Ini Fasilitas Baru Lembah Wisata Nyarai

Plang penunjuk arah di Lembah Wisata Nyarai yang difasilitasi oleh CSR PT Semen Padang
Plang penunjuk arah di Lembah Wisata Nyarai yang difasilitasi oleh CSR PT Semen Padang (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - PT Semen Padang kembali menggaet generasi Millenial Kota Padang dan sekitarnya, khususnya penggiat media sosial berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam. Dalam kegiatan yang dirancang dengan tema Spacetalk goes to Nyarai - Voluntarism; Feels Good, Looks Good, Does Good, PT Semen Padang menambah beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan tempat wisata Nyarai, yakni tempat sampah dan plang penunjuk arah menuju lokasi wisata.

"Ada 10 unit tempat sampah dan 20 plang penunjuk arah. Fasilitas penunjang untuk lokasi wisata ini telah dikoordinasikan sebelumnya dengan pengelola wisata sehingga nantinya apa yang kita berikan benar-benar bermanfaat menunjang perkembangan wisata," jelasnya.

baca juga: Perjuangan Dokter Paru SPH di Tengah Pandemi; Sempat Jadi Penyintas Namun Tetap Berjuang Kembali Layani Pasien

Dalam kegiatan yang berlangsung seharian itu, peserta ditantang dibagi dalam lima kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari 4 s/d 5 orang. Dua kelompok ditantang memilih sampah plastik selama perjalanan dari posko hingga ke Lembah Nyarai, sedangkan tiga tim lainnya ditantang dengan melakukan pemasangan plang.

"Hal ini jadi tantangan tersendiri bagi peserta menuju lokasi wisata Nyarai. Dimana mereka juga harus menjaga kekompakan dan kerjasama tim, sehingga tidak ada istilah sampai duluan dengan meninggalkan anggota lainnya. Karena tantangan ini juga dinilai," ujarnya.

baca juga: Dokter Ahli Kandungan SPH: Ibu Hamil Lebih Rentan Terkena COVID-19

Dewan juri dalam kegiatan ini, yakni Staf komunikasi PT Semen Padang, Wahyuni Retnowati dan pengelola Nyarai, Ritno Kurniawan. Penilaian dilakukan mulai dari posko awal hingga ke lokasi wiasata Lembah Nyarai. "Kelompok dengan nilai terbaik mendapatkan hadiah menarik," tutur Mikel Muhammad sebagai koordinator lapangan.

Salah seorang peserta, Wella mengatakan kegiatan yang dikemas dengan Voluntarism ini sangat menarik. "Karena kita tidak hanya beriwsata ke lokasi ini, tapi juga menjadi relawan. Dan ini dua kegiatan yang sangat seru sekaligus menantang. Kekompakan tim, keselamatan diri sendiri menjadi hal yang benar-benar harus dijaga hingga samai ke lokasi wisata. Selain itu, hal ini juga mengajarkan kepada kita bagaimana menjadi wisatawan yang baik dan tetap menjaga sikap dan tingkah laku selama perjalanan serta menjaga alam," jelasnya.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

Walaupun lelah selama menempuh perjalanan yang berjarak 5,3 Km, namun hal itu langsung hilang dan terbayar setelah kita sampai di lokasi wisata. "Airnya yang jernih, segar dan bewarna kehijauan mampu menghilangkan letih selama perjalanan," tutur mahasiswa UPI tersebut. (*)

Penulis: Fitria Marlina