Jajal Rute 10,9K Anniversarun 2019, Eni Rosita Berharap Jadi Agenda Tahunan PT Semen Padang

Salah seorang peserta Anniversarun 2019 PT semen Padang berhasil menyentuh garis finish.
Salah seorang peserta Anniversarun 2019 PT semen Padang berhasil menyentuh garis finish. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Event Anniversarun 2019 PT Semen Padang yang diselenggarakan Minggu, 7 Juli 2019 pagi berlangsung meriah. Sebanyak 746 pelari dari berbagai daerah di Indonesia, turut serta dalam lomba lari tingkat nasional yang digelar perusahaan semen plat merah di Kota Padang tersebut.

Selain PT Semen Padang sebagai sponsor utama, lomba lari dengan kategori 6,1K Umum Putra dan Putri, 10,9K Pelajar Putra dan Putri, 10,9K Umum Putra Putri, dan 10,9K Master itu, juga disponsori oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhirzal, Bank Nagari, Bank Mandiri, Bank BRI, Gojek dan Pocari.

baca juga: PT Semen Padang Bersama 41 BUMN di Sumbar Salurkan 10 Ribu Masker untuk Masyarakat

Kemudian, juga ada PT Kunango Jantan, PT Tiga Laskar Mandiri, PT Kepsindo, RIS, Cipto Sadar, PT Trakindo dan Sawit Khatulistiwa Nusantara. Selain itu, juga ada sponsor lainnya dari sejumlah anak perusahaan PT Semen Padang . Diantaranya, PT Pasoka Sumber Karya, Semen Padang Hospital, dan Classy Corp.

Anniversarun ini memiliki rute yang cukup menantang, terutama untuk kategoti 10,9K yang memiliki track berupa turunan dan tanjakan yang begitu tajam dengan medan jalan berkerikil dan tanah, khususnya di kawasan Padayo dan Goa Kelelawar.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

Rute ini, dimulai star dari Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang-Bukit Atas-Padayo-Goa Kelelawar-kembali ke Padayo-Lapangan Golf-finish di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang . Kemudian untuk kategori 6,1K, dimulai dari Kantor Pusat PT Semen Padang -Bukit Atas-Lapangan Golf-dan kembali finish di Kantor Pusat PT Semen Padang .

Menariknya, pada Anniversarun itu, seorang Guest Star, yaitu Eni Rosita yang merupakan peraih Podium I pada ajang Tambora Chalenge untuk kategori 320K Female tahun 2017, 2018 dan 2019, juga turut serta memeriahkan event yang digelar dalam rangka HUT ke-61 Pengambilalihan Pabrik (nasionalisasi) PT Semen Padang tersebut.

baca juga: Selama September, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Rp105,5 Juta kepada Para Mustahik

Bahkan, pelari kelahiran Pemalang, Jawa Tengah 19 Oktober 1978 itu, juga ikut menjajal rute lari sejauh 10,9K. "Rutenya Anniversarun ini seru bangat. Ada jalan aspalnya, tanjakan, ada ofroadnya juga. Jadi semi trail, gak bosan larinya," kata Eni Rosita memberikan penilaian.

Selain itu, lanjutnya, panitia juga menempatkan marshal disetiap titik, markanya juga cukup jelas, dan water station-nya juga cukup. "Jadi menurut saya, Anniversarun ini sudah memadai untuk jarak 10,9K," imbuhnya.

baca juga: Dr.Andani Webinar Bersama Yayasan Igasar Semen Padang; Jangan Takut Corona, Tapi Jangan Lalai

Meskipun bagi PT Semen Padang lomba lari ini merupakan ivent perdana, Eni Rosita berharap agar event ini dijadikan agenda tahunan, karena pesertanya begitu antusias. "Event ini begitu sukses. kalau bisa ini jadi agenda tahunnan di PT Semen Padang ," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, menyebut bahwa tidak tertutup kemungkinan bahwa event lomba lari ini digelar setiap tahun. "Kita memang melihat antusias dan asal daerah peserta. Meskipun banyak peserta dari umum, tapi mereka tahu bagaimana cara berlari. Pak Kapolda juga menyampaikan kalau bisa ini dirutinkan," katanya.

Lomba lari ini, lanjutnya, diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran karyawan dan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan yang salah satunya, adalah dengan berolahraga rutin. Dan, lari adalah olahraga yang paling mudah dilakukan baik itu sebelum atapun setelah bekerja.

"Kegiatan ini dilaksanakan juga dengan harapan, agar terjalinnya hubungan yang lebih harmonis antara Semen Padang dengan masyarakat, dan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan nyata PT Semen Padang terhadap kesehatan maupun masyarakat," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pada ajang ini Semen Padang juga ingin memperkenalkan tempat-tempat menarik yang layak dibagikan kepada masyarakat Sumatera Barat. Ini dibarengi dengan keinginan menuju kehidupan yang lebih sehat bersama dan didukung oleh lingkungan pabrik yang asri dan hijau.

"Kami juga ingin mempromosikan salah sat objek wisata Indarung, Padang, yakni Goa Kelelawar kepada masyarakat seluruh nusantara. Goa Kelelawar dijadikan bagian dari rute Anniversarun, karena destinasi wisata ini belum banyak diketahui orang," pungkas Yosviandri.(*)

Penulis: Riki