Program BHUN di Semen Padang Meriahkan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74

Suasana Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang
Suasana Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -  Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 yang digelar di lapangan Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang berjalan lancar, Sabtu (17/8). Diikuti ribuan karyawan, Semen Padang Group, PT KAI dan PT Perusahaan Pengelolaan Aset ( PT PPA ) Persero, upacara kemerdekaan itu dihadiri Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro selaku Pembina Upacara.

Kemudian juga hadiri Menteri BUMN yang diwakili Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Sandra Firmania, jajaran Direksi PT Semen Padang yang terdiri dari Direktur Utama Yosviandri, Direktur Keuangan Tubagus Muhammad Danury, dan Direktur Operasional Firdaus.

baca juga: Persiapan HUT ke-62 Pengambilalihan Semen Padang Rampung, Kegiatan Diawali Senam Virtual

Selain itu, juga hadir Direktur Utama PT PPA (Persero) Iman Rahman, serta pimpinan organisasi/lembaga pemerintah di lingkungan Provinsi Sumatera Barat, serta pimpinan TNI/Polri di Sumatera Barat, dan seluruh satf pimpinan PT Semen Padang dan sejumlah staf pimpinan PT KAI dan PT PPA (Pesero).

Pembina upacara dalam sambutannya mengingatkan, peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia hendaknya dapat dijadikan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

baca juga: SPIE 2020, Semen Padang Ajak Inovator Implementasikan Internet Of Things

Kemerdekaan yang ke-74 ini bukan semata-mata merupakan akhir perjuangan rakyat Indonesia, tetapi sebagai titik awal bagi bangsa Indonesia untuk memulai kehidupan sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat serta mewujudkan cita-cita bangsa.

"Seiring dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun ini yang bertema “SDM Unggul Indonesia Maju", kita sebagai perusahaan BUMN dan instansi pemerintah harus selalu optimis untuk meningkatkan potensi diri kita sehingga menjadi SDM yang unggul," katanya.

baca juga: Pandemi COVID-19, Semen Padang Salurkan Berbagai Bantuan di Dumai

Pelaksanaan Upacara HUT RI-74 di PT Semen Padang ini merupakan serangkaian acara yang digelar Kementerian BUMN yaitu BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN). Kegiatan ini di Sumatera Barat dilaksanakan oleh tiga BUMN , yakni PT KAI , PT Semen Padang , PT PPA (Persero).

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan rangakaian BHUN berupa penyerahan secara simbolis sejumlah program BHUN oleh manajemen PT Semen Padang , PT KAi dan PT PPA (Persero). Diantaranya, penyerahan Siswa Mengenenal Nusantara dari Sumatera Barat ke Kalimantan Selatan, sekaligus menerima Siswa Mengenal Nusantara dari Kalimantan Selatan.

baca juga: Indah dan Green-nya Lapangan Golf dan Taman Kehati Semen Padang

Kemudian penyerahan secara simbolis bantuan elektrifikasi berupa bantuan pemasangan sambungan listrik untuk 50 unit rumah dengan total nilai bantuan Rp75 juta, penyerahan bantuan prasarana dan sarana mandi, cuci dan kaskus (MCK) untuk rumah tangga dan umum sebanyak 50 pintu dengan total nilai Rp500 juta.

Lalu, penyerahan bantuan secara simbolis biaya perbaikan dan peningkatan bantuan prasarana dan sarana untuk 14 pondok pesantren/panti asuhan dengan total nilai bantuan Rp250 juta, penyerahan simbolis santunan untuk 1000 anak yatim di beberapa kota dan kabupaten di Sumatera Barat dengan total santunannya Rp200 juta.

Penyerahan simbolis program bantuan beasiswa pendidikan untuk 40 orang pelajar dan mahasiswa dengan toral bantuannya sebesar Rp50,5 juta, kemudian penyerahan simbolis 1000 Alquran kepada tiga pondok pesantren dan panti sosial dengan nilai bantuan sebesar Rp60 juta, ppenyerahan bantuan bedah rumah sebanyak 10 unit dengan total bantuannya Rp300 juta lebih.

Kemudian penyerahan bantuan sarana air bersih di dua lokasi di lingkungan perusahaan PT Semen Padang , yaitu di Limau Mabis Selatan, Kecamatan Pauh, dan di Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan. Total bantuan untuk dua titik sarana air bersih itu berjumlah Rp70 juta, dan penyerahan bantuan trailer perahu karet untuk BPBD Kota Padang sebesar Rp25 juta.

Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Sandra Firmania, mengatakan tahun ini merupakan tahun kelima program BHUN. Melalui program ini, masing-masing BUMN bersinergi untuk menggelar berbagai kegiatan bantuan.

