1.315 Pelajar dan Mahasiswa Dapat Dana Bantuan Pendidikan dari UPZ Baznas Semen Padang

Ketua UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri, menyerahkan bantuan pendidikan secara simbolis kepada salah seorang mahasiswa kurang mampu di Kota Padang
Ketua UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri, menyerahkan bantuan pendidikan secara simbolis kepada salah seorang mahasiswa kurang mampu di Kota Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di Kota Padang, PT Semen Padang melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang , kembali menyalurkan dana bantuan masuk sekolah untuk pelajar kurang mampu di Kota Padang.

Untuk tahun ajaran baru 2019/2020 ini, total bantuan dana pendidikan yang disalurkan secara rutin oleh lembaga pengumpul zakat karyawan/karyawati perusahaan semen plat merah di Kota Padang itu, mencapai Rp1,06 miliar.

baca juga: Persiapan HUT ke-62 Pengambilalihan Semen Padang Rampung, Kegiatan Diawali Senam Virtual

Ketua UPZ Baznas Semen Padang , Oktoweri mengatakan, dana bantuan pendidikan sebesar Rp1 miliar lebih itu, disalurkan kepada 1.315 orang pelajar yang terdiri dari pelajar masuk SD sebanyak 25 orang, SMP 625 orang, SMA 565 orang, dan perguruan tinggi 50 orang.

"Selain untuk pelajar masuk SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, UPZ Baznas Semen Padang juga menyalurkan bantuan pendidikan untuk mahasiswa yang lulus di Perguruan Tinggi Timur Tengah," kata Oktoweri usai menyerahkan dana bantuan pendidikan secara simbolis di Kantor UPZ Baznas Semen Padang , Senin, 22 Juli 2019.

baca juga: Jokowi Harap Perguruan Tinggi Bisa Jalin Kerjasama dengan Industri

Pada acara penyerahan dana bantuan pendidikan tersebut, turut hadir Kepala Divisi Layanan UPZ Nasional Baznas Pusat, Faisal Qosim, perwakilan Pemko Padang, Camat Lubuk Kilangan, Yalmasril, dan sejumlah walimurid/orangtua dari penerima dana bantuan pendidikan .

Oktoweri pada kesempatan itu, juga merinci besaran dana bantuan pendidikan dari UPZ Baznas Semen Padang yang diberikan kepada seribuan pelajar dan mahasiswa kurang mampu yang ada di ibu kota provinsi Sumatera Barat itu.

baca juga: SPIE 2020, Semen Padang Ajak Inovator Implementasikan Internet Of Things

Untuk pelajar masuk SD, katanya melanjutkan, besaran bantuan yang diberikan Rp300 ribu, kemudian untuk pelajar masuk SMP Rp500 ribu, masuk SMA Rp700 ribu, masuk Perguruan Tinggi Rp2 juta dan masuk Perguruan Tinggi Timur Tengah Rp5 juta.

"Mudah-mudahan, melalui bantuan pendidikan ini, beban orangtua yang mendapatkan dana bantuan pendidikan ini dapat berkurang. Namun yang terpenting bagi kami, pelajar dan mahasiswa yang menerima bantuan ini diharapkan dapat termotivasi untuk meningkatkan prestasi akademiknya," ujar Oktoweri.

baca juga: Baznas Padang Gandeng ITP dalam Pembuatan Alat Pencuci Tangan

Sementara itu, Kepala Divisi Layanan UPZ Nasional Baznas Pusat, Faisal Qosim, mengapresiasi UPZ Baznas Semen Padang yang terus konsisten memperhatikan pelajar dan mahasiswa kurang mampu di Kota Padang. Ia berharap, program bantuan pendidikan ini terus dipertahankan dana dikembangkan.

"Program bantuan pendidikan ini sangat bagus, karena dapat merubah kondisi orang atau penerima manfaat dari tidak berdaya menjadi berdaya. Untuk itu, kami berharap orang yang diberdayakan ini, ke depan juga ikut memberdayakan orang yang belum berdaya, karena pendidikan adalah kunci sukses keberhasilan," katanya.

Sementara itu, orangtua salah seorang penerima bantuan pendidikan bernama, Darwas, mengaku bersyukur dengan adanya bantuan dana pendidikan dari UPZ Baznas Semen Padang ini, karena dana bantuan tersebut, berbagai kebutuhan sekolah untuk anaknya bisa terpenuhi.

"Alhamdulillah, dana bantuan ini besar manfaatnya untuk saya, maupun orangtua dari pelajar kurang mampu lainnya yang menerima bantuan pendidikan dari UPZ Baznas Semen Padang , karena memang dalam kondisi ekonomi kami yang pas-pasan, terasa berat bagi kami untuk membeli kebutuhan sekolah anak kami. Tapi dengan adanya bantuan ini, tentu kami tidak kesulitan lagi," katanya.

Ia berharap program bantuan pendidikan yang rutin disalurkan oleh UPZ Baznas Semen Padang itu terus dipertahankan, supaya masyarakat kurang mampu lainnya yang belum mendapatkan bantuan dana pendidikan dari lembaga zakat Semen Padang ini, juga bisa mendapatkannya.

"Program bantuan pendidikan ini sangat bagus, manfaatnya besar sekali, terutama bagi kami dari keluarga kurang mampu. Kami berharap bantuan dana pendidikan rutin ini terus dipertahankan. Kalau bisa, jumlah penerima manfaatnya juga ditingkatkan dari tahun ke tahun," ujarnya.(*)

Penulis: Riki S