Semen Padang Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Pelajar RTM di Lambung Bukit

Sekretaris Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit, Boni Ikhlas, menyerahkan secara simbolis bantuan pendidikan
Sekretaris Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit, Boni Ikhlas, menyerahkan secara simbolis bantuan pendidikan (Riki S)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ) perusahaan, kembali menyalurkan bantuan pendidikan untuk pelajar kurang mampu di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Bertempat di Musala Nurul Hidayah, bantuan berupa perlengkapan sekolah yang terdiri dari tas, seragam, sepatu, ikat pinggang dan alat tulis itu, diserahkan CSR Semen Padang melalui Forum Pemberdayaan Lambung Bukit, Rabu, 7 Agustus 2019.

baca juga: Persiapan HUT ke-62 Pengambilalihan Semen Padang Rampung, Kegiatan Diawali Senam Virtual

Pada penyerahan bantuan itu, hadir Staf Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang , Subrianto, Lurah Lambung Bukit, Yusrizal, Ketua Forum Pemberdayaan Masyarakat Lanbung Bukit, Dedi Azhari, sejumlah guru dan walimurid, serta pelajar penerima bantuan pendidikan .

Salah seorang walimurid penerima bantuan bernama Gusnimar, mengaku bersyukur atas adanya bantuan pendidikan dari PT Semen Padang yang disalurkan melalui Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit. Ia berharap, bantuan ini terus dipertahankan, karena bermanfaat sekali untuk walimurid kurang mampu.

baca juga: Jokowi Harap Perguruan Tinggi Bisa Jalin Kerjasama dengan Industri

"Alhamdulillah bantuan ini membantu sekali. Kalau dibeli, mungkin harganya sekitar Rp400 ribu. Jadi dengan adanya bantuan ini, uang yang seharusnya kami keluarkan untuk membeli perlengkapan sekolah anak kami, bisa kami gunakan untuk kebutuhan lain," katanya.

Ketua Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit, Dedi Azhari, mengatakan bantuan pendidikan ini bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) CSR PT Semen Padang , dan Forum Pemberdayaan Masyarakat, adalah perpanjangan tangan untuk program BMN tersebut.

baca juga: SPIE 2020, Semen Padang Ajak Inovator Implementasikan Internet Of Things

Program bantuan pendidikan ini, lanjutnya, merupakan program rutin Forum Pemberdayaan Masyarakat yang didukung penuh sejak 2017 lalu. Tahun 2019 ini, katanya, adalah tahun ketiga bagi Forum Pemberdayaan Masyarakat dalam menyalurkan bantuan pendidikan dari PT Semen Padang .

"Untuk tahun ini, jumlah pelajar yang menerima bantuan 30 orang. Mereka terdiri dari 6 pelajar SD Bustanul Ulum, 6 pelajar MTsS Bustanul Ulum, dan sisanya merupakan pelajar kurang mampu di lingkungan Lambung Bukit," kata Dedi Azhari saat penyerahan bantuan pendidikan , Rabu sore.

baca juga: Baznas Padang Gandeng ITP dalam Pembuatan Alat Pencuci Tangan

Dedi menyebut tidak semua pelajar kurang mampu yang diberikan bantuan pendidikan dari PT Semen Padang , karena beberapa pelajar kurang mampu di Lambung Bukit juga mendapatkan bantuan dari program Pemerintah, seperti PKH, KIP, dan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

"Jadi ini semacam pemerataan. Pelajar yang tidak dapat KIP, dan keluarga yang tidak mendapatkan PKH serta BLSM diberikan bantuan pendidikan dari PT Semen Padang . Kepada penerima bantuan, jadikanlah bantuan ini sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi akademik," ujarnya.

Lurah Lambung Bukit, Yusrizal, berharap agar bantuan ini jangan dilihat nilainya, tapi manfaatnya. "Saya sebagai Lurah, mengapresiasi PT Semen Padang dan Forum Pemberdayaan Masyarakat yang selalu konsisten memperhatikan pendidikan melalui program BMN-nya," kata Yusrizal.

Pada kesempatan itu, Yusrizal berharap agar orangtua atau walimurid untuk memperhatikan anak-anaknya agar tidak terlibat barkoba, karena saat ini anak-anak rentan terlibat narkoba, pergaulan bebas dan terlibat kenakalan remaja.

"Anak-anak kita adalah calon pemimpin, dan jangan sampai mereka terlibat narkoba, pergaulan bebas dan kenakalan remaja. Mari bimbing mereka untuk mewujudkan cita-citanya, dan jangan sampai mereka salah bergaul," ujarnya.

Staf Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang , Subrianto, mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk tanggung jawab perusuhaan terhadap lingkungan yang direalisasikan melalui program BMN. Untuk itu, ia pun berharap agar bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Forum jangan hanya melihat RTM-nya, tapi bagaimana kita harus menyelamatkan generasi kita supaya di masa yang akan datang mereka menjadi generasi yang berkualitas dan berkontribusi untuk bangsa dan negara," ujarnya.

PT Semen Padang melalui CSR perusahaan, tambah Subrianto, punya target dan tujuan bagaimana masyarakat mandiri secara berkelanjutan. "Program pendidikan ini adalah bagian dari upaya untuk mewujudkan masyarakat mandiri," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki S