusahaan ini dapat memacu dan meningkatkan motivasi para pelajar untuk meningkatkan SDM mereka, sebab pemberian beasiswa dan bantuan
ini diberikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti salah satunya nilai yang diraih dalam dunia pendidikan ," jelasnya.

Terkait bantuan dan beasiswa tersebut, Kepala Biro CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar menambahkan, pelajar yang mendapatkan beasiswa akan terus dilakukan evaluasi, yang tidak bisa pertahankan nilai tidak dapat pada tahapan berikutnya.

"Harapan kami pelajar pertahankan prestasi. Keberhasilan para pelajar yang mendapatkan bantuan dan beasiswa merupakan suatu kebanggan bagi Semen Padang Group," kata Ikrar.

Sementara itu, salah seorang pelajar kelas III asal SMP 14 Kota Padang Taufik, mengatakan ia telah mendapatkan bantuan atau beasiswa dari Semen Padang tiga kali.

"Saya dudah tiga kali dapat beasiswa dari Semen Padang, sejak naik ke kelas II, dan bantuan ini sangat berarti, untuk kebutuhan sekolah," jelasnya. (*)

Penulis: Eko Fajri