SD dan SMK Semen Padang Terima Penghargaan Adiwiyata Tertinggi

Ilustrasi
Ilustrasi (pemkomedan.go)

KLIKPOSITIF - Dua sekolah di bawah naungan PT Semen Padang, yakni SD Semen Padang dan SMK Semen Padang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2016 dari Presiden RI, Joko Widodo.

Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan pada Jumat malam, 22 Juli 2016, di Kabupaten Siak, Riau. Selain dua sekolah Semen Padang, ada empat sekolah lain di Kota Padang yang juga berhasil meraih penghargaan nasional itu yakni, MTSN Parak Lawas, SDN 03 Alai, MTSN Koto Tangah, dan SMPN 11 Padang.

baca juga: Leader Talk Dirkeu Semen Padang; Bekerja dengan Berpegang Prinsip kepada Allah SWT

“Alhamdulillah, terimakasih kepada seluruh sekolah yang telah melaksanakan adiwiyata dengan baik. Tahun ini ada 6 sekolah kita yang meraih Adiwiyata Mandiri. Ini merupakan penghargaan adiwiyata tertinggi,” katanya, Sabtu, 23 Juli.

Ia menambahkan, keenam sekolah ini meraih Adiwiyata Award setelah menerima surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Sekdako berharap penghargaan ini dapat memotivasi sekolah lain untuk berpacu memenuhi standar sekolah adiwiyata.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

“Kita berharap nantinya seluruh sekolah di Kota Padang sudah berstandar adiwiyata,” ucap Nasir.

Penghargaan Adiwiyata diperuntukkan bagi sekolah yang sudah berpredikat berwawasan lingkungan dalam pengelolaannya. Penghargaan ini merupakan strata tertinggi di dalam penilaian secara nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan Adiwiyata Mandiri sendiri merupakan prestasi nasional yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggungjawab terhadap lingkungan.

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

Penilaian Adiwiyata didasarkan kepada empat kriteria. Yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan, dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Penghargaan Adiwiyata terdiri atas empat tingkatan, mulai dari Adiwiyata Kabupaten/Kota, Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, hingga penghargaan tertinggi yakni Adiwiyata Mandiri.

baca juga: Di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Kiat Admisi Cantik Ini Layani Pasien

[Vendo Olvalanda S]

Penulis: Elvia Mawarni