Yuk Ketahui Pemasaran Non Semen PT Semen Padang

Peralatan Laboratorium PT Semen Padang
Peralatan Laboratorium PT Semen Padang (Depi Putra)

KLIKPOSITIF - PT Semen Padang sebagai perusahaan persemenan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, saat ini tidak hanya memproduksi semen, namun juga memproduksi produk non semen.

Kepala Biro Kepala Biro Quality Assurance PT Semen Padang, Nuralib, memaparkan bahwa saat ini PT Semen Padang juga telah memproduksi berbagai jenis produk di luar semen sebagai produksi pokok perusahaan. "Hal itu seperti pengujian sampel yang dilakukan oleh laboratorium dari pihak luar yang ingin menggunakan jasa pengujian labor kita. Kemudian di bagian worskhop, kita juga menerima order rangkaian produk. Sementara dari bagian Tambang, kita saat ini jug telah memproduksi Split untuk kebutuhan jalan dan lainnya," jelasnya di ruang kerja Quality Assurance PT Semen Padang, Senin 12 Maret 2018.

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

Untuk pengujian sampel di Biro Quality Assurance PT Semen Padang, dilakukan sesuai dengan standar pelayanan internal dan pengujian yang dilakukan dengan sertifikat yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Dalam hal ini, akreditasi yang diperoleh PT Semen Padang sebagai persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi.

"Akreditasi yang didapat laboratorium juga didukung oleh peralatan-peralatan lainnya, seperti Preparasi Sampel Batu Bara, Mill Mini, Bowl Mill, dan Tim Pelayanan Teknis yang siap membantu customer Laboratorium Quality Assurance," ujarnya.

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

Dengan akreditasi yang telah didapat oleh Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang, laboratorium telah mendukung kegiatan operasional perusahaan dan menerima permintaan pengujian dari luar.

Staf Biro Quality Assurance PT Semen Padang, Febrianki menuturkan, untuk pengujian, ada standar yang diberlkukan oleh Laboratorium PT Semen Padang. Standar itu diantaranya SNI, ASTM, BSEN, JIZ, SLS, dan EPI. Sedangkan untuk peralatan yang dimiliki sudah terkalibrasi secara rutin. "Peralatan yang kita miliki di labor sendiri juga alat yang SRD, XRD, Mikroskop terbaru dan lain sebagainya," jelasnya.

baca juga: Dokter Spesialis Olahraga SPH: Rutin Latihan Fisik Selama 30 Menit Turunkan Resiko Terkena COVID-19

Selain itu, pengujian yang dilakukan oleh laboratorium QA PT Semen Padang diantaranya Pengujian Raw Material (Limestone, Silica stone/ Silica sand, Clay, Dolomite, Calcite dan Bottom Ash), Iron Sand (Pasir besi), Sumber Besi lainnya.

Kemudian ada pengujian Gypsum, pengujian Pozzolan/Trass/ Fly Ash, Pengujian Batubara, Pengujian Semen/Klinker, Pengujian Agregat & Grouting, Pengujian Beton, Mix Design Beton, Pengujian Kantong dan Bahan Kantong, dan Sampling serta Preparasi Material.

baca juga: SPH Mudahkan Pasien, Kini Booking untuk Berobat Bisa Melalui WhatsApp dan Website

Pengujian sampel yang dilakukan oleh Biro Quality Assurance PT Semen Padang dilakukan dengan cepat. Dengan berbagai metode yang digunakan, pengujian bisa selesai dalam waktu empat hari hingga seminggu.

"Untuk bahan yang bisa kita uji itu beranekaragam, misalnya pasir besi, clay, beton, silinder, dll. Untuk pengujian yang dilakukan berdasarkan pada tiga unsur yakni sampel, bahan dan waktu," kata Febrianki.

Pengujian yang dilakukan tergantung sampelnya, apakah itu pasir besi, clay atau yang lainnya. Untuk pengujian pasir besi, terkadang kita bisa menghabiskan waktu seminggu. "Dan sekali lagi, untuk pengujian memerlukan waktu pengujian berdasarkan sampel," jelasnya.

Selain mendukung kegiatan operasional perusahaan, laboratorium Quality Assurance juga menerima permintaan pengujian dari pihak luar. Bagi Anda yang ingin menggunakan pengujian di Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang bisa menghubungi Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang di Jalan Raya Indarung- Padang Lubuk Kilangan 25237 dan bisa juga menghubungi line telepon kami di 0751-202876/0751- 202856 atau bisa langsung kontak Ayu Melda dengan nomor WhatsApp: 0813 6307 6661 dan Farida di nomor: 0853 7666 6936, serta bisa menghubungi kami di admin.jkpt @semenindonesia.com (*)

Penulis: Fitria Marlina