Sejahterakan Lingkungan, Semen Padang Bina Puluhan UKM di Sumbar

Puluhan UKM di Sumbar yang menjadi mitra binaan PT Semen Padang, mengikuti pembekalan di Gedung Serba Guna PT Semen Padang di Indarung, Rabu, (29/6)
Puluhan UKM di Sumbar yang menjadi mitra binaan PT Semen Padang, mengikuti pembekalan di Gedung Serba Guna PT Semen Padang di Indarung, Rabu, (29/6) (M.Noli Hendra/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Sebagai BUMN persemenan yang peduli terhadap kesejahteraan lingkungan, PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility (CSR), kembali membina pelaku UKM yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Barat,

Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril, mengatakan, ada 54 pelaku UKM yang dibina pada triwulan II tahun 2016 ini. Mereka, berasal dari Solok Selatan, Padang, Solok, Pesisir Selatan, Dharmasraya, dan Mentawai.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

Sebelum dibina atau diberi pinjaman modal untuk memulai atau mengembangkan usahannya, Dasril juga menyebut bahwa puluhan UKM ini juga diberikan pembekalan seperti sosialisasi peraturan program kemitraan, pelatihan pembukuan sederhana, serta diskusi.

"Pembekalan ini diberikan, karena dalam menjalani usaha, pengelolaan keuangan harus bagus sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan," katanya disela-sela kegiatan pèmbakalan UKM , di Gedung Serba Guna PT Semen Padang , Rabu, 29 Juni 2016.

baca juga: FKKSPG Kirim 13 Atlet Binaan ke PON Papua, Rinold Thamrin: Target Kami 5 Medali Emas

Setelah menjalani pemebakalan serta diberikan pinjaman modal usahaa, Dasril juga menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi guna mengetahui apakah ada permasalahan yang dihadapi oleh para UKM binaan.

"Jika ada, maka kami dari CSR PT Semen Padang melakukan pembinaan lanjutan. Artinya, kami tidak hanya memberikan pinjaman modal usaha, tapi juga memberikan solusi kepada UKM untuk mengembangkan usahanya," ujar Dasril.

baca juga: Selama Agustus, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 111 Ribu MT

Dasril menjelaskan proses mencari pelaku UKM yang berminat untuk dibina. Katanya, 54 pelaku UKM yang menjadi binaan CSR PT Semen Padang pada triwulan II ini, berdasarkan hasil sosialisasi CSR PT Semen Padang yang dilakukan di kabupaten/kota di Sumbar beberapa waktu lalu.

Sosialisasi juga bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi di kabupaten/kota setempat. Setelah sosialisasi dilakukan, dibukalah kesempatan untuk pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya melalui proposal yang diajukan ke CSR PT Semen Padang .

baca juga: Meraih Berkah dari Potensi Kopi Bancah

"Proposal yang masuk kemudian diseleksi. Bagi proposalnya meyakinkan, barulah dijadikan mitra binaan. Artinya, kami sangat selekstif untuk membantu mana pelaku UMKM yang pantas dibantu dan mana yang tidak," beber Dasril.

Ia menambahkan hingga Juni tahun 2016 ini, ada sekitar 1.900 UKM aktif yang telah dibina PT Semen Padang melalui CSR. Seribuan pelaku UKM itu, sebutnya, tersebar di kabupaten dan kota di Sumbar.

"PT Semen Padang akan terus memperbanyak UKM untuk dibina, karena banyaknya UKM yang berhasil, tentu akan membuat perekonomian Sumbar menjadi lebih baik," pungkasnya. [M.Noli Hendra]

Penulis: Riki