PT Semen Padang Raih Penghargaan KPP LTO III

Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto menerima penghargaan dari Kepala KPP LTO III, Abdul Manan atas kontribusi dan peran aktif PT Semen Padang dalam melaksanakan kewajiban perpajakan selama tahun 2018  di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019
Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto menerima penghargaan dari Kepala KPP LTO III, Abdul Manan atas kontribusi dan peran aktif PT Semen Padang dalam melaksanakan kewajiban perpajakan selama tahun 2018 di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019 (Ist)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang mendapatkan penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atas kontribusi dan peran aktif dalam melaksanakan kewajiban perpajakan selama tahun 2018. 

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala KPP LTO III, Abdul Manan kepada PT Semen Padang yang diwakili oleh Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019. PT Semen Padang termasuk sebagai salah satu Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Wajib Pajak Besar Tiga (LTO III).

baca juga: Kebijakan Baru Pemerintah, Beli Innova Hingga Fortuner Mendapat Diskon PPnBM

Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto mengatakan penghargaan ini sebagai salah satu bentuk apreasiasi yang diberikan kepada PTSemen Padang sebagai wajib pajak yang berpartisipasi dalam melaksanakan kewajiban dan berperan dalam pembangunan nasional. 

"Ini menjadi prestasi bagi kita dimana kita berpartisipasi dengan baik bahkan melebihi dari target pajak yang ditentukan selama 2018. Semoga kedepannya PT Semen Padang sebagai salah satu BUMN di Indonesia  tetap bisa berkontribusi kepada negara dengan membayar pajak dan bisa mempertahankan prestasi ini," jelasnya. 

baca juga: DJP Sumbar dan Jambi Gelar Bimtek Sensus Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit

Kepala Departemen Keuangan Dedi Zaherdi saat dihubungi via telepon mengatakan ini merupakan penghargaan pertama yang diterima PT Semen Padang sebagai Wajib Pajak dari KPP Wajib Pajak Besar Tiga (LTO III). "Selama tahun 2018, PT Semen Padang berhasil berkontribusi dan berpartisipasi dengan baik dalam membayar pajak , bahkan kita melebihi dari target pajak yang ditentukan selama 2018. Sehingga ini menjadi prestasi yang baik bagi kita," katanya.

Ia mengatakan untuk tahun 2018, KPP LTO III mewajibkan PT Semen Padang melakukan pembayaran sebesar Rp 11,5 miliar setiap bulannya. "Namun pada tiga bulan terakhir kita diminta meningkatkan pembayaran pajak menjadi sebesar Rp 26 miliar perbulannya karena keuntungan perusahaan yang naik. Ini dinilai sebagai suatu prestasi yang kita torehkan dalam bekontribusi kepada negara," tuturnya.

baca juga: Wamenkeu: Vaksinasi dan Insentif Perpajakan Jumpstart Ekonomi 2021

"Sedangan bagi KPP LTO III, ini membuat pencapaian kinerja kantor mereka melebihi target, kontribusi secara keseluruhan dari wajib pajak adalah 103 persen dari rencana. Dengan melebihi target yang mereka tetapkan, maka mereka memberikan penghargaan kepada wajib pajak yang berada dibawah koordinasi mereka," jelasnya.

Diakatakan Dedi, pengharagaan yang diterima PT Semen Padang juga bersama dengan +/- 20 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain diantaranya PT Semen Indonesia, PT Semen Tonasa, PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kujang, dan Pertamina Lubricant

baca juga: Ini Syarat Diskon Pajak Barang Mewah untuk Kendaraan Bermotor

Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto berharap dengan penghargaan yang diterima PT Semen Padang, pajak yang dibayar bermanfaat untuk pembangunan negara. "Selain itu pembayaran pajak yang meningkat berarti telah terjadi suatu pencapaian yang positif bagi perusahaan, yaitu laba perusahaan meningkat sehingga pembayaran pajaknya juga meningkat. Jadi bukan merupakan suatu masalah apabila adanya pembayaran pajak yang meningkat" katanya. (*)

Penulis: Fitria Marlina