Semen Padang Alokasikan Rp3,4 M untuk 14 Forum Nagari dan Forum Pemberdayaan

Direktur Produksi PT Semen Padang, Firdaus, (lima dari kiri) foto bersama dengan Keta KAN Lumau Manis, Ketua KAN Lubuk Kilangan dan jajaran pengurus Forum Nagari dan Forum Pemberdayaan Masyarakat yang berada di Ring 1 perusahaan PT Semen Padang.
Direktur Produksi PT Semen Padang, Firdaus, (lima dari kiri) foto bersama dengan Keta KAN Lumau Manis, Ketua KAN Lubuk Kilangan dan jajaran pengurus Forum Nagari dan Forum Pemberdayaan Masyarakat yang berada di Ring 1 perusahaan PT Semen Padang. (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat lingkungan, PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ) perusahaan, mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,4 miliar lebih kepada 14 forum Nagari dan Forum Pemberdayaan di lingkungan perusahaan.

Alokasi anggaran tersebut, tercantum dalam Rencana Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (RKPM) tahun 2019 yang di-launching di Wisma Indarung PT Semen Padang , Jumat, 26 April 2019.

baca juga: Dukung Pasar Murah Disperindag Sumbar, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Sembako Gratis

Launching RKPM itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Direktur Produksi PT Semen Padang , Firdaus, kepada Ketua Kerapatan Anak Nagari (KAN) Lubuk Kilangan, Basri Dt Rajo Usali, Ketua KAN Limau Manis, Syafripuddin, serta Lurah Pampangan dan Lurah Lambung Bukit yang juga merupakan daerah ring 1 PT Semen Padang .

Pada kesempatan itu, CSR PT Semen Padang juga mendeklarasikan pembentukan dua Forum Pemberdayaan di Nagari Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, yaitu Forum Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis dan Forum Pemberdayaan Masyarakat Koto Lua.

baca juga: Semen Padang Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity dari The Iconomics

"Jadi hingga kini di Nagari Limau Manis, sudah ada tiga forum pemberdayaan. Selain di Limau Manis dan Koto Lua, satu forum pemberdayaan lainnya, yaitu Forum Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis Selatan yang telah didirikan Semen Padang pada 2016 lalu," kata Ketua KAN Limau Manis, Syafripuddin, Jumat.

Disebutnya, sebagai Ketua KAN Limau Manis, dirinya berterimakasih kepada CSR Semen Padang yang telah menambah jumlah Forum Pemberdayaan di Nagari Limau Manis. Mudah-mudahan, PT Semen Padang sebagai perusahaan semen kebanggan masyarakat Sumbar, terus maju dan berkembang.

baca juga: Rekrut 3 Pemain Asal Papua dan Lepas 8 Pemain, Ini Kata Manajer SPFC

"Kepada forum pemberdayaan di lingkungan Nagari Limau Manis, mari manfaatkan keberdaan Forum Pemberdayaan ini untuk kemajuan ekonomi kita bersama melalui berbagai program yang didukung penuh oleh Semen Padang . Kemudian, gali juga seluruh potensi yang ada untuk kita kembangkan," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KAN Lubuk Kilangan, Basri Dt Rajo Usali. Dikatakannya, Forum Nagari Kecamatan ataupun yang ada di Kelurahan se-Kecamatan Lubuk Kilangan sudah berkiprah selama empat tahun lamanya. Selama masa itu, sudah banyak insfrastruktur yang dibangun Forum Nagari melalui program yang disinergikan dengan Semen Padang .

baca juga: Mengenal Radiologi, Pemeriksaan Medis untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan dalam Tubuh

Untuk itu ke depannya, Ia menyarankan agar program ekonomi, seperti Rumah Dagang dan Kelompok Usaha Nagari, juga dapat menjadi prioritas bagi seluruh Forum Nagari di Nagari Lubuk Kilangan , supaya perekonomian masyarakat dan peningkatan insfrastruktur sejalan sesyai dengan harapan masyarakat.

"Jadi, selain memanfaatkan program-program Forum Nagari untuk kemajuan nagari dan masyarakat, Rumah Dagang, termasuk Kelompok Usaha Nagari ke depannya, juga diperkuat dan harus dikembangkan, supaya ekonomi di Lubuk Kilangan tumbuh, terutama ekonomi bagi masyarakat rumah tangga miskin," katanya.

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar mengatakan, saat ini sudah ada 14 forum yang didirikan CSR PT Semen Padang . Selain di Nagari Limau Manis, delapan forum lainnya tersebar di Nagari Lubuk Kilangan , yaitu di seluruh kelurahan, dan satu di Kecamatan Lubuk Kilangan.

"Di daerah ini, forum tersebut didirikan 2015 lalu, dan dinamai dengan Forum Nagari ," katanya. Kemudian dua forum lainnya, sambung Ikrar, yatu Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, dan Forum Pemberdayaan Masyarakat Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung yang juga didirikan pada 2016 lalu.

"Kepada semua forum, kami berharap agar program-program yang telah direncanakan, dapat teralisasi dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Produksi PT Semen Padang , Firdaus, berharap agar Forum Nagari dan Forum Pemberdayaan yang ada di lingkungan perusahaan, bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang, supaya tidak terjadi over lap. "Jadi ada program yang dibuat Pemerintah dan ada yang dibuat oleh Forum. Maknya jangan sampai over lap. Forum dan Pemko Padang harus bersinergi," katanya.

Ia juga berharap kerjasama dari seluruh pengurus Forum Nagari dan Forum Pemberdayaan dalam menjalankan setiap programnya. "Di samping itu, kami juga berharap agar semua forum, bisa memberikan kinerja lebih baik lagi ke depannya, sehingga program-program yang dikerjakan, lebih terasa manfaatnya oleh masyarakat," tuturnya.(*)

Penulis: Riki