CSR Semen Padang Raih Stand Terbaik III di Pekanbaru

Tim CSR Semen Padang bersama pelaku UMKM binaan foto bersama di depan stand pameran Pekanbaru Fair dan Ekspo
Tim CSR Semen Padang bersama pelaku UMKM binaan foto bersama di depan stand pameran Pekanbaru Fair dan Ekspo (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Stand mitra binaan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Semen Padang , berhasil meraih terbaik III pada Pekanbaru Fear dan Exspo 2018 yang digelar sejak 1-5 Agustus 2018 di Gedung Pustaka Riau, Kota Pekanbaru .

Penghargaan Stand Terbaik III itu, diserahkan langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT kepada Kepala Bidang Kemitraan CSR Semen Padang , Satrio Rian Bhakti disela-sela penutupan Pekanbaru Fear dan Exspo.

baca juga: Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan Raya Padang-Solok, PT Semen Padang Kerahkan Relawan TRC

Satrio mengaku bersyukur telah meraih Stand Terbaik III, mengingat pada pameran yang digelar dalam rangka HUT Kota Pekanbaru ke-234 itu, diikuti lebih kurang 50 UMKM dari berbagai daerah di Pulau Sumatera dan Jawa.

"Alhamdulillah, penghargaan ini semakin menambah motivasi kami dan UMKM binaan kami untuk terus meningkatkan partisipasi dalam berbagai pameran," kata Satrio kepada KLIKPOSITIF .com, Selasa, 7 Agustus 2018.

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

Pada Pekanbaru Fear dan Exspo kemarin, Satrio me yebut bahwa Semen Padang mengirim tiga pelaku UMKM binaan CSR untuk berpartisipasi dalam pameran di 'Kota Lancang Kuning' tersebut.

Ketiga UMKM itu adalah usaha randang Andira di Kota Payakumbuh, usaha Songket Pandai Sikek milik Limpapeh Galeri dari Tanah Datar, dan Berkat Usaha dari Padang yang memproduksi berbagai jenis ripik.

baca juga: Sertifikat Halal, Sri Mulyani Minta Jangan Bebani Industri

"Pameran ini kami ikuti, agar pelaku UMKM binaan kami bisa terus berkembang dan usahanya bisa dikenal oleh masyarakat karena pameran itu adalah bagian dari usaha CSR untuk mempromosikan produk usaha pelaku UMKM binaan," ujarnya.

Pameran di Pekanbaru itu, lanjut Satrio, hasilnya di luar ekspektasi CSR Semen Padang , karena laris manis. Bahkan, produk randang Andira dan keripik Berkat Usaha pun habis terjual sebelum Pekanbaru Fear dan Exspo berakhir.

baca juga: Semen Padang Adakan Webinar Cegah COVID-19 untuk Istri Karyawan

"Karena sudah habis, kedua UMKM itu mengirim kembali produk-produknya untuk dijual selama pameran. Dan alhamdulillah, produk yang didatangkan itu juga laku terjual di pameran," bebernya.

Bagi CSR Semen Padang , kata Satrio melanjutkan, pameran ini diikuti, karena bagian dari komitmen CSR untuk membina pelaku UMKM binaan menjadi mandiri. Bahkan, selama 2018 ini, sudah lima kali CSR mengirim pelaku UMKM binaan untuk mengikuti pameran.

"Di bulan ini, kami juga mengirim pelaku UMKM binaan untuk mengikuti dua pemaran, yaitu di Pariaman Ekspo yang digelar pada tanggal 11-16 Agustus mendatang dan di Sumsel Ekspo yang digelar dalam rangka memeriahkan Asean Games 2018 pada 16-24 Agustus mendatang," tuturnya.

Sementara itu, pemilik Adira Randang, Yulia Nora mengaku bersyukur diikutikan pada pameran Pekanbaru Fear dan Exspo. Sebab, melalui paneran itu usahanya jadi laku terjual. Selain itu, pelanggan pun juga bertambah.

"Jadi melalui pameran itu, pengunjung yang datang tidak hanya membeli produk yang dijual, tapi juga datang untuk meminta nomor ponsel saya jika suatu saat, pengunjung tersebut ingin memesan randang yang saya produksi," kata Yulia.

Ia pun juga bersyukur bisa menjadi UMKM binaan dari CSR Semen Padang . Sebab, selain bunga modal usaha yang dipinjamkan rendah, CSR juga memfasilitasi mitra binaan untuk mengikuti pameran.

"Nah, salah satunya pemaran di Pekanbaru itu. Bahkan semua biaya pameran ditanggung oleh CSR . Semoga ke depan, Semen Padang terus maju dan berkembang, sehingga CSR -nya juga ikut maju, termasuk pelaku UMKM binaan," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki Suardi