Selama 2019, Semen Padang Salurkan Rp280 Juta Dana BMN untuk Padang Besi

Ketua LPM Padang Besi Bustami (dua dari kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan dana rehab Pos Pemuda kepada Ketua RW 05 Padang Besi Zarman.
Ketua LPM Padang Besi Bustami (dua dari kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan dana rehab Pos Pemuda kepada Ketua RW 05 Padang Besi Zarman. (Riki S)

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk mendukung kegiatan pemberdayaan berkelanjutan di Kelurahan Padang Nesi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ) perusahaan, kembali menyalurkan anggaran program Basinergi Mambangun Nagari (BMN).

Kali ini, jumlah dana yang disalurkan perusahaan semen plat merah di Kota Padang ini, berjumlah sekitar Rp52,8 juta. Dana puluhan juta itu, disalurkan melalui Forum Nagari Padang Besi yang merupakan perpanjangan tangan CSR Semen Padang untuk masyarakat Padang Besi.

baca juga: Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, Semen Padang Gelar Lomba Puisi dan Poster

"Mudah-mudahan dana Rp52,8 juta lebih dari CSR Semen Padang itu bisa dimanfaakan semaksimal mungkin untuk kemajuan Padang Besi," kata Local Comunity Organizing Forum Nagari Padang Besi Jufri Ajri usai penyerahan dana BMN di Sekretariat Forum Nagari Padang Besi, Senin, 18 November 2019 siang .

Sebagai perwakilan CSR Semen Padang untuk program BMN, Jufri Ajri mengajak masyarakat Padang Besi untuk terus menjaga dan mendukung kinerja Semen Padang , supaya kontribusi perusahaan semen pertama di Asia Tenggara itu, bisa lebih besar lagi.

baca juga: Selesai Diproduksi di Semen Padang, Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 Dikirim Melalui Teluk Bayur

"Kalau tahun ini sekitar Rp280 juta. Mudah-mudahan tahun depan, anggaran BMN untuk Padang Besi yang merupakan bagian dari lingkungan perusahaan, bisa lebih besar lagi. Jadi, mari kita dukung dan menjaga keberadaan Semen Padang di Lubuk Kilangan ini," ujarnya.

Ketua Forum Nagari Padang Besi Armaigus Nazar mengatakan dana puluhan juta dari CSR Semen Padang yang diterima hari ini, merupakan dana BMN tahap III tahun 2019. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung lima program kerja Forum Nagari Padang Besi.

baca juga: Semen Padang Patenkan Tiga Inovasi, Salah Satunya Pemijahan dan Pembiakan Ikan Bilih

Lima program kerja itu, jelasnya, pertama untuk pembuatan tangga sungai di RT03/RW02 Lubuk Sarik, karena mayoritas masyarakat di sana memanfaatkan air sungai untuk keperluan mencuci, mandi dan sebagainya. Jadi dengan adanya tangga sungai tersebut, maka akses masyarakat ke sungai menjadi mudah.

"Anggaran untuk pembuatan tangga ke sungai itu sebesar Rp5,6 juta. Dana tersebut digunakan untuk membeli material pasir, kerikil, semen dan kawat. Sedangkan material berupa batu, diambil dari sungai. Untuk pengerjaannya dilakukan secara swadaya dan akan dimulai pekan depan," bebernya.

baca juga: Semen Padang Salurkan 7.050 Paket Sembako Tahap II untuk Warga Terdampak COVID-19

Kemudian yang kedua, untuk bantuan kongsi kematian berupa tenda, kursi dan lainnya untuk RW 04. Besaran dananya juga sama dengan pembuatan tangga sungai di Lubuk Sarik. Selanjutnya yang ketiga, perbaikan selokan di RT02/RW02 yang sebelumnya, runtuh akibat digerus luapan air hujan.

"Perbaikan selokan ini menjadi prioritas forum di tahap III ini, karena perbaikan selokan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karwna selama ini jika hujan lebat, air dari selokan kadang-kadang melimpah dan masuk ke rumah warga. Untuk perbaikan selokan ini, CSR Semen Padang mengalokasikan anggaran Rp7,8 juta," tuturnya.

Untuk kegiatan keempat, sambung Armaigus, adalah rehab lima unit Pos Ronda di lima RW di Kelurahan Padang Besi dengan total anggaran sebesar Rp25 juta. Artinya, jelas Armaigus, masing-masing Pos Ronda akan dibantu biaya rehabnya sebesar Rp5 juta. Untuk itu, Ia berharap agar dana Rp5 juta yang diterima oleh masing-masing RW, bisa dimaksimalkan.

"Kami harap, dana BMN dari CSR Semen Padang itu bisa dimaksimalkan untuk rehab Pos Pemuda, karena Pos Ronda yang direhab itu nantinya selain digunakan untuk ronda, juga dapat dimanfatkan untuk kegiatan Posyandu dan kegiatan pemuda di masng-masing RW," ungkap Armaigus.

Terakhir, lanjut Armaigus, yaitu untuk kegiatan sosialisasi program BMN ke masyarakat-masyarakat di Kelurahan Padang Besi, karena sosialisasi perlu dilakukan, karena untuk tahun depan Forum Nagari Padang Besi tidak lagi mengakomodir program fisik.

"Tahun 2020, Forum Nagari Padang Besi fokus pada program pemberdayaan yang berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat. Jadi melalui sosialisasi program BMN itu, kami pun juga akan menjemput aspirasi masyarakat soal program pemberdayaan seperti apa yang cocok untuk masyarakat Padang Besi," katanya.

Ketua LPM Padang Besi Bustami, mengapresiasi Forum Nagari Padang Besi yang selama ini, telah bersinergi, dan menjadi perpanjangan tangan PT Semen Padang dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat lingkungan yang diwujudkan melalui program BMN.

Bahkan dengan adanya sinergi tersebut, realisasi program BMN pun menjadi lebih tepat sasaran, dan tentunya sangat sesuai dengan harapan PT Semen Padang . Namun begitu, apa yang dilakukan oleh Forum Nagari , tidak terlepas dari dukungan LPM dan unsur masyarakat lainnya di Padang Besi.

"Kami di LPM, bangga dengan Forum Nagari . Dari pandangan kami, semua program BMN yang dijalankan forum dinilai sukses, dan itu berkat dukungan semua pihak, karena di Padang Besi ini tidak ada istilah supermen, yang ada hanya super tim. Semoga, kesuksesan ini terus berlanjut untuk yang lebih baik lagi," katanya.(*)

Penulis: Riki Suardi