Ini Deretan Prestasi Tim Inovasi Semen Padang Dalam dan Luar Negeri

Tim Lift Blade yang mewakili PT Semen Padang di ajang Asia Pacific Quality Organization (APQO) International Conference yang ke-24 di Abu Dhabi
Tim Lift Blade yang mewakili PT Semen Padang di ajang Asia Pacific Quality Organization (APQO) International Conference yang ke-24 di Abu Dhabi (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sepanjang tahun 2018, PT Semen Padang banyak meraih penghargaan diberbagai bidang, termasuk bidang inovasi . Penghargaan inovasi yang diraih kurang lebih 18 penghargaan. Penghargaan inovasi terbaru di raih pada ajang Asia Pacific Quality Organization (APQO) International Conference yang ke-24 di Abu Dhabi pada 10 - 12 Desember 2018. Dalam ajang itu, PT Semen Padang sukses meraih prestasi tertinggi pada ajang bergengsi tersebut, dengan menyabet 3 Star.

APQO adalah organisasi otonom, non-politik, nirlaba, ilmiah dan teknis di wilayah Asia Pasifik yang ditetapkan Dewan Inti. Asia Pasifik termasuk negara-negara di Asia dan yang terletak di dekat Lingkar Pasifik. Organisasi yang berusia lebih dari 30 tahun berisikan negara-negara seperti Australia, Kanada, Chili, Cina, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Meksiko, Nepal, Selandia Baru, Pakistan, Peru, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Vietnam. Ajang ini diikuti oleh 29 tim dari 6 negara yakni, Indonesia, Singapura, Malaysia, UEA, Srilanka, dan India. Dari Indonesia juga berpartisipasi, PT. Pertamina, PT. Pelindo II, PT. Pupuk Kaltim, PT. Krakatau Tirta Industrial.

baca juga: Yuk Ikut Vaksinasi di SPH dan Kantor Lurah Indarung Hingga 16 Oktober Mendatang

Kepala Biro Komunikasi dan Umum PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan prestasi ini merupakan hal luar biasa bagi PT Semen Padang. Kita berharap ini bisa jadi penyemangat dalam melakukan inovasi di bidang manapun di setiap unit kerja.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Biro Inovasi dan TPM Fery Sarvino mengatakan prestasi yang diraih inovator PT Semen Padang merupakan hal terbaik. Ini hal itu merupakan prestasi dari para inovator di PT. Semen Padang. Sebelum berangkat, Tim ini telah mempersiapkan diri dari beberapa bulan yang lalu. "Persiapan yang matang tentunya menghasilkan prestasi yang baik. Tim bekerjasama dengan pengelola inovasi mulai dari persiapan bahan presentasi berbahasa Inggris, sampai latihan untuk presentasi. Kami berharap prestasi ini dapat berlanjut dan menjadi pemicu munculnya inovasi dan improvement yang membawa dampak positif bagi perusahaan," katanya.

baca juga: Kota Solok Selesaikan Roadmap Inovasi 2021

Ia mengatakan dukungan dari BOD juga sangat kuat. Hal ini terbukti dengan pelepasan tim untuk keberangkatan oleh Direktur Utama dan Direktur Operasi yang memberikan arahan dan masukan terhadap inovasi dari Tim Lift Blade ini, termasuk dukungan dari Pimpinan unit kerja (Ka. Dept. Pengadaan) yang memfasilitasi hingga tim ini bisa berangkat dan meraih prestasi terbaik.

Tema inovasi tim tentang pembuatan alat bantu untuk mengangkat kertas kraft (bahan kantong semen) sehingga bisa menghilangkan kerusakan kertas kraft jika menggunakan metoda lama. Kertas kraft yang rusak selama ini tidak bisa digunakan dan menjadi sampah yang harus dimusnahkan. " Inovasi ini telah memberikan benefit bagi perusahaan. Improvement ini menggunakan biaya yang rendah tetapi menghasilkan output yang besar," jelasnya.

baca juga: Mengenal Perawatan Kegawatan Jantung dan Pembuluh Darah pada Pasien Covid-19

"Selain benefit secara keuangan, tentunya ini memberikan citra positif terhadap perusahaan, di mana PT Semen Padang berkomitmen menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan juga prestasi ini menunjukkan pada dunia internasional bahwa PT. Semen Padang merupakan bagian dari industri semen di Indonesia yang mampu bersaing secara global," tuturnya.

