Tahun Ini, TK Semen Padang Buka Kelas Bermain Full Day

Sejumlah anak TK Semen Padang terlihat sedang asik menikmati berbagai jenis permaianan di Kelas Bermain
Sejumlah anak TK Semen Padang terlihat sedang asik menikmati berbagai jenis permaianan di Kelas Bermain (Riki Wijaya/KLIKPOSITIF )

KLIKPOSITIF -- TK Semen Padang terus mengembangkan berbagai program belajar untuk anak usia dini. Bahkan program terakhir yang dibuka dan sudah berjalan sejak tiga tahun lalu, yakni program Kelas Bermain, yang dinilai sangat efektif untuk meningkatkan tumbuh kembangnya anak.

Kepala TK Deni Lestari mengatakan, karena dinilai efektif, maka untuk tahun ajaran baru mendatang (2016/2017), pihaknya membuka Kelas Bermain full day (Senin-Jumaat) dari pukul 07.30 WIB hingga 16.30 WIB dengan program belajar sambil bermain yang dikhususkan untuk anak usia 2-3 tahun.

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

"Biasanya Kelas Bermain ini kami buka 3 kali dalam seminggu. Nah, mulai tahun ajaran baru mendatang, kami akan buka dari Senin-Jumat. Untuk proses belajarnya menggunakan sistim Paikem (Pembelajaran, aktif, innovatif, kreatif, evektif dan menyenangkan)," kata Deni Lestari kepada KLIKPOSITIF , Jumat, 8 April 2016.

Menurut Deni, sistim ini dikembangkan agar anak dapat melatih otak kiri dan kanan, sehingga tumbuh kembang otak anak seimbang dan tentunya akan mengendalikan emosional anak dan sikap prilaku anak ke araf positif. "Tidak hanya itu, di Kelas Bermain ini anak dapat melatih kemampuan bahasa, seni dan fisik motorik," ujarnya.

baca juga: Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Dimulai, Pakai Produk Semen Padang

Deni juga menuturkan bahwa pihaknya tidak menutup kesempatan bagi orangtua yang ingin memasukkan anaknya ke Kelas Bermain, meskipun usia anaknya belum 2 tahun. "Kalau ada orangtua yang ingin silahkan. Sebab tahun lalu, kami juga menerima anak usaia 1,5 tahun," ujarnya.

Bahkan, kata Deni melanjutkan, anak usia 1,5 tahun yang diterima tahun lalu itu belum bisa berbicara. Namun setelah masuk Kelas Bermain, perkembangannya sangat signifikan. "Bahkan dia sudah bisa berbicara dak aktif bermain sesama anak Kelas Bermain lainnya," terang Deni.

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

Kelas Bermain yang dimilik TK Semen Padang ini, sebut Deni, memilik luas 8×10 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain. "Diantaranya mainan peolosotan, bola, mobil-mobilan, sepeda dan lain sebagainya," tutur Deni.

Saat ini, kata Deni menambahkan, jumlah anak yang masuk Kelas Bermain ada sebanyak 16 anak. Untuk tahun ajaran 2016/2017 mendatang, pihaknya akan menambah satu kelas lagi, sehingga pihaknya bisa menanpung 40 anak di dua Kelas Bermain tersebut.

baca juga: Dokter Spesialis Olahraga SPH: Rutin Latihan Fisik Selama 30 Menit Turunkan Resiko Terkena COVID-19

"Bagi orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya di Kelas Bermain sudah bisa dilakukan mulai hari ini. Untuk uang masuknya Rp2,45 juta. Uang tersebut sudah termasuk biaya seragam dan fasilitas lainnya, termasuk uang bulanan pertama sebesar Rp275 ribu," pungkasnya.

Penulis: Riki