Peringati Hari Air Sedunia dan Hari Sampah Nasional, TRC Semen Padang Bersihkan Sungai Batang Arau

TRC Semen Padang membersihkan Sungai Batang Arau dari sampah
TRC Semen Padang membersihkan Sungai Batang Arau dari sampah (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Memperingati Hari Air Sedunia dan Hari Sampah Nasional, PT Semen Padang mengirim sekitar 30 orang relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk ambil bagian dalam membersihkan muara Sungai Batang Arau , Sabtu, 23 Maret 2019 pagi.

Bahkan untuk mempermudah pengambilan sampah yang mengapung di muara Sungai Batang Arau tersebut, relawan peduli kebencanaan dari perusahaan semen pertama di Asia Tenggara itu, juga mengerahkan satu unit perahu karet.

baca juga: Dialog di Lubeg Padang, Andre: Gerindra Dengar dan Eksekusi Aspirasi Rakyat

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan bahwa TRC ikut ambil bagian dalam aksi gotong-royong membersihkan Sungai Batang Arau dari sampah, karena ini juga komitmen TRC selain kegiatan sosial penanggulangan bencana.

"Sebenarnya bukan kali ini saja kami terlibat dalam kegiatan bersih-bersih. Pada kegiatan Multilateral Naval Excercise Komodo (MNEK) 2016, kami juga ikut membersihkan bibir Pantai Air Manis dari saampah yang beraerakan," kata Kiki Warlansyah, Sabtu pagi.

baca juga: PT Semen Padang Bersama 41 BUMN di Sumbar Salurkan 10 Ribu Masker untuk Masyarakat

Selain itu, lanjutnya, dalam aksi "Barasiah Basamo" yang diinisiasi PT Semen Padang sejak petengahan 2018 lalu, TRC juga ikut terlibat, karena membersihkan lingkungan dari sampah, juga bagian dari mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

"Bayangkan kalau sampah berserakkan di sembarangan tempat masuk ke selokkan, lalu terjadi penyumbatan, tentu mengakibatkan banjir, karena aliran air hujan yang seharusnya masuk ke selokkan, meluap hingga ke pemukiman masyarakat," ujarnya.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

Kegiatan bersih-bersih yang merupakan bagian dari momentum Peringatan Hari Air dan Hari Sampah Nasional yang dipusatkan di Sungai Batang Arau itu, ditaja oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar.

Selain TRC, dalam aksi bersih-bersih itu juga ikut serta karyawan Semen Padang Grpup, serta OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumbar, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta BUMD dan BUMN di Sumbar.

baca juga: Selama September, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Rp105,5 Juta kepada Para Mustahik

"Total massa dalam aksi bersih-bersih di Sungai Batang Arau ini diikuti sekitar 2500 orang. Kegiatan ini dimulai dari pukul 06.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sumbar, Yosmeri.

Melalui aksi bersih-bersih Sungai Batang Arau ibi, kata Yosmeri melanjutkan, maka diharapkan agar nantinya sungai yang dekat dengan kawasan wisata Pantai Padang tersebut, bisa dimanfaatkan untuk objek wisata air dan kuliner.

Oleh sebab itu, pihaknya akan kembali melakukan aksi bersih Sungai Batang Arau secara massal yang rencananya, akan dilakukan tiga bulan lagi setelah aksi yang dilakukan pada momentum Peringatan Hari Air Sedunia dan Hari Sampah Nasional.

Namun di samping itu, satu atau dua minggu sekali, pihaknya berharap agar masyarakat di sekitar aliran Sungai Batang Arau ini, bergotong royong untuk membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai ini.

"Tujuannya, supaya Sungai Batang Arau maupun lingkungan di sekitar sungai ini, tetap bersih, dan eko sistem yang ada di dalam sungai ini seperti ikan, bisa berkembang dengan baik," pungkas Yosmeri.(*)

Penulis: Riki