Peringati Hari Lansia Nasional, CSR Semen Padang dan Puskesmas Luki Senam Lansia

Para lansia di Lubuk Kilangan mengikuti lomba senam dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di GSG Indarung, Selasa (31/5)
Para lansia di Lubuk Kilangan mengikuti lomba senam dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di GSG Indarung, Selasa (31/5) (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap 29 Mei, Puskesmas Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang menggelar lomba senam dan kreativitas lansia di Gedung Serba Guna (GSG) Indarung, Selasa, 31 Mei 2016.

Kepala Puskesmas Luki Linda Hasmi S.Kep mengatakan, selain dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, lomba senam dan kreativitas ini diadakan, karena harapan hidup masyarakat Kota Padang berada di usia 72 tahun.

baca juga: Menkes: Penanganan Lansia di Indonesia Perlu Contoh Negara Lain

Hal itu, kata Linda, dibuktikan karena semakin banyaknya masyarakat lansia di Kota Padang yang sudah mempertahankan kesehatannya dengan menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta memperbanyak makan buah dan sayur.

"Bahkan bagi lansia yang laki-laki, sudah banyak yang berhenti merokok dan menghindari asap rokok. Begitu juga dengan lansia perempuan," kata Linda saat ditemui KLIKPOSITIF disela-sela lomba senam dan kreativitas.

baca juga:

Lomba senam dan kreativitas yang diadakan atas kerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang ini, lanjutnya, diikuti oleh 14 kelompok lansia di Lubuk Kilangan. Peserta lomba yang keluar sebagai terbaik, nantinya berhak mendapatkan hadiah berupa tropi dan bingkisan.

"Untuk lomba senam, penilaiannya dilihat dari kekompakan pada gerak senam. Kemudian penilaian untuk lomba kreativitas, adalah sekreativ apa para lansia tersebut membuat produk dari bahan-bahan bekas yang didaur ulang," ujarnya.

baca juga:

Sementara itu, Kabid Keuangan dan Administrasi CSR PT Semen Padang, Delfi Adri mengatakan bahwa kegiatan ini, merupakan bentuk kepedulian PT Semen Padang terhadap lingkungannya, khususnya terhadap kesehatan masyarakat di Lubuk Kilangan.

"Kami senang diajak bekerjasama oleh Puskesmas Lubuk Kilangan ini, karena lomba senam dan kreativitas untuk lansia ini juga merupakan salah satu program dari CSR. Untuk itu, kami siap mensuport kegiatan lomba ini sampai selesai. Baik disegi konsumsi maupun lain sebagainya," ujar Delfi Adri.

baca juga:

Penulis: Riki