SP-Unand Teken MoU Terkait Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Dirut PT Semen padang, Yosviandri disampingi dewan direksi lainnya, bersalaman dengan Rektpr Unand, Tafdil Husni usai meneken MoU di Kantor Pusat Semen Padang.
Dirut PT Semen padang, Yosviandri disampingi dewan direksi lainnya, bersalaman dengan Rektpr Unand, Tafdil Husni usai meneken MoU di Kantor Pusat Semen Padang. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan daya serap tenaga kerja terampil yang tinggi, mendukung program Forum Human Capital Indonesia (FHCI) berupa program magang bersertifikat bagi mahasiswa.

Dukungan dari perusahaan semen di Sumatera Barat itu, dibuktikan dengan adanya penandatanganan kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) antara Semen PT Padang dengan Universitas Andalas ( Unand ), yang digelar di Lantai I Kantor Pusat PT semen Padang, Rabu, 1 Januari 2019.

baca juga: Semen Padang Salurkan 7.050 Paket Sembako Tahap II untuk Warga Terdampak COVID-19

MoU tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang merupakan bagian dari program FHCI tersebut, ditandatangani oleh Direktur PT Semen Padang Yosviandri dan Rektor Unand Tafdil Husni. 

Pada penandatangan kerjasama tersebut, turut hadir Direktur Operasional PT Semen Padang Firdaus, dan Direktur keuangan Tri Hartono Rianto.

baca juga: Semen Padang Bagikan 25 Ekor Hewan Kurban, Diserahkan Secara Simbolis dengan Mengadaptasi Kebiasaan Baru

Juga hadir jajaran staf pimpinan PT Semen Padang , Kadep Komunikasi & Hukum Perusahaan, Oktoweri, Kadep Produksi Semen, Juke Ismara, Kadep SDM & Umum, R Trisandi Hendrawan, Kadep Produksi Terak, Admartin, dan Kepala Internal Audit, Asri Mukhtar.

Dirut PT Semen Padang Yosviandri mengatakan, pihaknya mendukung program magang bersertifikat ini, karena bertujuan untuk membangun link dan match antara pendidikan dengan kebutuhan industri, dan sekaligus juga bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang handal di masa depan. 

baca juga: Petugas Kontrol Tower Meninggal Usai Jatuh dari Tower Lantai 6 Gedung Perpustakaan Unand

" Semen Padang siap membantu mahasiswa untuk menyelaraskan pengetahuan yang dibutuhkan di lapangan, sehingga nantinya, mahasiswa tersebut apabila telah menyelesaikan pendidikannya, dapat menjadi tenaga terampil yang siap pakai di industri," kata Yosviandri usai MoU dengan Unand , Rabu.

Program magang bersertifikat ini, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan program magang lainnya. Kalau program magang lainnya itu hanya bersifat kerja praktek, pada program magang bersertifikat ini, tentunya mereka akan mendapat bimbingan oleh ahli berkompeten di masing-masing unit kerja.

baca juga: Pandemi Covid-19, Kampung Cyber Koto Lalang Sediakan Internet Gratis untuk Siswa Belajar Daring

"Selama mengikuti program PMMB di Semen Padang , mereka akan diberikan pengetahuan tambahan tentang unit kerja, mempraktekkan ilmu yang didapatkan di kampus untuk diterapkan di lapangan, berdiksusi memecahkan masalah dengan pembimbing dan lain sebagainya," ujar Yosviandri.

Kadep SDM & Umum PT Semen Padang R Trisandi Hendrawan, mengatakan PMMB dengan Unand ini, terbuka untuk 20 mahasiswa dari empat jurusan di Unand , yaitu Teknik Elektro, Mesin, Industri dan Informatika.

Mahasiswa tersebut, nantinya akan ditempatkan di sembilan unit kerja di lingkungan PT Semen Padang . Di antaranya, Biro Pemeliharaan Pabrik, Biro Perencanaan dan Evaluasi Teknis, Biro Sistim Informasi Pabrik, serta Biro Inspeksi dan Pengendalian Pemeliharaan.

Untuk seleksi penerimaan mahasiswa magang tersebut, diserahkan ke Unand . Jika jumlah mahasiswa yang lolos seleksi nantinya melebihi dari 20 orang tersebut, baru diseleksi PT Semen Padang .  Seleksi berupa tes kemampuan akademik.

Selama mengikuti PMMB di Semen Padang , Trisandi menuturkan bahwa mahasiswa nantinya juga akan mendapatkan beberapa kewajiban dari Semen Padang , yaitu kontrak magang selama enam bulan, BPJS Tenaga kerja, ID Card dan alat pengaman diri di lapangan.

Mahasiswa juga akan mendapatkan uang saku oleh perusahaan. Selama ini, sebut Trisandi, PT Semen Padang telah memfasilitasi program Praktek Kerja Industri yang diikuti oleh siswa SMK dan mahasiswa. Program ini, kata dia, merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, dan juga dunia pendidikan. 

"Bahkan setiap tahunnya, Semen Padang telah menerima sekitar 1000 siswa SMK dan mahasiswa yang mengikuti program Praktek Kerja Industri tersebut, dan mereka tersebar di seluruh unit kerja di lingkungan PT Semen Padang ," beber Trisandi.

Rektor Unand , Tafdil Husni mengatakan bahwa kerjasama demngan Semen Padang dalam program PMMB ini merupakan yang pertama. Ia berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan daya saing mahasiswa Unand dalam menghadapi industri kerja sebenarnya.

"Program ini besar manfaatnya bagi Unand , karena Dikti sendiri mewajibkan mewajibkan setiap lulusan perguruan tinggi punya surat pendamping yang bersertifikat selain ijazah. Ini merupakan salah satunya," kata Tafdil.

Kerjasama PMMB dengan Semen Padang yang akan dimulai pada Februari mendatang itu, tambahnya, juga akan terus dikembangkan.  "Kalau sekarang dimulai dari Faklutas Teknik, ke depan akan kita kembangkan ke sejumlah faklultas lainnya, seperti hukum, ekonomi dan akutansi," tuturnya.(*)

Penulis: Riki Suardi