Semen Padang Liga Ditabuh, Metamorfosis Sportalympic Bertanda Kemandirian dan Kebersamaan

Ketua FKKSP Group Ampri Setiawan, foto bersama dalam peluncuran Semen Padang Liga
Ketua FKKSP Group Ampri Setiawan, foto bersama dalam peluncuran Semen Padang Liga (KLIKPOSITIF / Eko Fajri)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memasuki tahun 2018 yang bertepatan dengan 60 tahun pengambil alihan pabrik, sebagai bentuk kemandirian dan kebersamaan antara semua karyawan dan bersama-sama mendukung perusahaan, Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) pada Jumat malam (7/7/2018) melaunching bergulirnya Semen Padang Liga, di lantai 1 Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang .

Hadir dalam peluncuran Semen Padang Liga tersebut di antaranya, Ketua FKKSP Ampri Satyawan, Ketua Bidang Olahraga FKKSP Masykur Rauf, Ketua Bidang Komunitas Edi Fahrizal, Ketua Bidang Sosial Hendra Bayu, serta jajaran lainnya baik dari FKKSPG dan juga perwakilan dari FKIK.

baca juga: Liga 1 2020 Dibatalkan, SPFC Bicara Musim 2021 dan Nasib Kontrak Pemain

Semen Padang Liga sendiri merupakan metamorfosis dari iven tahunan Sportalympic ( Semen Padang Sport & Art Olympic), yang terakhir kali dilaksanakan di peruhaan BUMN ini pada tahun 2016, dan sempat ditiadakan pada tahun 2017.

Dibawah kepengurusan baru dengan Ketua FKKSP Ampri Setiawan, mulai tahun 2018, digagaslah Semen Padang Liga dengan konsep yang hampir mirip dengan Sportalympic namun dengan kemandirian terutama pada segi pendanaan iven, serta melibatkan semua anggota FKKSP dan merangkul Forum Komikasi Istri Karyawan (FKIK) untuk terlibat dalam setiap kegiatan Liga ini.

baca juga: Rinold Thamrin, Mantan Dirut PT KSSP Terpilih sebagai Ketum FKKSP Group

"Bisa dibilang ini adalah penyempurnaan sekaligus metamorfosis dari Sportalympic yang selama ini ada di PT Semen Padang dengan iven satu kali satu tahun. Namun bedanya Semen Padang Liga memiliki konsep kontinuitas, yakni akan berlangsun setiap bulannya dengan cabang olahraga ataupun seni yang berbeda setiap bulannya," kata Ampri.

Ia menambahkan, yang paling penting dalam metamorfosis ini adalah konsep pendanaanya, dimana selama ini dalam Sportalympic kita tergantung pada pendanaanya semua dari perusahaan, dan pada ivent Semen Padang Liga pelaksanaanya bersifat mandiri, dengan keikutsertaan semua anggota FKKSP dalam mensukseskan kegiatan ini. Tidak lupa juga ikut berperannya FKIK dalam setiap ivent yang dilaksanakan FKKSP.

baca juga: Kalahkan Chelsea, Leicester City Kudeta MU dari Puncak Liga Inggris

"Jadi Semen Padang Liga ini akan berlangsung setiap bulan, bedan dengan Sportalympic selama ini yang hanya satu kali satu tahun," jelasnya.

Ampri menjelaskan, dengan adanya kegiat bulanan tersebut, tidak hanya akan berdampak untuk menjaga kesehatan karyawan secara jasmani dan rohani, namun juga keakraban, kebersamaan, dan rasa saling memiliki di PT Semen Padang juga akan semakin kuat.

baca juga: Kongres ke-VIII FKKSPG Resmi Dibuka, Ampri Satyawan: Semoga Dapat Melahirkan Keputusan Strategis

"Konsepnya nanti awal bulan sampai sekitar tanggal 28 setiap bulannya akan ada kegiatan cabang olahraga atau seni yang dilombakan, dan pada penghujung bulan kita bikin acara penghargaan bagi yang berprestasi selama satu bulan itu, seperti kegiatan jam session kecil-kecilan, sekaligus hiburan untuk semakin mempererat jalinan silatutahmi tidak hanya sesama karyawan, namun juga ibu-ibu di FKIK Semen Padang ," tegasnya.

Sehubungan dengan Semen Padang Liga tersebut, pada peluncuran Jumat malam, mulai Juli ini dipastikan akan ada dua cabang olah raga yang akan dilaksanakan, yakni basket untuk karyawan pria, dan pertandingan tenis lapangan untuk karyawan perempuan serta ibu-ibu dari FKIK Semen Padang .

Sebagai tanda dimulainya Semen Padang Liga tersebut, Ampri Satyawan Sebagai ketua FKKSP dan juga Masykur Rauf menyerahkan seragam tim basket kepada para peserta yang akan bertanding.

Semen Padang Liga sendiri akan dimulai pada 9 hingga 28 Juli 2018, dimana pada 9 Juli dimulailah pertandingan pertama dicabang basket, sementara untuk tenis lapangan baru akan dimulai pada 18 Juli sebab pendaftaran peserta masih dibuka hingga 15 Juli 2018.

"Pertandingan basket formatnya sistem grup, dimana kita membuat empat grup yang diisi empat sampai lima tim setiap grupnya. Jadi seperti liga. Demikian juga dengan Tenis lapangan, namun kerena pendaftaran masih dibuka masih ditunggu tambahan peserta hingga 15 Juli ini," kata Masykur.

Masykur menambahkan, karena ini konsepnya per bulan, pada Agustus 2018, pertandingan yang akan dilaksanakan juga berbeda, kemungkinan tenis meja, dan juga ada yang berkaitan dengan seni.

"Jadi dalam hal ini setiap bidang yang ada di PT Semen Padang dapat terlibat setiap bulan dalam mensukseskan kegiatan ini, serta keakraban antara setiap karyawan juga semakin kuat," tegasnya. (*)

Penulis: Eko Fajri