Peduli Pendidikan, Semen Padang Salurkan Beasiswa Kepada 1000-an Pelajar Berprestasi di Kota Padang

Seribuan pelajar dan mahasiswa berprestasi di Kota Padang mendengar sambutan Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) Ampri Setiawan di gedung GSG PT Semen Padang
Seribuan pelajar dan mahasiswa berprestasi di Kota Padang mendengar sambutan Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) Ampri Setiawan di gedung GSG PT Semen Padang (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, PT Semen Padang Grup kembali menyerahkan beasiswa dan bantuan pendidikan kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi di Kota Padang, Senin, 30 Mei 2016.

Kali ini, beasiswa yang dikucurkan mencapai Rp 944.000.000 yang diserahkan kepada 1.342 pelajar dan mahasiswa. Beasiswa tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang , Ampri Setiawan.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril mengatakan, beasiswa senilai hampir Rp1 miliar itu bersumber dari PT Semen Padang Grup, yaitu dari PT Semen Padang , PT Pasoka Sumber Karya dan LAZ Semen Padang .

" Beasiswa itu disalurkan kepada pelajar tingkat SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi di Kota Padang," kata Dasril disela-sela penyerahan Beasiswa dan Bantuan Pendidikan PT Semen Padang Grup di Gedung Serba Guna PT Semen Padang .

baca juga: FKKSPG Kirim 13 Atlet Binaan ke PON Papua, Rinold Thamrin: Target Kami 5 Medali Emas

Bantuan beasiswa dari PT Semen Padang , lanjutnya, berjumlah Rp462.400.000 yang diberikan kepada 350 murid SD, 224 siswa SLTP, 190 orang pelajar SLTA dan mahasiswa sebanyak 26 orang. Kemudian dari PT Pasoka Sumber Karya, berjumlah Rp112.500.000 yang diberikan kepada 50 orang pelajar SLTA, dan 50 orang untuk mahasiswa.

Sedangkan dari LAZ, beasiswa yang dikucurkan berjumlah Rp369.900.000. "Jumlah tersebut, diserahkan kepada 8 orang murid SD, 44 orang pelajar SMP, 151 orang siswa SLTA dan 167 orang mahasiswa," ujar Dasril.

baca juga: Selama Agustus, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 111 Ribu MT

Untuk besaran beasiswa , lanjut Dasril, jumlahnya bervariasi. Beasiswa dari PT Semen Padang untuk masing-masing murid SD berjumlah Rp400 ribu, SLTP Rp500 ribu, SLTA Rp750 ribu dan mahasiswa sebesar Rp1 juta.

Kemudian dari PT Pasoka Sumber Karya untuk SLTA sebesar Rp1.000.0000 juta dan mahasiswa sebesar Rp1.125.000. "Sedangkan dari LAZ, total beasiswa yang diberikan kepada murid SD berjumlah Rp4,2 juta, SLTP dengan total Rp21,6 juta, SLTA Rp138 juta, dan untuk mahasiswa dengan total beasiswa sebesar Rp205 juta lebih," terangnya.

baca juga: Meraih Berkah dari Potensi Kopi Bancah

Bantuan beasiswa ini, katanya, akan terus diberikan secara berkelanjutan, karena bertujuan untuk membangun SDM masyarakat Kota Padang yang sesuai dengan pilar CSR Semen Padang , yaitu Paduli Nagari dan Semen Padang Pandai Nagari.

"Mudahan-mudahan bantuan beaisiswa ini dapat meringankan beban orangtua untukemenuhi kebutuhan pendidikan," ujarnya. Bantuan beasiswa ini, tambah Dasril, ke depan akan terus dikembangkan agar optimal dalam artian, tepat sasaran dan tepat guna.

"Kemudian, kami juga akan terus mempertajam kriteria penerima beasiswa seperti rata-rata nilai sekolah, supaya memotivasi penerima beasiswa untuk meningkatkan prestasinya. Karena, sejumlah penerima beasiswa tahun ini ada yang sudah tiga kali bahkan lebih menerima beasiswa dari PT semen Padang Grup," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Departemen KSU PT Semen Padang , Ampri Satyawan, berharap agar semua penerima beasiswa dari PT Semen Padang Grup dapat meningkatkan prestasi akademiknya.

"Prestasi adalah modal utama meraih kesuksesan. Untuk itu, saya harapkan kepada semua penerima beasiswa untuk rajin-rajin belajar supaya kelak bisa men jadi orang sukses," katanya.

Salah seorang penerima beasiswa bernama Teguh Prasetyo (18), mengaku berterima kasih kepada PT Semen Padang Grup atas perhatiannya kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi di Kota Padang.

"Saya berterimakasih atas beasiswa dari PT Semen Padang Grup. Saya berharap agar PT Semen Padang terus tumbuh bersama masyarakat, karena Semen Padang adalah perusahaan kebanggaan orang Minang," ujarnya.

Mahasiswa Unand jurusan Teknik Mesin itu menambahkan bahwa dirinya, sudah tiga kali menerima beasiswa dari PT Semen Padang Grup. "Sebelumnya, ketika saya masih belajar di SMA Negeri 10 Padang, saya juga dapat beasiswa dari PT Semen Padang Grup," katanya.

Penulis: Riki