Peduli UKM, Semen Padang Dianugerahi Penghargaan Best Practitioner oleh ICSB

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar (kanan) meneriman penghargaan dari ICSB.
Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar (kanan) meneriman penghargaan dari ICSB. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebagai perusahaan semen peduli terhadap kemajuan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM), PT Semen Padang dianugerahi penghargaan oleh International Council for Small Business ( ICSB ) Indonesia, sebagai Best Practitioner for Small Business, Selasa, 19 November 2019.

Bertempat di Auditorium UNP, penghargaan dari organisasi nonprofit dengan jaringan global di 85 negara yang fokus pada pemberdayaan UKM serta penyebaran semangat kewirausahaan itu, diterima oleh Kepala Unit Corporate Social Responsibility ( CSR ) PT Semen Padang Muhamad Ikrar.

baca juga: Walikota Padang: Semen Padang Telah Menunjukkan Komitmen Memajukan Perekonomian

"Alhamdulillah, penghargaan dari ICBS ini mudah-mudahan membuat kita makin bersemangat lagi untuk terus berkontribusi bagi masyarakat, terutama untuk kemajuan UKM binaan kita di Sumatera Barat," kata Muhamad Ikrar saat ditemui KLIKPOSITIF .com di ruang kerjanya, Rabu sore.

Bagi PT Semen Padang , lanjut Ikrar, penghargaan ini bukan tujuan utama dari perusahaan, karena tujuan dari program kemitraan adalah untuk memperkuat daya saing UKM binaan melalui berbagai program CSR seperti memberikan pembinaan, modal usaha dan memfasilitasi produk UKM binaan melalui Galeri Balanjo.

baca juga: Semen Padang Ajak Karyawan Terapkan Protokol Kesehatan

Namun begitu, kata dia, dengan adanya penghargaan tersebut, maka dapat diartikan bahwa CSR Semen Padang dalam memberikan binaan terhadap pelaku UKM, dinilai sudah sesuai dengan standar best praktis dari ICBS dan dengan adanya penghargaan tersebut, perusahaan akan tahu posisinya ada di mana.

Selain PT Semen Padang , pada kesempatan yang sama, mitra binaan CSR Semen Padang , yakni Yonica, juga mendapatkan penghargaan dari ICSB untuk kategori Best Small Bisnis. Penghargaan itu didapat, karena produk Yonica berupa keripik dan kerupuk, mampu berinovasi di tengah ketatnya persaingan UKM.

baca juga: Kuliah di ITB, Anak Tukang Ojek di Alahan Panjang Itu Penerima Beasiswa Semen Padang

"Kami bangga dengan Yonica, karena mampu berinovasi dalam mengolah aneka olahan kripik dan kerupuk dengan memanfaatkan bahan dasar ikan tuna. Semoga, usaha Yonica terus maju dan berkembang, termasuk usaha UKM binaan CSR Semen Padang lainnya yang jumlahnya sebanyak 1680 UKM,"pungkas Ikrar.(*)

Penulis: Riki Suardi