"Untuk itu kepada masyarakat, mari dukung terus perusahaan BUMN kita ini untuk maju dan berkembang, supaya sinergi ini terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya, karena melalui sinergi inilah kita di Kementerian BUMN bisa mengelar berbagai program untuk masyarakat dengan nilai program yang lebih besar," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri menyebut melalui sinergi dengan PT PPA (Persero) dan PT KAI , tentunytaaa sangat banyak yang bisa dilakukan untuk negeri ini, seperti program Siswa Mengenal Nusantara dan program bantuan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Khusus dengan PT KAI , kata Yosviandri, tentunya bagi Semen Padang sinergi ini sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, PT KAI telah menjadi mitra perusahaan dalam mendistribusikan semen dan bahan baku, serta mendistribusikan bahan bakar untuk produksi semen menggunakan kereta api.

"Hubungan istorikal antara PT Semen Padang dengan PT KAI sangat kuat. Saling membantu membangun negeri ini seperti PT KAI membantu kita untuk mengangkut semen, bahan baku dan bahan bakar dari dulu sampai sekarang, dan sinwrgi ini akan terus dilakukan, baik dalam program BHUN maupun dalam bisnis pendistribusian," katanya.

4000 Paket Pasar Murah

Selain menyerahkan bantuan BHUN secara simbolis, pada moment HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 ini, PT Semen Padang bersama PT PPA dan PT KAI juga menggelar Pasar Murah. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang , Pasar Murah itu diserbu masyarakat lingkungan perusahaan, khususnya di Kecamatan Lubuk Kilangan.

Pada Pasar Murah yang dibuka usai Upacara HUT Kemerdekaan RI tetsebut, ketiga perusahaan plat merah itu menyediakan 1000 paket sembako yang terdiri dari beras sebanyak 5 kg, minyak goreng 1 liter, tepung terigu 1 kg, gula 1 kg, dan garam sebanyak 500 gram. Untuk satu paket sembako, dijual seharga Rp10 ribu.

"Harga normal per paket itu Rp100 ribu, tapi karena ini Pasar Murah, makanya kami subsidi sebesar Rp90 ribu. Jadi harga jualnya Rp10 ribu per paket. Dalam penjualan paket sembako ini, kami juga bekerjasama dengan Forum Nagari di tujuh kelurahan di Kecanatan Lubuk Kilangan," kata Kepala Unit CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar di lokasi Pasar Murah, Sabtu,17 Agustus 2019.

Ikrar menyebutkan bahwa uang hasil penjualan paket tersebut, nantinya akan diserahkan kepada masjid dan musala di lingkungan perusahaan PT Semen Padang . "Jadi setelah kami kumpulkan, uang hasil penjualan paket sembako ini kami serahkan naantinya ke masjid dan musala di sekitar perusahaan," ujar Ikrar sembari menyebut Pasar Murah ini, juga bagian dari program BHUN.

Sebelumnya, tambah Ikrar, PT Semen Padang juga menggelar Pasar Murah pada bulan Ramadan kemarin. Pada saat itu, PT Semen Padang bekerjasama dengan PT KAI menyediakan 3000 paket sembako. Penjualannya dilakukan di kawasan PT KAI Divre II Padang. Untuk harga normal per paketnnya Rp125 ribu, dan harga jual kepada masayarakat Rp10 ribu.

"Pasar Murah di kawasan PT KAI itu juga kani subsidi, dan uang penjualan paket sembako itu juga disumbangkan ke masjid dan musala di Kota Padang. Jadi total paket sembako BHUN yang dijual hingga kini sebanyak 4000 paket. Total nilai Psar Murah untuk 4000 paket ini berjumlah Rp423 500.000" ungkap Ikrar.

Salah seorang penerima bantuan bedah rumah di kawasan Kebun Rejo, Kekurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan bernama Peri Usmanto (36) mengaku bersyukur atas bantuan dari PT Semen Padang , PT KAI dan PT PPA yang disalurka melalui program BHUN, karena berkat bantuannya, kini dirinya sudah punya rumah yang siap untuk ditempati.

"Alhamdulillah, saya bersyukur sekali atas bantuannya. Saat ini saya masih ngontrak di kawasan Sikaayaan Mansek, tapi dalam waktu dekat ini saya akan pindah ke rumah saya ini. Sebelumnya ini hanya tanah, tapi berkat ada bantuanya, maka dibangunlah rumah. Saya mewakili keluarga, berterimakasih kepada Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN yang telah membantu," kata karyawan di toko bangunan ini.(*)

Penulis: Riki S