Peningkatan kinerja PT Semen Padang dengan banyaknya inovasi yang telah diaplikasikan tentunya memberikan multiplier effect terhadap pemerintah daerah. "Tim ini dalam presentasinya juga menunjukkan posisi PT. Semen Padang yang beradadi wilayah Sumatera Barat, sehingga kami berharap kehadiran tim PT. SemenPadang di ajang internasional juga mampu
memberikan informasi mengenai Sumatera Barat," jelasnya.

baca juga: MTs Lubuk Kilangan Laksanakan Vaksinasi untuk Siswa

Disisi lain, perusahaan sangat memperhatikan kegiatan inovasi . Internalisasi inovasi sebagai budaya positif terus dilakukan secara berkelanjutan. "Setiap tahun diadakan kegiatan Semen Padang Improvement Event (SPIE) yang dilakukan untuk menilai kelayakan kegiatan inovasi serta sebagai apresiasi terhadap para inovator yang telah berkontribusi. Selain itu, setiap bulannya, pengelola inovasi mendorong ide inovasi dari seluruh unit kerja untuk didaftarkan dan dilanjutkan dengan proses penilaian metode inovasi (Plan, Do, Check & Action)," katanya.

Sepanjang perjalanannya, PT Semen Padang telah banyak menorehkan prestasi dalam bidang inovasi , baik nasional maupun internasional. Prestasi itu diantaranya:

a. Semen Indonesia Innovation Award 2018

- Juara 1, Kategori Teknologi dan Proses Produksi Tambang dan Raw Mill a.n
tim Startrek QCX dari Dept. Ops. Produksi V

- Juara 1, Kategori Proyek Kendali Mutu a.n Tim Smart JPV V dari Dept. Ops.
Produksi V

- Juara 1, Kategori Sistem Saran a.n Tim Gravitasi dari Dept. SDM (unit Biro
Sarana Umum)

- Juara 2, Kategori 5P a.n Tim Berlian dari ICT

- Juara 2, Kategori Produk dan Bahan Baku a.n Tim One Day dari Dept. Ops.
Produksi II/III

- Juara 3, Kategori Gugus Kendali Mutu a.n Tim Cooler 23 dari Dept. Ops.
Produksi II/III

- Juara 3, Kategori Teknologi dan Proses Produksi Tambang Raw Mill a.n Tim
Bridge dari Dept. Ops. Produksi V

- Juara 3, Kategori Teknologi dan Proses Produksi Kiln Packer a.n Tim Dryer
dari Dept. Ops. Produksi V
untuk ajang SMIIA ini inovator dari PTSP merebut
medali dari hampir semua kategori yang diperlombakan

b. TKMPN (Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional ) ke XXII tahun 2018

- Predikat Platinum, a.n Tim Extrill dari Dept. PDSP

- Predikat Gold, a.n Tim The Roller dari Dept. Ops. Produksi IV

- Predikat Gold, a.n Tim Tageh 23 dari Dept. Ops. Produksi II/III

- Predikat Gold, a.n Tim Bridge dari Dept. Ops. Produksi V

- Predikat Gold, a.n Tim Mobile Bridge dari Dept. Pengadaan

c. Penghargaan Internasional

- ICQCC (International Convention on Quality Control Circle) di Singrapura

- Predikat Gold, a.n Tim Priority dari Dept. Teknik Pabrik

- Predikat Gold, a.n Tim Professor dari Dept. Teknik Pabrik

- APQO (Asian Pacific Quality Organization) International Conference di Abu
Dhabi
- Predikat Three Star (pengharagaan tertinggi) a.n Tim Lift Blade dari
Dept. Pengadaan.

Ia menuturkan kegiatan inovasi ini sangat penting untuk memenangkan persaingan global. "Hampir seluruh perusahaan menggunakan tag line yang sama saat ini " Inovasi atau mati". Dari Pengelola Inovasi PT. Semen Padang juga memberikan tag line untuk memotivasi "kalau nio hasil beda, jan pakai caro lamo"," tuturnya.

Total ide inovasi yang teregister di pengelola inovasi (Biro TPM dan Inovasi ) s.d saat ini berjumlah 139 ide, dan diprediksi menghasilkan benefit lebih dari Rp. 10 M. Ide inovasi yang teregister ini akan dilakukan verifikasi secara internal oleh para verifikator yang sudah mendapat pelatihan penjurian dan juga beberapa juri internal ini telah berstatus Juri Nasional untuk kegiatan konvensi mutu. (*)

Penulis: Fitria Marlina