Dapat Paket Sembako dari Semen Padang, Ini Kata Korban Terdampak Banjir di Sungai Sapih

Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada Lurah Sungai Sapih. Bantuan ini akan diserahkan langsung oleh pihak kelurahan kepada korban terdampak banjir beberapa waktu lalu
Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada Lurah Sungai Sapih. Bantuan ini akan diserahkan langsung oleh pihak kelurahan kepada korban terdampak banjir beberapa waktu lalu (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Masyarakat Gunuang Saangku, RT03/RW03, Kelurahan Sungai Sapih, Kuranji, Kota Padang, mengaku merasa terbantu atas bantuan paket sembako yang diserahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang .

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini, karena dapat mengurangi beban kami pascabanjir menggenangi rumah kami," kata warga Sungai Sapih, Fitri (47), kepada KLIKPOSITIF  saat ditemui usai menerima bantuan sembako dari TRC Semen Padang di Kantor Lurah Sungai Sapih, Selasa, 21 Juni 2016.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

Selain Fitri, hal yang sama juga diungkapkan Ketua Kelompok Siaga Bencana (KSB) Sungai Sapih, Tati Yusmita. Dikatakannya, bantuan dari TRC ini merupakan kali kedua dikirimkan ke Kelurahan Sungai Sapih. "Sebelumnya, bantuan berupa air bersih dan mineral juga didrop oleh TRC Semen Padang ke Sungai Sapih," ujarnya.

baca juga: FKKSPG Kirim 13 Atlet Binaan ke PON Papua, Rinold Thamrin: Target Kami 5 Medali Emas

Anggota TRC Semen Padang (kiri) menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga Batung Taba secara simbolis kepada Lurah Batung Taba, Syofyan Noor

Selain bantuan paket sembako dari TRC Semen Padang , sehari pascabanjir juga mengalir bantuan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang."Bantuan tersebut berupa nasi bungkus untuk makan sahur warga. Jumlahnya 150 bungkus," kata Yati.

baca juga: Selama Agustus, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 111 Ribu MT

Banjir yang terjadi pada 16 Juni kemarin, kata dia menambahkan, merupakan yang kedua kali terjadi sejak 2016. Pada awal Mei lalu, banjir hingga setinggi dada orang dewasa melanda kawasan Gunuang Saangku. 

"Kemudian banjir pada pertengahan Juni kemarin, ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Akibat bencana banjir tersebut, kerugian materil mencapai sekitar Rp20 juta," ujarnya.

baca juga: Meraih Berkah dari Potensi Kopi Bancah

Anggota TRC Semen Padang (kiri) menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban terdampak banjir Padang di Kompleks Filano Damri Tabing Kecamatan Padang Utara.

Sementara itu, Kepala Biro Humas PT Semen Padang , Iskandar Z Lubis menuturkan bantuan untuk korban banjir Padang ini berasal dari PT Semen Padang , PT Pasoko Sumber Karya, Varia Usaha Gresik dan dari Alumni ITB Pengda Sumbar.

Selain ke Gunung Saangku, Kelurahan Sungai Sapih, Kuranji, bantuan yang dihimpun oleh TRC ini juga diserahkan ke beberapa lokasi terdampak banjir, yaitu ke Batung Taba, Pampangan dan Ampalu Kecamatan Lubeg, serta ke Kompleks Filano Damri Tabing Kecamatan Padang Utara.

"Bantuan dari Semen Padang ini sekaligus program CSR Mambangun Nagari. Dalam program itu, ada pilar peduli, yaitu peduli terhadap lingkungan," ujar Iskandar usai menyerahkan bantuan paket sembako secera simbolis ke Lurah Sungai Sapih, Asnawati.

Anggota TRC Semen Padang (kiri) menyerahkan bantuan paket sembako kepada Ketua RT01/XIX Ampalu Lubeg, Mardi

Sebelumnya, PT Semen Padang kembali menyalurkan bantuan kepada korban banjir yang terjadi pada 16 Juni 2016 kemarin. Bantuan berupa paket sembako sebanyak 431 paket itu, disalurkan langsung oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang di tiga kecamatan di Kota Padang, yaitu Lubeg, Kuranji dan Padang Utara.

Koordinator Bidang Logistik TRC Arfan Asmara mengatakan, untuk Kecamatan Lubeg, bantuan disebarkan ke RW VII, RT 01 dan 02 Kelurahan Batung Taba dengan jumlah 135 paket, RT 01/XIX Ampalu sebanyak 50 paket dan di RT 03/RW IV Pampangan sebanyak 103 paket.

Kemudian untuk Kuranji, bantuan disebar di Gunuang Saangku dengan jumlah sembako sebanyak 103 paket dan untuk Kecamatan Padang Utara, disalurkan di Kompleks Filano Damri Tabing dengan jumlah sembako sebanyak 40 paket.

"Dua hari pascabanjir, yaitu pada 19 Juni kemarin, TRC juga menyalurkan bantuan air bersih dan mineral kepada masyarakat terdampak banjir di Gunuang Saangko, Pampangan dan Ampalu. Bahkan disaat terjadinya banjir, TRC juga turun untuk melakukan evakuasi korban banjir," ujarnya.

Penulis: Riki