Semen Padang Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Pelajar RTM di Koto Lua

Staf Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang Subrianto (kanan)  menyerahkan bantuan paket pendudikan kepada pelajar kurang mampu.
Staf Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang Subrianto (kanan) menyerahkan bantuan paket pendudikan kepada pelajar kurang mampu. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Masyarakat Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Kota Padang, khususnya orangtua dari pelajar kurang mampu di kelurahan tersebut, mengaku bersyukur atas bantuan paket pendidikan dari PT Semen Padang yang disalurkan melalui Forum Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Koto Lua.

"Alhamdulillah, saya bersyukur sekali atas bantuan yang diberikan PT Semen Padang . Bantuan ini besar manfaatnya untuk anak saya," kata Denti Florian (44), orangtua salah seorang penerima bantuan saat ditemui usai acara penyerahan bantuan paket pendidikan di Sekretariat Forum Pemberdayaan Masyarakat Koto Lua, Senin (4/9).

baca juga: Semen Padang Ajak Karyawan Terapkan Protokol Kesehatan

Dengan adanya bantuan paket pendidikan berupa seragam sekolah, tas, sepatu dan alat tulis, kata Denti melanjutkan, tentunya akan mengurangi beban biaya pendidikan untuk anaknya, karena uang yang seharusnya dikeluarkan untuk membeli kebutuhan sekolah anaknya, bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya.

"Kalau seragam sekolah, tas dan sepatu baru kalau kita beli, mungkin akan menghabiskan uang sekitar Rp300 ribu. Dengan adanya bantuan paket pendidikan ini, tentunya uang tersebut bisa saya manfaatkan untuk yang lain. Misalnya untuk membeli kebutuhan keluarga seperti sembako," ujarnya.

baca juga: Kuliah di ITB, Anak Tukang Ojek di Alahan Panjang Itu Penerima Beasiswa Semen Padang

Hal yang sama disampaikan orangtua penerima bantuan paket pendidikan dari PT Semen Padang bernama Yelmi. Wanita berusia 41 tahun itu menyebut bahwa dengan adanya bantuan paket pendidikan ini, maka anaknya yang saat ini masih duduk di kelas 1 SD, bisa memakai seragam, tas dan sepatu baru untuk pergi ke sekolah.

"Anak saya memang baru masuk SD. Selama ini, anak saya ke sekolah pakai seragam kakaknya yang sudah usang, karena saya tidak punya uang untuk beli seragam, tas dan sepatu baru untuk anak saya. Apalagi suami saya sudah dua minggu ini menganggur. Jadi, saya bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan ini," katanya.

baca juga: Diterima di Universitas Al Azhar, Santri Asal Kapar Pasbar Terkendala Biaya Berangkat

Bantuan paket pendidikan itu diserahkan secara simbolis oleh Staf Bina Lingkungan CSR PT Semen Padang Subrianto, dan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu. Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Ketua Forum Pemberdayaan Masyarakat Kekurahaan Koto Lua Zainal, serta orangtua/walimurid penerima bantuan.

Zainal mengatakan bahwa bantuan paket pendidikan yang disalurkan PT Semen Padang melalui Forum Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Koto Lua ini, merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) di Koto Lua, dan bantuan ini diberikan kepada 50 pelajar kurang mampu di Kelurahan Koto Lua. Rinciannya, untuk pelajar setingkat SD sebanyak 30 orang dan setingkat SMP sebanyak 20 orang.

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

"Mudah-muddahan bantuan paket pendidikan fari PT Semen Padang ini dapat memotivasi anak-anak kita untuk giat dan rajin belajar supaya berprestasi di sekolah. Kemudian kepada orangtua/walimurid, saya harap untuk terus memotivasi anak-anaknya, meskipun orangtua keterbatasan finansial," katanya.

Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu beriterimakasih kepada PT Semen Padang dalam hal ini unit CSR perusahaan yang telah berbagi di Nagari Limau Manis melalui program BMN yang tersebar di tiga kelurahan di Nagari Limau Manis, Kecamatan Lauh, yaitu Limau Manis Selatan, Limau Manis dan Koto Lua.

Program BMN, katanya, sudah berjalan di Nagari Limau Manis sejak tahun 2016, dan itu diawali di Kelurahan Limau Manis Selatan. Namun melihat tingginya sinergi antara masyarakat Nagari Limau Manis, maka CSR PT Semen Padang di awal 2019 kemarin, menambah dua Forum Pemberdayaan Masyarakat di Nagari Limau Manis, yaitu Koto Lua dan Limau Manis.

"Untuk itu, mari kita bersyukur dan mendoakan semua insan PT Semen Padang di bawah lindungan Allah SWT. Kemudian, mari kita doakan, jaga dan dukung PT Semen Padang agar keuntungannya meningkat, supaya kontribusinya lebih besar untuk Nagari Limau Manis," katanya.

Kemudian kepada pengurus Forum Pemberdayaa Masyarakat di Nagari Limau Manis, Syarifuddin berharap untuk teguh menjalankan amanah dengan sebaik mungkin, dan diharapakan juga tokoh masyarakat Limau Manis, juga ikut mendukung dan memberikan pentunjuk kepada pengurus Forum Pemberdayaan Masyarakat di tiga kelurahaan di Nagari Limau Manis ini.

"Kemudian kepada masyarakat penerima manfaat dari program BMN, saya harap manfaatkanlah bantuan dari CSR PT Semen Padang ini sebaik mungkin untuk kemajuan Limau Manis, dan khusus untuk anak-anak kami yang menerima bantuan pendidikan , rajinlah belajar dan tuntutlah ilmu setinggi mungkin," katanya.

Staf Bina Lingkungan CSR Semen Padang Subrianto mengatakan, bantuan paket pendidikan yang disalurkan melalui program BMN ini bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, dan melalui program BMN tersebut, PT Semen Padang ingin memberdayakan masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan untuk maju, mandiri dan berkembang bersama perusahaan.

"Mudah-mudahan Kelurahan Koto Lua yang merupakan bagian dari lingkungan perusahaan, terus bergandeng tangan dengan PT Semen Padang untuk memberdayakan masyarakat Koto Lua melalui program BMN. Dan saya mewakili manajemen perusahaan, berharap agar masyatakat Koto Lua terus mendukung PT Semen Padang untuk tetap eksis, supaya bisa berkontribusi lebih banyak lagi untuk masyarakat lingkungan," katanya.(*)

Penulis: Riki Suardi