Forum Nagari Batu Gadang: Semen Padang Tidak Pernah Lengah Memperhatikan Kami

Sejumlah pekerja bangunan tengah merenovasi Mushalla Mutaklimin, di Jalan Manunggal, Kelurahan Batu Gadang. Biaya renovasi mushalla tersebut, berasal dari CSR Semen Padang berupa bantuan semen.
Sejumlah pekerja bangunan tengah merenovasi Mushalla Mutaklimin, di Jalan Manunggal, Kelurahan Batu Gadang. Biaya renovasi mushalla tersebut, berasal dari CSR Semen Padang berupa bantuan semen. (Istimewa)

KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang berperan penting membantu perekonomian masyarakat, terutama ring satu sebagai daerah yang berada di lingkungan perusahaan. 

Seperti di Kelurahan Batu Gadang , Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang misalnya. Local Comunity Officer (LCO) Forum Nagari Batu Gadang , Ulfia Ana Tasya mengatakan, sejauh ini Semen Padang telah memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Batu Gadang .

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

Bahkan, kata dia, sudah ratusan masyarakat yang menjadi mitra binaan Semen Padang . "Perhatian lebih dari Semen Padang ini sudah dirasakan sejak lama. Kami berharap, Semen Padang terus memperhatikan masyarakat Batu Gadang , karena Batu Gadang termasuk kawasan ring satu  Semen Padang ," katanya kepada KLIKPOSITIF , Kamis, 7 April 2016. 

Terpisah, Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril mengatakan, sejak tahun 1987 hingga sekarang, perusahaan semen tertua di Indonesia ini telah mengucurkan anggaran sebesar Rp3,5 miliar untuk program kemitraan di Batu Gadang .

baca juga: Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Dimulai, Pakai Produk Semen Padang

Angka sebesar Rp3,5 miliar itu, sebutnya, belum termasuk bantuan lainnya berupa pembangunan dan perbaikan sarana dan prasana seperti jalan, masjid dan mushalla serta bantuan rutin sebesar Rp300 juta pertahun yang disalurkan melalui Forum Nagari Kelurahan Batu Gadang .

Untuk pembangunan dan renovasi masjid dan mushalla di Batu Gadang pada 2015 kemarin, kata Dasril, CSR Semen Padang telah membantu anggaran renovasi Masjid Ilmul Yaqin, Masjid Nurul Hidayah dan Mushalla Mutaklimin, Jalan Manunggal Batu Gadang .

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

"Masing-masing masjid dan mushalla itu dibantu sebesar Rp200 juta," kata Dasril didampingi Kabid Pendidikan Kesehatan Sosial dan Lingkuhan Hidup (Dikesos LH,)  Kasmawati kepada KLIKPOSITIF , Kamis, 7 April 2016.

Selain bantuan masjid, lanjutnya, bantuan rutin di luar Forum Nagari Batu Gadang juga disalurkan oleh CSR . Diantaranya, beasiswa, bantuan sapi kurban, bantuan kerjasama Semen Padang dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan, dan bantuan honor bulanan untuk semua guru MDA yang ada di Batu Gadang .

baca juga: Dokter Spesialis Olahraga SPH: Rutin Latihan Fisik Selama 30 Menit Turunkan Resiko Terkena COVID-19

"Selain itu, juga ada bantuan honor untuk semua khatib jumat di masjid yang ada di Batu Gadang ," ujarnya. Ke depan, kata Dasril menambahkan, Semen Padang tidak akan pernah lengah untuk memperhatikan masyarakat Sumbar, khususnya Ring I.

Semen Padang juga membantu renovasi jembatan dan jalan menuju SMA 14 serta program rencana pembuatan jembatan baru ke SMA 14 yang berada di Kelurahan Batu Gadang .

"Ini adalah komitmen kami. Pokoknya, Semen Padang akan terus memperhatikan perekonomian masyarakat. Untuk itu, berbagai program bantuan untuk masyarakat akan terus kami gulirkan," sambung Dasril.

 Sebelumnya, Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang , Ampri Satyawan mengatakan, sejak tahun 1987 hingga kini, PT Semen Padang telah membina 6.000 lebih UMKM dengan total dana Rp 103 Milliar lebih.

"Apa yang dilakukan oleh PT Semen Padang adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan program kemitraan dengan UMKM," kata Ampri saat ditemui di Gedung serba Guna Semen Padang usai acara pembekalan Mitra Binaan Triwulan I 2016 beberapa waktu lalu.

Penulis: Riki