Apa Saja Fasiltas Produksi dan Pemasaran Workshop PT Semen Padang?

Salah satu peralatan yang dipakai oleh Workshop PT Semen Padang
Salah satu peralatan yang dipakai oleh Workshop PT Semen Padang (doc)

KLIKPOSITIF - Workshop PT Semen Padang telah aktif memproduksi peralatan pabrik sejak tahun 1986. Pada tahap awal, Workshop mempabrikasi alat – alat transport material, seperti Rubber Belt Conveyor, Screw Conveyor, Bucket Elevator dan Pneumatic Gravity Conveyor.

Kepala Biro Workshop PT Semen Padang, Tarlo Sembiring mengatakan Tahun 1993 Workshop PT. Semen Padang telah mengerjakan peralatan produksi seperti Kiln dan Cement Mill Tube. Peralatan produksi tersebut selain dipakai untuk lingkungan sendiri, juga di fabrikasi untuk pabrik semen lain, seperti PT. Semen Baturaja dan PT. Semen Tonasa serta Lambda Cemex Bangladesh.

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

"Pada tahun 1997 dilakukan pembangunan Pabrik Indarung V (PT. Semen Padang). Pada masa itu Workshop memfabrikasi lebih dari 75% dari total berat (weight base) peralatan produksi pabrik, mulai dari area penambangan sampai ke unit pengantongan," tuturnya.

Pada tahun 1998 Workshop mempabrikasi Fan Casing ABB Soliven Ventek dan mempabrikasi Shell Kiln PT Semen Andalas.

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

"Bengkel Fabrikasi (Workshop) PT. Semen Padang dengan fasilitas yang tersedia bergerak di bidang Manufacturing & Construction Peralatan Pabrik, sedangkan untuk kebutuhan Engineering Workshop didukung sepenuhnya oleh Biro Rancang Bangun PT. Semen Padang," jelasnya.

"Dalam jangka waktu yang lebih dari tiga dasawarsa ini, workshop PT Semen Padang telah mampu untuk memfabrikasi peralatan sebagai berikut, diantaranya maksimal berat produk 247.2 tons/unit, maksimal tebal 120 mm, kapasitas pertahun 2800 tons/year, pekerjaan dilakukan oleh mekanikal," kata Tarlo Sembiring.

baca juga: Dokter Spesialis Olahraga SPH: Rutin Latihan Fisik Selama 30 Menit Turunkan Resiko Terkena COVID-19

"Workshop yang berdiri sejak 1988 memiliki fasilitas, diantaranya; area bengkel tertutup memiliki luas 5.964 m², area terbuka dengan luas 2.550 m², halaman dengan luas 2.268 m², perkantoran dengan luas 450 m²," jelasnya.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan, workshop PT Semen Padang juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yakni gudang dengan luas 1.085 m², Sand Blasting & Painting dengan luas 576 m², Overhead Crane sebanyak 10 Unit ( 5 ton – 50 ton ), Gantry Crane sebanyak 3 Unit (5 ton – 10 ton), dam Single Girder Crane sebanyak 5 Unit ( 1 ton – 3 ton).

baca juga: SPH Mudahkan Pasien, Kini Booking untuk Berobat Bisa Melalui WhatsApp dan Website

Disisi lain, pengerjaan di workshop juga didukung oleh jalan darat dengan batas beban 40 ton dan lebar 7 m. Untuk jalan laut, workshop memiliki dermaga dengan nama PT Semen Padang yang berlokasi di Pelabuhan Teluk Bayur dengan jarak ± 14 Km dari workshop dengan kapasitas 10.000 DWT.

Sementara itu, fasilitas tempat dan peralatan produksi yang dimiliki oleh workshop PT Semen Padang yakni CNC Flame Cutting, Bending Roll Machine, Lathe Machine, Hardfacing Machine, Milling Portable Machine, Boring Portable Machine, Double Column Planing Machine, Fan Balancing Machine, Press Hydaulic Machine, Welding Machine, Blasting & Painting, Compressor, Turning Roll, Forklift, Quality Control (List Peralatan), dan Peralatan Pendukung lainnya.

Hingga saat ini, workshop PT Semen Padang melayani permintaan pekerjaan dari pihak luar. Dan ini tentunya juga sudah mendapatkan izin dan sertifikat dari pihak terkait, diantaranya Welding Engineer (WE) dari Center for Material and Technical Product (B4T). Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi workshop PT Semen Padang di Head Office yang beralamat di Komplek PT. Semen Padang Indarung Padang 25237 Sumatera
Barat Telepon : (0751) – 202160, 202495, Fax : (0751) – 39193 atau email di tarlo.sembiring@semenindonesia.com (*)

Penulis: Fitria Marlina