Semen Indonesia Serahkan Bantuan Pendidikan Rp 50 Juta

Staf CSR Semen Padang foto bersama dengan penerima beaaiswa
Staf CSR Semen Padang foto bersama dengan penerima beaaiswa (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -  PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, melalui CSR PT Semen Padang memberikan bantuan pendidikan kepada 20 orang siswa SMK di Sumatera Barat senilai Rp 50 juta, Jumat, 9 Februari 2018.

20 siswa SMK yang menerima bantuan dana pendidikan yakni siswa SMK N 9 dan siswa SMK N 6 Padang. Masing-masing siswa menerima sebesar Rp 2,5 juta.

baca juga: Dukung Pasar Murah Disperindag Sumbar, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Sembako Gratis

"Bantuan pendidikan ini dalam rangka program BUMN Hadir untuk Negeri tahun 2018. Bantuan ini juga merupakan bentuk sinergi BUMN yang ada di Sumatera Barat," kata staf CSR PT Semen Padang , Arya Fahero.

"Ini merupakan bentuk sinergi BUMN yang ada di Sumatera Barat dalam memajukan pariwisata Sumbar. Sinergi itu dilakukan dalam bentuk pemberian bantuan pendidikan kepada sekolah pariwisata yang ada, dalam hal ini kita memilih SMK N 9 dan SMKN 6 Padang," kata Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Muhammad Ikrar saat dihubungi di tempat terpisah.

baca juga: Semen Padang Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity dari The Iconomics

Dikatakannya, PT Semen Padang sebagai holding dari PT Semen Indonesia , Tbk di Sumatera Barat melakukab penyerahan bantuan pendidikan.

"Setelah sebelumnya diserahkan secara simbolis oleh Direktur PT Semen Indonesia di Pantai Muaro Lasak pada Kamis (7/2) kepada pihak sekolah, maka bantuan itu juga langsung kita serahkan kepada siswa sehingga bermanfaat dalam membantu biaya pendidikan di sekolah mereka," jelasnya.

baca juga: Rekrut 3 Pemain Asal Papua dan Lepas 8 Pemain, Ini Kata Manajer SPFC

Bantuan pendidikan yang diberikan diharapkan bisa memotivasi mereka dalam belajar dan meringankan biaya pendidikan. "Karena ini memang kita peruntukkan untuk siswa yang baik prestasi akademiknya, namun agak kurang di bidang ekonominya," beber Ikrar.

Siswa yang menerima bantuan pendidikan ini yakni siswa berprestasi di sekolah dengan ekonomi menengah ke bawah.

"Kita memberikan dana pendidikan kepada siswa yang memiliki prestasi yang baik dengan ekonomi yang kurang. Siswa yang menerima bantuan ini adalah siswa dengan peringkat satu sampai lima di kelasnya. Siswa yang menerima bantuan pendidikan diambil dari dua jurusan yang ada di sekolah ini, yakni Boga dan Perhotelan," kata Kepala Sekolah SMK N 9 Padang, Ariswan.

baca juga: Mengenal Radiologi, Pemeriksaan Medis untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan dalam Tubuh

Ia mengatakan dalam pemberian dana pendidikan ini, pihak sekolah melakukan seleksi terhadap siswa yang berhak menerima dana bantuan itu. "Kita melakukan seleksi dari nilai dan juga ekonomi keluarga mereka. Karena rata-rata di sekolah kita memiliki ekonomi menengah ke bawah," jelasnya.

Dalam program bantuan dana pendidikan ini, pihak sekolah juga akan memberitahukan kepada orang tua murid soal dana bantuan yang diterima oleh siswa. "Hal ini menunjukkan bahwa untuk hal baik, dana atau bantuan akan datang dari pihak mana saja dan dari hal yang tidak disangka, salah satunya dari CSR," katanya.

Salah seorang siswa, Dewi Prabaningtyas dari jurusan Tata Boga mengatakan bantuan dana pendidikan dari PT Semen Indonsia, Tbk ini sangat bermanfaat bagi dirinya. "Ini adalah dana pendidikan pertama yang diterima selama di SMK. Dan ini sangat membantu saya," kata gadis yang memiliki hobi masak ini.

Disisi lain, kepala sekolah SMKN 6, Sarkawi mengatakan bantuan dana pendidikan dari PT Semen Indonesia , Tbk sangat membantu bagi siswanya. "Terutama bagi siswa yang lemah dalam bidang ekonomi," jelasnya.

Siswa yang menerima dana bantuan secara keseluruhan berasal dari kelas XII. Siswa yang menerima dana bantuan berasal dari berbagai jurusan yang ada di sekolah itu.

"Untuk SMKN 6, siswa yang menerima bantuan pendidikan berasal dari jurusan perhotelan, busana butik, tata boga, pati sri, dan kecantikan kulit dan rambut," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan pendidikan ini, siswa semakin semangat dalam belajar. "Dan kami mendoakan PT Semen Indonesia semakin berjaya dan semakin sukses kedepannya. Dan terima kasih kami ucapkan untuk bantuan ini, semoga bermanfaat untuk kita semua," jelasnya.

Dalam penyerahan bantuan dana pendidikan itu, pihak PT Semen Indonesia diwakili oleh CSR PT Semen Padang . Penyerahan langsung dilakukan kepada siswa yang bersangkutan yang disaksikan oleh kepala sekolah dan guru di sekolah itu.(*)

Penulis: Riki