Bagaimana Pemasaran Split PT Semen Padang?

Split produksi Tambang PT Semen Padang juga telah memenuhi standar nasional dan internasional
Split produksi Tambang PT Semen Padang juga telah memenuhi standar nasional dan internasional (doc)

KLIKPOSITIF - Sebagai perusahaan semen pertama dan tertua di Asia Tenggara, PT Semen Padang terus berinovasi dengan menghasilkan berbagai produk yang tidak hanya semen, namun juga produk non semen.

Kepala urusan penambang soil dan pengolahan agregat, Novrizal mengatakan produk non semen yang diproduksi PT Semen Padang saat ini salah satunya adalah Split. Split sejenis material basa dengan proses melalui pengeboran, blasting dan loading.

baca juga: Dokter Ahli Kandungan SPH: Ibu Hamil Lebih Rentan Terkena COVID-19

"Raw material di proses di Jaw Crawsher sebagai pemecah awal material dengan ukuran 19 cm atau 190 mm. Setelah itu, batu dibawa dengan belt conveyor ke screen, dimana disana ada empat saringan atau ukuran," katanya.

Empat tipe itu yakni; tipe 0-50 cm (abu batu), tipe 1-2 cm, tipe 2-3 cm (20 mm-30 mm), dan tipe 3-5 cm. Didalam screen, secara otomatis ada material yang tidak sesuai dengan ukuran akan masuk materi reject sehingga masuk ke cons cracker dengan membentuk empat ukuran. "Dari cons cracker, material akan kembali screen. Setelah itu baru dibagi menjadi empat tipe yang ada dalam split," tuturnya.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

Split yang diproduksi oleh Tambang PT Semen Padang merupakan split terkuat dan terbaik karena material yang dimiliki adalah material terbaik. "Karena material kita bagus dan keras. Bahan dasar terbaik dari split itu adalah yang keras, dan Semen Padang memiliki itu sebagai material yang sangat bagus untuk memproduksinya," jelasnya.

Selain itu, Split juga telah memenuhi standar nasional dan internasional. Standar nasional ini dibuktikan dengan telah lulus ujicoba laboratorium oleh internal PT Semen Padang dan oleh pihak ketiga (eksternal yang melakukan pengujian).

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

Dikatakannya, material basal yang dimiliki PT Semen Padang merupakan sisipan dari limestone yang juga telah mendapatkan Izin Usaha pertambangan (IUP) dari Kementerian ESDM. "Selain itu, selama ini material yang ada hanya kita manfaatkan untuk internal perusahaan, misalnya pemanfaatan untuk pembangunan akses jalan ke Tambang. Namun saat ini kita telah melayani kebutuhan di luar PT Semen Padang," tuturnya.

Untuk menjamin ketersediaan barang atau split yang dibutuhkan di pasaran. Hal itu dengan produksi yang dilakukan setiap harinya oleh Tambang PT Semen Padang. "Produksi yang kita lakukan untuk saat ini selama 6 jam setiap harinya dengan produksi 1200 ton. Dalam satu jam kita memproduksi 200 ton per jam dengan alat yang baik dan bagus," jelasnya.

baca juga: Komunitas Motor, Sepeda dan Foto Asal PT Semen Padang Gelar Gowes Bareng Lewati Tiga Danau di Solok

Untuk distirbusi split ini dilakukan oleh PT Igasar dan PT Yasiga dalam pembuatan jalan, campuran beton, aspal, dan bantaran rel kereta api. Split PT Semen Padang mulai diproduksi pada September 2017. Walaupun terbilang baru dalam produksi, namun kualitas dan ketersediaan stok dijamin ada oleh Tambang PT Semen Padang.

Jadi tunggu apalagi Positifers, ayuk gunakan produk PT Semen Padang. Produk dari negeri sendiri dan diproduksi oleh anak negeri. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi PT Igasar dan PT Yasiga sebagai distributor. Atau bisa langsung di Head Office yang beralamat di Komplek PT. Semen Padang Indarung Padang 25237 Sumatera Barat Telepon: (0751) – 202160, 202495, Fax : (0751) – 39193. (*)

Penulis: Fitria Marlina