Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

PT Semen Padang bersama BUMN lainnya di Sumbar, yang tergabung dalam Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar, memberikan bantuan kepada Pemprov Sumbar, Selasa (21/4)
PT Semen Padang bersama BUMN lainnya di Sumbar, yang tergabung dalam Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar, memberikan bantuan kepada Pemprov Sumbar, Selasa (21/4) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kiprah PT Semen Padang dalam penanganan masalah COVID-19 di Sumbar tidak diragukan lagi. Selain langsung melaksanakan program penanganan COVID-19 di daerah ini, PT Semen Padang juga terlibat aktif dalam berikan bantuan bersama Tim Satgas Bencana Nasional BUMN Sumatera Barat.

Pada Selasa, 21 April 2020, PT Semen Padang bersama BUMN lainnya di Sumbar, yang tergabung dalam Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar, memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar senilai Rp8 miliar yang diterima oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, dalam rangka penanganan COVID-19.

baca juga: Semen Padang Persiapkan Diri Menghadapi "The New Normal"

Bantuan yang diserahkan itu dengan rincian, bantuan senilai Rp,5.5 Milyar yang telah disalurkan oleh beberapa BUMN di provinsi Sumatera Barat sebelum terbentuknya tim Satgas Bencana BUMN Sumbar.

Kemudian penyerahan bantuan pada Pemprov Sumbar senilai Rp1,4 Milyar dalam bentuk wastafel air, ventilator, alat APD lekat seperti masker, baju hazmat, thermogun serta wastafel air setelah pembentukan Tim Satgas Bencana Nasional BUMN.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

Bantuan tahap selanjutnya dengan nilai Rp1 Milyar dalam rencananya akan diserahkan pada awal Ramadhan 1441 Hijriah.

Hadir pada acara itu, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri didampingi Kepala Unit CSR PT Semen Padang Muhammad Ikrar.

baca juga: Di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Kiat Admisi Cantik Ini Layani Pasien

Oktoweri mengungkapkan, Semen Padang telah terlebih dahulu memberikan bantuan kepada yang membutuhkan seperti Rumah Sakit (RS) Rujukan dan masyarakat sekitar.

"PT Semen Padang mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 di Sumbar. Bahkan sebenarnya terlebih dahulu juga telah memberikan bantuan pada masyarakat sekitar serta menyiapkan Semen Padang Hospital sebagai RS Rujukan untuk penanganan pasien COVID-19 di Sumbar," ujar Oktoweri.

baca juga: Solusi Bangun Andalas Berikan Bantuan Minuman Multivitamin untuk Tenaga Medis di RSU Zainoel Abidin

Ia memaparkan, sebelumnya PT Semen Padang juga menyalurkan bantuan yang sama kepada Mako Satpol PP Padang, termasuk Balai Kota Padang, Pasar Bandar Buat, Pasar Indarung, Pasar Raya Padang, Pasar Lubuk Buaya dan Pasar Nanggalo.

Selain tempat pencuci tangan, berbagai upaya lainnya dalam melawan penyebaran wabah Covid-19, juga telah dilakukan Semen Padang . Di antaranya, menyerahkan bantuan bilik sterilisasi sebanyak 15 unit untuk rumah sakit-rumah sakit di Sumbar.

Kemudian, juga memasang bilik sterilisasi di lingkungan Semen Padang Group, termasuk di Semen Padang Hospital, melakukan penyemprotan disinfektan di 145 titik fasilitas umum yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Pemberian vaksin influenza gratis untuk karyawan/wati Semen Padang Group, pemberian hand sanitizer, seminar tentang COVID-19, dan melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Kemudian, mengimbau agar masyarakat menggunakan masker dan menjaga jarak 1, 5 meter serta di rumah saja.

Imbauan tersebut, disampaikan melalui spanduk yang dipajang di beberapa lokasi di Kota Padang. Di samping itu, juga melakukan penyemprotan disinfektan rutin tiap minggu di Pasar Bandar Buat dan Pasar indarung.

Sementara itu, Kepala Unit CSR PT Semen Padang Muhammad Ikrar mengungkapkan, PT Semen Padang menyumbangkan uang sebesari Rp41 Juta rupiah dalam program penanggulangan bencana COVID-19 oleh Tim Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar.

"Nilainya sama dengan BUMN lainnya yang ada di Sumbar. Ini sebagai bentuk dukungan kita sebagai salah satu perusahaan BUMN dalam mendukung upaya penanganan COVID-19 yang telah ditetapkan Presiden sebagai bencana Nasional," katanya.

Ia berharap agar bantuan tersebut dapat berguna dan bermanfaat sehingga pandemi COVID-19 dapat segera berakhir.(*)

Editor: Khadijah