Dampingi Kelompok Tani Binaan CSR, Faperta Unand Dapat Bantuan Hand Traktor dari PT Semen Padang

Kepala Biro CSR, Dasril didampingi Kabid DikesosLH menyerahkan bantuan Hand Traktor ke Dekan Faperta Unand  Prof.Ir. Ardi, MSc, Selasa (14/6)
Kepala Biro CSR, Dasril didampingi Kabid DikesosLH menyerahkan bantuan Hand Traktor ke Dekan Faperta Unand Prof.Ir. Ardi, MSc, Selasa (14/6) (Istimewa)

KLIKPOSITIF -- Untuk menunjang proses penelitian dan pratikum mahasiswa, PT Semen Padang menyerahkan bantuan satu unit Hand Traktor kepada Fakultas Pertanian (Faperta) Unand, Selasa, 14 Juni 2016.

Bantuan sarana pendidikan itu diserahkan langsung oleh Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Dasril kepeda Dekan Faperta Unand, Prof.Ir. Ardi, MSc di Aula Faperta Unand, Kampus Limau Manis, Padang.

baca juga: Tanam Pohon Gaharu, Kelompok Tani Binaan CSR PT Semen Padang Dipuji Faperta Unand

Baca juga:  Tanam Pohon Gaharu , Kelompok Tani Binaan CSR PT Semen Padang Dipuji Faperta Unand

Penyerahan bantuan itu, juga disaksikan oleh sejumlah staf CSR dan Pembantu Dekan II Faperta Unand Dr.Ir. Yaherwandi, MSi, sejumlah dosen, pegawai serta sejumlah mahasiswa Faperta Unand.

baca juga:

Dekan Faperta Ardi dalam sambutannya mengatakan sangat berterimakasih atas bantuan hand traktor dari PT Semen Padang. Bantuan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk proses penelitian dan pratikum.

"Kami punya 30 hektare lahan pertanian di lingkungan Unand. Sebagian besar lahan itu telah dijadikan kebun dan sawah untuk penelitian dan praktikum. Jadi, bantuan ini akan kami manfaatkan untuk proses penelitian dan pratikum di lahan 30 hektare tersebut," katanya.

baca juga:

Sementara itu, Kepala Biro CSR, Dasril mengatakan bahwa bantuan hand traktor ini diserahkan kepada Faperta Unand, merupakan tindaklanjut dari kerjasama PT Semen Padang dengan Faperta Unand yang telah berlangsung sejak 2015 lalu.

Kerjasama tersebut, kata Dasril, terkait penanaman pohon produktif gaharu yang dilakukan kelompok tani binaan CSR Semen Padang di tiga kelurahan yang ada di Ring 1 perisahaan, yaitu Kelurahan Batu Gadang, Lambung Bukit dan Limau Manis Selatan.

baca juga:

Dalam kerjasama itu, Fakultas Pertanian Unand menyatakan siap mendampingi para kelompok tani binaan CSR Semen Padang agar gaharu yang ditanam itu bisa berkembang dengan baik.

"Jika gaharu berkembang dengan baik, maka perekonomian para petani di tiga kelurahan di Ring 1 PT Semen Padang itu akan meningkat. Sebab, pohon gaharu punya nilai ekonomis yang cukup tinggi," kata Dasril.

Sebelumnya, pakar pertanian dari Fakultas Pertanian Unand, Beni Satria, menilai bahwa penanaman pohon gaharu yang dilakukan kelompok tani binaan CSR PT Semen Padang sangat menjanjikan, karena memiliki nilai ekonomis yang begitu tinggi.

" Gaharu itu manfaatnya banyak. Seperti daun dan pucuk gaharu misalnya, itu bisa bisa diproduksi menjadi teh kesehatan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, struk, jantung, menopause dan menambah stamina," katanya kepada KLIKPOSITIF beberapa waktu lalu.

Kemudian gubal (kayu yang lunak antara kulit dan teras) gaharu. Selain bisa digunakan untuk obat berbagai jenis penyakit, sebut Beni, gubal tersebut juga dapat mengharumkan ruangan. "Bahkan, gubal itu banyak dijadikan sebagai bahan campuran untuk pembuatan biang parfum," bebernya.

Dosen Faperta Unand itu menyebut bahwa gubal gaharu nilai ekonomisnya sangat tinggi dibandingkan daun dan pucuk gaharu . Bahkan untuk gubal, harganya mencapai Rp250 juta perkilogram.

"Itu untuk gubal berkualitas super. Gubal ini ada 13 kualitasnya. Mulai dari super hingga terendah. Kualitas paling rendah saja harganya mencapai Rp500 ribu perkilogram. Artinya, usaha ini sangat menjanjikan dan sayang jika tidak dikelola dengan baik," tuturnya.

Penulis: Riki