Asiknya Kunjungan Siswa Baru SMP ke PT Semen Semen Padang

Yayasan Igasar Semen Padang memberikan pengenalan lingkungan pabrik kepada siswa baru tahun ajaran 2019/2020 untuk siswa kelas VII SMP Semen Padang
Yayasan Igasar Semen Padang memberikan pengenalan lingkungan pabrik kepada siswa baru tahun ajaran 2019/2020 untuk siswa kelas VII SMP Semen Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa baru, Yayasan Igasar Semen Padang memberikan pengenalan lingkungan pabrik kepada siswa baru tahun ajaran 2019/2020 untuk siswa kelas VII SMP Semen Padang. Kunjungan dimulai dengan melakukan pengenalan soal PT Semen Padang di lantai satu Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke area pabrik yang dihadiri oleh 100 orang siswa. 100 siswa dibagi dalam empat gugus yang didampingi oleh 30 orang anggota OSIS, Rabu, 17 Juli 2019.

Hadir dalam kesempatan itu Ari Surya Cipta dari Departemen Komunikasi dan Hukum perusahaan, Wakil Kesiswaan SMP Semen Padang Nini Meidila, pengurus yayasan, perangkat OSIS, dan siswa baru kelas VII.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

Wakil Kesiswaan SMP Semen Padang Nini Meidila mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengenalkan PT Semen Padang sebagai salah satu industri persemanan nasional yang ada di Sumatera Barat. "Sebagai salah satu BUMN yang ada di Indonesia, mengenalkan PT Semen Padang kepada peserta didik adalah hal yang sangat baik. Terutama karena kita berada di lingkungan yang sama dengan perusahaan, maka hal ini sangat baik bagi mereka dalam mengenalnya di awal sekolah," katanya.

"Selain memberikan mengenalkan mereka soal ilmu persemanan, tentunya ini juga sebagai salah satu cara agar mereka juga tahu bagaimana lingkungan kerja orang tuanya. Hal ini karena sebagian besar dari orang tua siswa kita adalah karyawan Semen Padang yang bekerja di pabrik," tuturnya.

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

Ari Surya Cipta sebagai penutur dalam pengenalan PT Semen Padang kepada siswa baru SMP mengenalkan segala hal soal industri ini, mulai dari produksi hulu hingga hilir. Mulai dari proses pengambilan bahan, pengolahan, pemasaran hingga penggunaan produk untuk pembangunan Indonesia.

"Selain produksi semen, PT Semen Padang juga peduli dengan lingkungan sekitar melalui kegiatan CSR perusahaan dengan bentuk kegiatan Untuk Kualitas, Untuk Bumi, dan Untuk Indonesia . Dan juga masuk dalam bidang pendidikan dan lainnya," katanya.

baca juga: Komunitas Motor, Sepeda dan Foto Asal PT Semen Padang Gelar Gowes Bareng Lewati Tiga Danau di Solok

Dalam kesempatan itu, siswa juga mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan. Misalnya pertanyaan yang diajukan oleh Fatir.

"Berapa gaji terbesar di PT Semen Padang?" ujarnya saat bertanya yang membuat semua pihak tertawa.

baca juga: Yayasan Igasar Semen Padang Gelar Sosialisasi dan Edukasi Virus Corona

Dalam sharing session yang berlangsung kurang lebih 2.5 jam itu, seluruh siswa mengikuti jalannya kegiatan dengan antusias. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi kawasan pabrik Indarung 2/3, Indarung 4, dan Indarung 5.

Sebagai informasi, pengenalan lingkungan sekolah di Yayasan Igasar Semen Padang telah dimulai sejak Senin (15/7) hingga Jumat (19/7). Untuk tingkat SD dan SMP, PLS dilakukan selama tiga hari hingga hari ini, Rabu, 17 Juli 2019. Sedangkan untuk tingkat SMA, PLS dilakukan hingga Jumat, 19 Juli 2019.(*)

Penulis: Fitria Marlina